8 Tips Makan Durian agar Tidak Pusing, Cukup Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut Saja!

Reporter : Arifina
Senin, 19 Februari 2024 10:25
8 Tips Makan Durian agar Tidak Pusing, Cukup Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut Saja!
Bye-bye pusing deh kalau udah nerapin tips berikut ini!

Tips makan durian agar tidak pusing bisa dijadikan acuan untuk mengonsumsi buah lezat satu ini. Durian kerap disebut sebagai si raja buah karena memiliki aroma yang kuat dan rasa yang lezat.

Saat ini di Indonesia tengah musim durian nih! Tentunya, bagi si pecinta buah kulit berduri ini bakal memanfaatkannya untuk menikmatinya bersama keluarga.

Daging durian yang terlihat montok dan juga tekstur yang lembut membuat siapa saja memang gampang tergoda. Rasanya memang lezat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan mabuk dan pusing.

1 dari 9 halaman

Tips Makan Durian agar Tidak Pusing © Diadona

Tak ayal, buah durian juga seringkali dihindari oleh sebagian orang. Hal itu karena efek samping yang dapat menyebabkan pusing saat mengkonsumsinya. Bahkan, sebelum mulai mengkonsusinya juga perlu memilih buah durian dengan tepat ya.

Nah, bagaimana sih caranya bisar mengonsumsi durian tanpa rasa pusing? Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti biar saat makan buah durian tak perlu lagi khawatir mabuk nih! Apa saja?

2 dari 9 halaman

Minum Air dari Cekungan Kulitnya

Dilansir dari halodoc.com, ada salah satu tips tradisional yang dinilai ampuh dalam mengatasi rasa pusing usai makan buah durian. Hal itu adalah dengan mengonsumsi air dari cekungan pada kulit buah durian.

Caranya, tuangkan air putih pada cekungan bekas durian di kulitnya. Lalu, aduk-aduk dan kamu bisa meminumnya langsung dari cekungan tersebut.

Dengn menerapkan cara satu ini dipercaya dapat meredakan gejala mabuk durian. Bahkan, mengurangi sensasi mual yang ditimbulkan akibat memakan buah tersebut.

3 dari 9 halaman

Minum Susu

susu © Diadona

Susu menjadi salah satu minuman yang juga dinilai ampuh untuk mengatasi rasa pusing karena makan durian. Kandungan pada susu dapat menetralkan adanya gas pada durian.

Susu memiliki kandungan protein yang disebut kasein. Kandungan inilah yang berfungsi untuk mengatasi rasa pusing karena mabuk durian, sebab dpat melawan alkohol dan membantu tidur.

Sehingga, setelah kamu mengkonsumsi durian tidak ada salahnya untuk segera menetralkannya dengan meminum susu putih ya.

4 dari 9 halaman

Air Putih Hangat

Tips lainnya untuk mengatasi rasa pusing saat makan durian adalah dengan meminum air putih hangat. Dalam prosesnya, tambahkan sejumput garam sebelum meminum air putih hangat ya.

Campuran air putih hangat dan garam ini dinilai ampuh untuk menetralkan kondisi tubuh sesat setelah makan durian. Seabab, dalam buh durian terdapat kandungan glukosa yang tinggi dan menyebabkan dehidrasi.

Sehingga, meminum air hangat dan garam juga akan mengembalikan dehidrasi dan kembali mengisi elektrolit dalam tubuh.

5 dari 9 halaman

Konsumsi Sayuran Hijau

Ilustrasi Bayam © Diadona

Sayuran hijau rupanya cukup direkomendasikan untuk mengatasi rasa pusing karena mabuk durian lho! Kamu bisa memperbanyak jenis-jenis sayuran  seperti bayam, kangkung, dan sawi hijau pada menu makanan harian.

Konsumsi sayuran hijau tersebut usai kamu makan buah durian ya. Tak hanya mengatasi rasa pusing, sayuran hijau juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengontrol kadar gula dalam darah.

Jadi, kini tak perlu khawator berlebih saat mengonsumsi durian asal setelahnya kamu memakan makanan dengan sayuran yang banyak.

6 dari 9 halaman

Konsumsi Air Kelapa

Air kelapa menjadi slaah satu minuman yang ampuh dalam mengatasi pusing karena durian. Ini bahkan dianggap sebagai obat alami yang mudah dalam mengatasi mabuk karena buah durian.

Meminum air kelapa usai makan durian akan mengembalikan elektrolit dalam tubuh. Terlebih, air kelapa memiliki kandungan vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk keadaan dehidrasi termasuk juga keracunan.

Air kelapa juga memiliki kandungan kalium yang melimpah, dan potasium. Dua kandungan ini dinilai membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Kemudian, adanya kalium dan natrium pada air kelapa dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah.

7 dari 9 halaman

Makan Buah Manggis

Ilustrasi Buah Manggis © Diadona

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan agar tidak pusing saat makan durian adalah dengan mengkonsumsi buah manggis. Buah berbentuk bulat dengan kulit berwarna coklat keunguan ini dipercaya dapat mengurangi gejala mabuk durian.

Manggis memiliki sifat antiinflamasi yang baik untuk tubuh. Sehingga dapat meredakan nyeri dan sakit kepala.

Konsumsi secukupny sebelum kamu mulai untuk makan buah durian. Selain meredakan pusing, manggis juga efektif dalam menjaga kadar gula darah.

8 dari 9 halaman

Air Lemon

Rasa asam pada buah lemon juga dinilai ampuh untuk mengatasi rasa pusing karena mengonsumsi buah durian lho! Peras air lemon dan konsumsi sesaat setelah kamu makan buah durian atau saat gejala pusing terasa.

Selain meredakan pusing, mengkonsumsi air lemon juga dapat membantu menghilangkan ras kembung. Terlebih, jika kamu sebelumnya terlalu banyak makan buah durian.

Dengan meminum air lemon setelahnya, maka sistem pencernaan dalam tubuh akan terbantu dan kembung akan hilang.

9 dari 9 halaman

Konsumsi Buah Durian Secukupnya

Tips Makan Durian agar Tidak Pusing © Diadona

Jangan terlalu berlebihn dalam mengkonsumsi durian. Meski rasanya lezat, makan durian secara berlebihan, terutama bagi orang yang jarang makan dapat menyebabkan pusing.

Dilansir dari VNEXPRESS, dalam 100 gram buah durian mengandung 147 kalori. Kemudian, daging buah durian itu sendiri rata-rata memiliki berat 250 gram dan menghasilkan sebanyak 367 kalori.

Karena itulah, bagi seorang dengan kondisi normal hanya dianjurkan mengkonsumsi durian tidak lebih dari 1.000 grm tau sekitar 4 buah daging durian dalam satu hari.

Itulah tips makan durian agar tidak pusing yang bisa kamu terapkan. Kini, tak perlu khawatir lagi saat ingin mengkonsumsi buah lezat satu ini ya! Semoga bermanfaat!

Beri Komentar