Gak Harus di Kulkas, Ini 7 Tips Menyimpan Daun Jeruk agar Tetap Hijau, Segar, dan Tahan Lama

Reporter : Arifina
Jumat, 16 Februari 2024 11:00
Gak Harus di Kulkas, Ini 7 Tips Menyimpan Daun Jeruk agar Tetap Hijau, Segar, dan Tahan Lama
Ini tips agar daun jeruk lebih awet tahan lama dan tetap segar.

Tips menyimpan daun jeruk menjadi salah satu bagian penting untuk membuatnya tetap segar dan awet lebih lama. Daun jeruk merupakan salah satu bahan dapur yang banyak digunakan dalam berbagai resep masakan.

Biasanya, penambahan daun jeruk untuk olahan makanan ini untuk membuat masakan lebih beraroma dan kaya rasa. Bahan makanan satu ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket.

Kaya akan aroma segar dan citra, daun jeruk dapat memberikan sentuhan khas pada hidangan yang kamu buat lho! Namun, seringkali daun jeruk dibeli dalam jumlah yang lebih banyak daripada yang dibutuhkan untuk satu kali penggunaan.

1 dari 9 halaman

Tips Menyimpan Daun Jeruk © Diadona

Karena itu, daun jeruk juga perlu penyimpanan yang tepat agar tetap segar untuk digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan. Umumnya, menyimpan bahan makanan satu ini bisa dilakukan dengan mudah, yakni cukup dimasukkan ke dalam kulkas.

Namun, ada juga cara praktis lainnya agar daun jeruk tetap segar, awet, tahan lama dan tetap hijau meski tanpa disimpan di kulkas lho! Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips menyimpan daun jeruk dengan tepat!

2 dari 9 halaman

Gunakan Kantong Plastik Kedap Udara

Salah satu tips menyimpan daun jeruk agar tetap segar, kamu bisa menggunakan kantong plastik kedap udara. Sebelum menyimpannya, pastikan daun jeruk yang kamu miliki dalam kondisi baru dan masih sangat segar ya.

Cuci bersih dan keringkan terlebih dahulu daun jeruk sebelum kamu mulai memasukkannya dalam kantong plastik. Ikat dengan kuat atau gunakan model kantong plastik ziplock untuk memastikan daun jeruk yang disimpan tak bisa terkontaminasi udara dari luar.

Dipastikan daun jeruk akan tahan selama beberapa hari. Karena disimpan di suhu luar, sebaiknya tak disimpan lebih dari seminggu ya.

3 dari 9 halaman

Letakkan Daun Jeruk di Bagian Luar Kulkas

Tips Menyimpan Daun Jeruk © Diadona

Untuk penyimpanan yanga wet lebih lama, kulkas menjadi salah satu metode paling tepat dalam menyimpan daun jeruk. Namun, proses penyimpanannya juga harus tepat ya.

Pastikan daun jeruk sudah dicuci bersih dan dikeringkan. Lalu, masukkan ke dalam wadah kedap udara.

Kemudian, letakkan daun jeruk pada kulkas bagian luar. Cara yang satu ini akan membuat daun jeruk bertahan lebih lama hingga berminggu-minggu dan awet segar.

4 dari 9 halaman

Simpan dalam Freezer

Jika ingin daun jeruk awet berbulan-bulan, kamu juga bisa memanfaatkan freezer untuk penyimpanannya. Langkah penyimpanannya hampir sama dengan cara sebelumnya.

Masukkan daun jeruk dalam wadah kedap udara, lalu letakkan dalam freezer. Proses pembekuan ini akan membuat daun jeruk bertahan lebih lama dan awet segar.

Daun jeruk bebas digunakan kapan saja saat dibutuhkan tanpa kahwatir layu deh!

5 dari 9 halaman

Gunakan Kertas atau Koran

Tips Menyimpan Daun Jeruk © Diadona

Penggunaan kertas atau koran bekas juga dinilai ampuh untuk membuat daun jeruk awet lebih lama lho! Selain plastik dan wadah kedap udara, kamu cukup menyobek kertas lalu bungkus daun jeruk di dalamnya.

Setelah itu, masukkan bungkusan daun jeruk tersebut dalam chiller di kulkas. Hanya saja, proses penyimpanan dengan cara ini tidak bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Chek secara berkala untuk memastikan kondisi daun jeruk tidak layu dan lembek sebelum digunakan ya!

6 dari 9 halaman

Simpan di Tempat Gelap

Jika kamu memilih untuk menyimpan daun jeruk tanpa dimasukkan di kulkas, maka hal ini penting untuk diperhatikan. Pastikan, kamu menempatkan daun jeruk di area tempat yang gelap dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Hal ini karena, cahaya matahari langsung dapat mempercepat hilangnya aroma dan kelembapan daun jeruk. Selain itu, kondisi daun jeruk juga akan cepat layu dan mengering.

Jika demikian, daun jeruk justru tidak akan bisa digunakan untuk olahan masakan.

7 dari 9 halaman

Potong-Potong Daun Jeruk

Tips Menyimpan Daun Jeruk © Diadona

Tips berikutnya yang cukup ampuh untuk membuat daun jeruk tahan lebih lama adalah dengan memotong-motong terlebih dahulu sebelum disimpan. Jadi, saat sebelum dimasukkan ke dalam wadah sebaiknya potong-potong daun jeruk menjadi dua bagian.

Kamu juga bisa langsung membuat potongan irisan kecil-kecil, baru kemudian masukkan daun jeruk ke dalam wadag kedap udara. Selain membuatnya lebih tahan lama, pemotongan ini untuk menghemat ruang penyimpanan.

Pastikan juga daun jeruk telah terpisah dari bagian batangnya ya. Dengan cara ini maka kamu tak perlu khawatir daun jeruk cepat layu deh!

8 dari 9 halaman

Pakai Tisu sebagai Alas

Tips berikutnya, saat proses penyimpanan daun jeruk kamu bisa memanfaatkan tisu biasa ataupun tisu dapur. Caranya mudah, letakkan selembar tidu di dalam wadah, lalu masukkan daun jeruk di atasnya.

Tutup wadah kedap udara lalu simpan daun jeruk di dalam kulkas. Tips yang satu ini untuk membuat proses penyerapan dan kelembababn berlebih saat proses penyimpanan daun jeruk.

Sehingga, daun jeruk yang tersimpan jauh akan segar lebih lama, dan tidak gampang kayu atau kering.

Itulah sederet tips menyimpan daun jeruk yang bisa kamu terapkan di rumah. Dijamin daun jeruk yang distok akan tetap segar dan awet lebih lama. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar