7 Tips Meracik Smoothies, Lebih Sehat, Kaya Nutrisi, dan Cocok Buat Program Diet Kamu!

Reporter : Arifina
Jumat, 26 Januari 2024 17:00
7 Tips Meracik Smoothies, Lebih Sehat, Kaya Nutrisi, dan Cocok Buat Program Diet Kamu!
Membuat smoothies yang menyehatkan dan buat diet memang agak tricky. Tapi sebenarnya mudah lho!

Tips meracik smoothies yang kaya nutrisi perlu kamu perhatikan untuk menyajikan minuman segar tapi juga menyehatkan. Smoothies merupakan salah satu minuman yang terbuat dari buah-buahan, sayuran, susu, atau yogurt dan diblender menjadi satu hingga halus.

Olahan smoothies bisa menjadi minuman yang menyehatkan jika cara pembuatannya tepat. Karenanya, olahan minuman satu ini kerap dijadikan sebagai pengganti sarapan, camilan atau pengganti makanan ringan khususnya bagi yang menjalani program diet.

1 dari 8 halaman

Tips Meracik Smoothies © Diadona

Meracik smoothies sendiri bukan hanya soal mencampur berbagai bahan dalam blender, tetapi juga bagaimana bisa mengombinasikan rasa yang lezat dengan manfaat kesehatan yang optimal.

Bahan-bahan yang segar dan berkulaitas, kemudian campuran untuk pembuatan minuman dingin satu ini tentu saja harus diperhatikan dengan tepat. Terlebih, jika kamu ingin menghasilkan smoothies yang sehat.

Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips meracik smoothies yang segar tapi juga menyehatkan!

2 dari 8 halaman

Hindari Pemanis Buatan

Minuman smoothies akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika pembuatannya tepat. Nah, salah satu agar minuman kamu tetap bernutrisi baik, hindari menambahkan pemanis buatan ya!

Dilansir dari Everyday Health, kamu bisa mengganti pemanis tambahan dengan buah utuh yang dijadikan sebagai bahan smoothies lho! Dalam buah-buahan sudah terkandung pemanis alami, bahkan juga mengandung serat, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya.

Karenanya, dibandingkan menambahkan gula untuk menambah rasa manis sebaiknya kamu memilih jenis buah dengan tingkat rasa manis yang cukup. Seperti, mangga, nanas, pisang, atau jeruk.

3 dari 8 halaman

Padukan Buah dan Sayur

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal, padukan buah dan sayuran dalam smoothies buatanmu. Buah memberikan rasa manis alami, sementara sayuran menambahkan serat dan nutrisi penting.

Selain itu, penggabungan buah dan sayuran dalam racikan smoothies juga akan menambah asupan vitamin dan mineral dalam tubuh. Biasanya, sayur yang umum digunakan untuk smoothies adalah bayam, wortel. bit, hingga labu.

Bisa juga menambahkan seledri dan mentimun sebagai pelengkap minuman smoothies. Meski tak padat nutrisi seperti sayuran hijau lainnya, kedua bahan ini juga sangat bagus untuk kondisi tubuh.

4 dari 8 halaman

Tambahkan Protein

Tips Meracik Smoothies © Diadona

Protein sangat penting bagi kesehatan tubuh. Penambahan protein untuk minuman smoothies bisa kamu lakukan untuk membuat badan kenyang lebih lama.

Kamu bisa menambahkan protein dari yogurt rendah lemak, susu almond, atau protein bubuk. Jenis-jenis protein ini adalah pilihan yang baik untuk meningkatkan kalori berlebih.

Dengan begitu smoothies buatanmu ini cocok banget dikonsumsi bagi yang sedang menjalani diet. Setidaknya, minuman ini bisa menjadi pengganti menu sarapan yang mengenyangkan.

5 dari 8 halaman

Beri Tooping Bernutrisi

Sajian smoothies bisa dikreasikan dengan aneka topping yang lezat. Namun, untuk membuat minuman yang sehat maka tetap harus diperhatikan topping yang digunakan ya.

Kamu bisa menambahkan berbagai jenis topping yang bernutrisi sebagai pelengkan smoothies buatanmu. Misalnya, dengan menambahkan aneka kacang-kacangan, buah alpukat, biji rami, gandum, dan bahan-bahan bernutrisi lainnya.

Selain bermanfaat baik bagi tubuh, tambahan aneka bahan bernutrisi tersebut akan memberikan cita rasa yang lebih nikmat untuk smoothies buatan kamu lho!

6 dari 8 halaman

Hitung Kebutuhan Kalori

Cara yang satu ini bisa menjadi acuan untuk membuat smoothies yang menyehatkan. Apalagi, bila kamu tengah menjalani program diet.

Sehingga, lebih baik menghitung kalori dalam segelas smoothies yang dibuat. Hal ini agar kamu tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori dalam minuman buatanmu.

Misalnya, saat sarapan kamu bisa membuat acuan 400 kalori batas tertinggi pada smoothies. Kemudian, untuk camilan kamu bisa mengacu agar tak lebih dari 200 kalori di dalam satu gelas smoothies yang kamu minum.

7 dari 8 halaman

Perhatikan Penambahan Lemak Sehat

Ilustrasi Smoothie bowl © Diadona

Dilansir dari Men's Health, guna mendapatkan hasil olahan minuman smoothies yang baik bagi tubuh, kamu bisa menambahkan lemak sehat didalamnya. Hal ini bisa didapatkan dari kandungan buah-buahan dan sayuran.

Namun, meski kedua bahan tersbeut adalah lemak sehat tetap harus disesuaikan dengan aturan agar tak berlebihan. Sebab, jika terlalu banyak mengonsumsi lemak sehat justru akan menghasilkan smoothies yang kurang berguna bagi tubuh.

Misalnya, jika kamu menambahkan alpukat cukup banyak, maka sudah tidak diperlukan lagi campuran selai kacang untuk smoothies buatanmu. Sehingga asupan gizi dan kalorinya tetap seimbang.

8 dari 8 halaman

Beri Tambahan Es Batu

Es batu menjadi salah satu bahan pembuatan smoothies yang tak boleh dilewatkan. Penambahan es akan memberikan rasa menyegarkan pada olahan minuman yang kamu buat.

Kamu bisa menambahkan es batu ke dalam blender saat proses pembuatan smoothies. Penambahan ini bisa memberikan tekstur kelembutan pada minuman yang sudah kamu buat lho!

Selain itu, kamu juga bisa memberi tambahan es batu utuh saat smoothies akan dihidangkan agar lebih dingin.

Itulah beberapa tips meracik smoothies yang menyehatkan, dan tetap menyegarkan. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar