7 Tips Memilih Buah Durian yang Matang dan Manis, Jangan Sampai Keliru ya!

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 23 Februari 2023 15:32
7 Tips Memilih Buah Durian yang Matang dan Manis, Jangan Sampai Keliru ya!
Memang agak sulit sih memilihnya. Tapi bisa kok hehehe~

Durian adalah buah khas tropis yang populer di kawasan Asia Tenggara. Buah ini memang menjadi primadona di kalangan penggemarnya karena rasa dan aromanya yang khas. Namun, masalahnya adalah cara memilih durian yang matang dan manis yang tak semua orang bisa.

Bahkan, kamu mungkin sering mengalami kebingungan karena tiap kali membeli durian, selalu aja ada yang masih belum matang atau malah kelewat matang. Buah duren yang matang akan menghasilkan rasa terbaik yang memuaskan lidah kamu. Selain itu, durian juga punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Nah, untuk membantu kamu memilih durian yang matang dan manis, Diadona punya beberapa tips simpel yang bisa kamu coba.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah kita bisa menentukan kematangan durian dari kulit luarnya? Apa warna kulit durian yang matang?

Secara umum, ada tiga warna kulit durian yang biasa kita temui yakni hijau, kuning dan coklat. Tapi warna-warna kulit durian tak selalu menentukan tingkat kematangan buah di dalamnya.

Kulit durian yang berwarna hijau tak selalu menandakan durian yang belum matang. Bisa jadi, warna hijau kulit durian merupakan warna khas dari jenis buah tersebut. 

Beberapa cara memilih durian matang yang akan Diadona bahas diantaranya :

  1. Memperhatikan bagian tangkai
  2. Lihat bagian kulitnya
  3. Cium aromanya
  4. Perhatikan suara di bagian dalam
  5. Sentuh durian
  6. Perhatikan ukuran durian
  7. Pilih yang berbentuk bulat

Dengan tips ini, kamu bisa memilih durian yang enak dan sesuai dengan selera kamu. Jadi, yuk simak uraian tipsnya di bawah ini!

1 dari 4 halaman

1. Cium Aroma Durian

Tips Memilih Buah Durian © Diadona

Aroma durian yang kuat sering menjadi ciri khasnya. Kalau kamu mencium durian yang memiliki aroma yang lemah atau tidak sama sekali, kemungkinan besar durian tersebut masih belum matang. Sebaliknya, jika durian mengeluarkan aroma yang kuat, itu menandakan bahwa durian sudah matang.

2. Mengeluarkan bunyi ke dalam

Angkat durian dan kocok di dekat telinga. Jika terdengar suara keras benturan antara isi dan dinding kulit, berarti buah durian tidak matang. Kemungkinan besar, dagingnya kering, tipis, mentah dan bijinya terlalu besar.

Nah, jika dikocok tidak menimbulkan suara, itu tanda yang belum matang atau justru terlalu matang. Jadi, cari durian dengan suara jernih sedikit renyah dan terdengar berair jika dikocok untuk menemukan durian yang bagus.

2 dari 4 halaman

3. Pilih yang berbentuk bulat

Tips Memilih Buah Durian © Diadona

Buah durian yang bulat sempurna menunjukkan kecenderungan memiliki porsi daging yang lebih banyak dibanding buah yang berbentuk lonjong. Jangan pilih buah durian yang berbentuk aneh, seperti sedikit bengkok di beberapa sisi sehingga bentuknya tidak sempurna.

Karena, durian berbentuk lonjong atau panjang, maka kulit durian memakan tempat lebih banyak sehingga tempat buat daging durian jadi lebih kecil.

4. Perhatikan ukuran buah

Durian yang berukuran kecil dengan bobot sekitar 1-2 kilogram, biasanya daging akan matang lebih merata daripada dibanding durian berukuran besar. Nggak hanya itu, rasa durian berukuran kecil juga cenderung merata manisnya.

Untuk alternatifnya pilihlah buah durian yang berukuran besar tetapi berbobot ringan. Biasanya nih, buah seperti ini memiliki daging dengan biji yang kecil atau tipis.

3 dari 4 halaman

5. Lihat duri dan tangkai

Tips Memilih Buah Durian © Diadona

Duri dari kulit durian ternyata bukan pajangan atau hiasan saja loh. Kamu bisa memilih durian yang manis matang dan manis dari duri atau pun tangkai. Buah durian dengan bentuk duri pendek dan jarang, dipercaya lebih manis dibandingkan duri panjang dan berdempet atau terlalu banyak.

Kemudian, tangkai juga bisa durian juga menentukan tebal dan tipisnya daging buah. Tangkai kecil dan panjang menujukkan bahwa daging buahnya tipis dan sedikit. Sementara tangkai tebal dan pendek menunjukkan durian tersebut memiliki daging yang tebal dan banyak.

6. Sentuh Durian

Merasakan tekstur durian juga dapat membantu kamu menentukan tingkat kematangan. Durian yang matang biasanya terasa sedikit lembek dan empuk ketika disentuh. Hindari durian yang terlalu keras atau terlalu lembek karena ini menandakan bahwa durian belum matang atau sudah terlalu matang.

4 dari 4 halaman

7. Lihat bagian kulit

Tips Memilih Buah Durian © Diadona

Banyak orang yang salah paham dengan memberi durian yang kulitnya sudah terbuka. Mereka berpikir dengan membeli durian yang sudah terbuka agar melihat warna dagingnya.

Mungkin saja kamu mendapatkan durian berwarna kuning jika membeli buah yang kulitnya sudah terbuka. Tetapi percayalah rasa dagingnya tidak semanis durian yang kulitnya masih tertutup rapat.

Ketika kulit durian sudah terbuka, maka daging di dalamnya akan terkena angin terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan rasa daging durian menjadi hambar. oleh sebab itu, pertimbangkan untuk membeli durian yang masih tertutup rapat aja ya Diazens!.

Dalam memilih durian yang matang dan manis, perlu diingat bahwa selera masing-masing orang berbeda. Beberapa orang mungkin menyukai durian yang sangat manis, sementara yang lain lebih suka durian yang agak asam. Namun, dengan menggunakan tips di atas, kamu bisa memilih durian yang matang dan manis sesuai selera.

So, selamat mencoba dan jangan sampai keliru ya!

Beri Komentar