8 Tips Memilih Durian yang Manis dan Tebal, Dijamin Matangnya Pas!

Reporter : Arifina
Kamis, 16 November 2023 20:07
8 Tips Memilih Durian yang Manis dan Tebal, Dijamin Matangnya Pas!
Kerap kena prank saat beli durian? Simak tips berikut agar bisa dapat yang kamu inginkan!

Tips memilih durian yang manis dan tebal bisa kamu jadikan acuan saat akan membeli buah khas satu ini. Buah durian yang memiliki daging tebal seakan memberi sensasi tersendiri saat memakannya.

Buah durian dengan ciri khas duri dan aroma yang tajam, namun  menggugah selera bagi pecintanya. Di kawasan Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, buah durian banyak disukai orang.

Durian memiliki julukan The King of Fruit atau “raja buah”, pasalnya buah ini memiliki aroma yang tajam, daging yang tebal dan nikmat sehingga membuat orang ketagihan.

1 dari 9 halaman

Ilustrasi durian © Diadona

Seperti pada kebanyakan buah lainnya, durian juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari healthline.com, durian dapat menurunkan risiko kanker, mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lainnya.

Pada umumnya durian memiliki rasa yang manis dan buah yang tebal. Untuk mendapatkannya, kamu harus pandai-pandai dalam memilih buah durian saat membelinya.

Namun, tidak mudah untuk memilih buah durian yang manis dan memiliki daging yang tebal. Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips memilih buah durian yang manis dan tebal agar tidak salah lagi ya!

2 dari 9 halaman

Perhatikan Bagian Kulit Durian

Paling utama untuk mengetahui buah durian memiliki daging buah yang manis adalah dengan melihat kondisi kulitnya. Pilih buah durian yang memiliki kulit masih tertutup rapat.

Perhatikan juga permukaan kulitnya apakah membentuk garis dari atas sampai bawah pada buah. Biasanya buah durian yang memiliki kulit sudah sedikit terbuka rasa dagingnya hambar dan tidak manis.

Pastikan juga buah durian yang dipilih tidak cacat atau berlubang karena kemungkinan daging buahnya sudah busuk.

3 dari 9 halaman

Durian Berbentuk Bulat

Pastikan memilih buah durian yang berbentuk buah. Hindari bentuk buah yang lonjong, karena cenderung memiliki daging buah yang tipis dan sedikit.

Biasanya buah durian yang memiliki bentuk bulat memiliki daging lebih tebal. Jenis ini juga menandakan durian telah matang sehingga enak saat dimakan.

4 dari 9 halaman

Perhatikan Berat Durian

Tips Memilih Durian yang Manis dan Tebal © Diadona

Buah durian yang memiliki daging tebal justru memiliki berat buah yang lebih ringan. Buah durian yang berat, artinya buah tersebut memiliki biji yang besar dan dagingnya cenderung tipis.

Sementara itu, buah durian yang ringan memiliki daging yang tebal dan dipastikan matang sempurna serta bijinya cenderung kecil. Maka, pastikan saat membelinya untuk mengangkat buah satu persatu atau menimbangnya. Biasanya buah durian yang matang sempurna memiliki berat sekitar 1-2 kg.

5 dari 9 halaman

Periksa Bagian Ujung Bawah Durian

Periksa juga bagian bawah durian apakah kulit pada bagian bawah sudah merekah atau sedikit terbelah. Jika bagian bawah durian sudah sedikit merekah, artinya udara luar telah masuk ke dalam daging.

Udara yang masuk ke dalam buah dapat mempengaruhi rasa meskipun sudah matang. Rasa yang dihasilkan juga akan terasa lebih hambar. Hindari hal tersebut karena buah durian sudah terlalu matang dan lembut sehingga memiliki tekstur dan rasa yang tidak enak.

6 dari 9 halaman

Perhatikan Bentuk Tangkai Durian

Buah durian yang manis dan tebal bisa dipastikan dari bentuk tangkainya. Pastikan untuk memilih tangkai buah durian yang tebal dan masih memiliki getah.

Hal ini karena biasanya buah tersebut memiliki daging buah yang tebal. Hindari untuk memilih buah durian yang memiliki tangkai kering, artinya buah tersebut tidak fresh atau sudah disimpan dan dipetik lama dari pohonnya.

7 dari 9 halaman

Tandai Bau Durian

Ilustrasi Durian © Diadona

memastikan buah durian manis dan tebal juga bisa diketahui dari aromanya. Jika buah durian mengeluarkan aroma atau bau yang menyengat, artinya buah tersebut sudah matang sempurna.

Namun, jika buah durian memiliki aroma yang masih samar-samar, sebaiknya hindari untuk memilih tersebut. Artinya buah tersebut masih mentah dan tidak bisa langsung dimakan.

Namun, jika aroma yang terlalu kuat dan menyengat, artinya buah tersebut juga terlalu matang. Jadi, pilihlah aroma dan bau yang menyengat saat memilih buah durian.

8 dari 9 halaman

Ketuk-Ketuk Kulit Durian

Cara lain untuk memastikan buah durian memiliki daging tebal dan manis, kamu bisa mengetuk-ngetuk bagian kulitnya. Jika ketukan menghasilkan bunyi yang cenderung berat, dapat dipastikan buah durian telah matang sempurna.

Bunyi buah durian yang sudah matang akan terdengar berat seperti “ bluk bluk”. Jika buah durian menghasilkan bunyi itu maka pilihlah buah tersebut karena menandakan buah segar dan matang.

Namun, jika bunyi yang dihasilkan nyaring atau seakan memiliki rongga di dalam buah, artinya buah durian tidak segar dan memiliki daging yang tidak tebal.

9 dari 9 halaman

Pastikan Bentuk dan Warna Duri

Ternyata untuk mendapatkan daging buah durian yang tebal dan manis, dapat dilihat juga dari bentuk durinya. Biasanya duri yang pendek dan cenderung berjarak memiliki daging buah yang manis daripada bentuk duri yang cenderung panjang dan dan terlalu rapat.

Warna duri pada buah durian juga dapat menentukan kematangan buah durian. Jika duri buah durian berwarna hijau terang, artinya buah tersebut belum matang.

Tetapi, jika duri berwarna coklat kering, tandanya buah tersebut terlalu matang. Tingkat kematangan buah durian yang pas biasanya berwarna hijau dengan ujung coklat pada duri.

Itulah beberapa tips memilih durian yang manis dan tebal. Simak ciri-cirinya agar tidak salah memilih. Namun tetap konsumsi buah durian secukupnya dan jangan melebihi batas wajar. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar