7 Tips Merebus Telur Agar Mudah Dikupas, Ini sih Auto Cepat dan Mudah

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 28 Februari 2023 12:13
7 Tips Merebus Telur Agar Mudah Dikupas, Ini sih Auto Cepat dan Mudah
Di antara cara merebus telur agar mudah dikupas yakni menyimpannya di suhu ruang, rebus di air mendidih dengan api kecil, sampai dinginkan telur dengan air es.

Merebus telur merupakan salah satu hal yang paling sederhana dalam memasak. Tetapi, mengupas telur rebus bisa sulit dilakukan.

Mengapa telur rebus kadang susah dikupas?

Putih telur atau 'albumen' memiliki tingkat pH yang relatif rendah sehingga bersifat asam. Saat direbus, putih telur ini melekat pada membran kulit telur bagian dalam. Ini yang menjadi penyebab telur rebus kadang sulit dikupas dari kulitnya.

Kadang-kadang nih ya, kulit telur akan menempel pada putih telur atau bahkan memperlihatkan bagian dalam yang tidak menarik. Akibatnya, telur rebus jadi tak 'mulus' lagi.

Makanya, cara merebus telur erat kaitannya dengan mudah tidaknya kulit telur dikupas.

Lalu bagaimana cara merebus telur yang benar agar kulitnya mudah dikelupas dan telur hasil rebusan utuh?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tujuh cara merebus telur agar mudah dikupas.

1 dari 4 halaman

1. Simpan Telur Pada Suhu Ruang

Pertama nih, sebelum merebus telur sebaiknya biarkan terlebih dahulu telur berada pada suhu ruang selama kurang lebih 15-20 menit. Hal ini akan membantu memastikan bahwa suhu telur merata, sehingga akan lebih mudah untuk merebus telur dengan konsistensi yang baik.

Selain itu, dengan begini suhu telur dan air rebusan tidak terlalu kontras. Sehingga, kulit telur tidak mudah pecah saat direbus.

2. Masukkan Telur ke Air Mendidih

Tips Merebus Telur Agar Mudah Dikupas © Diadona

Kedua, setelah telur berada pada suhu ruang, masukkan telur ke dalam air mendidih dengan hati-hati. Dengan kamu merebus di air yang sudah mendidih, nantinya kulit telur akan mudah untuk dikupas.

Jangan lupa masukkan telur dengan menggunakan sendok atau saringan agar telur tidak pecah ya Diazens. Pastikan telur sepenuhnya terendam dalam air yang mendidih tadi.

2 dari 4 halaman

3. Kecilkan Api dan Rebus Sesuai Tingkat Kematangan

Tips Merebus Telur Agar Mudah Dikupas © Diadona

Setelah kamu memasukkan telur ke dalam air mendidih, kecilkan api dan biarkan telur selama waktu yang kamu inginkan alias sesuai dengan tingkat kematangan telur yang diinginkan.

Nah, untuk telur setengah matang, rebus selama 5-6 menit, sedangkan untuk telur matang, rebus selama 8-10 menit.

4. Gunakan Pengatur Waktu

Biar jasilnya lebih tepat, kamu bisa menggunakan pengatur waktu untuk memastikan telur matang sesuai keinginan. Jika tidak ada pengatur waktu, gunakan stopwatch atau jam untuk menghitung waktu yang kamu perlukan.

3 dari 4 halaman

5. Rendam Air Es

Tips Merebus Telur Agar Mudah Dikupas © Diadona

Selanjutnya adalah siapkan air es selagi menunggu telur matang. Nah, setelah waktu merebus selesai, segera angkat telur dan masukkan ke dalam air es selama kurang lebih 5 menit.

Fungsi air es di sini akan membantu mendinginkan telur dengan cepat dan membuat kulit telur terlepas lebih mudah. Cobain aja deh kalau nggak percaya.

6. Diamkan Dulu Setelah Mendidih

Jika kamu di tempat kamu tidak ada air es atau kamu tidak mau menggunakannya ada cara lain kok. Jadi, biarkan saja telur dingin sendiri pada suhu ruang selama 10-15 menit setelah diangkat dari rebusan.

Nah, ketika telurnya sudah dingin, kamu bisa mulai untuk mengupasnya Diazens.

4 dari 4 halaman

7. Kupas Telur dengan Air Mengalir

Tips terakhir nih, kupas telur dengan air mengalir. Air yang mengalir ini akan membantu mengangkat kulit telur yang terlepas lebih mudah. Oh iya, kamu juga bisa menggulung telur di antara telapak tangan untuk membantu kulit terlepas dengan mudah.

Merebus telur memanglah tidak sulit, namun mengupasnya bisa menjadi masalah. Tapi, dengan tips cara merebus telur agar mudah dikupas , kamu bisa menikmati telur rebus yang mulus. Selamat mencoba ya, Diazens!

Beri Komentar