5 Tips dan Cara Memasak Bihun Agar Tidak Hancur dan Menggumpal, Mudah Banget!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 14 Februari 2023 06:32
5 Tips dan Cara Memasak Bihun Agar Tidak Hancur dan Menggumpal, Mudah Banget!
Agar tidak hancur, bihun hanya perlu direndam selamakurang lebih 5-10 di air hangat atau air bersuhu normal. Selanjutnya lumuri denan sedikit minyak sayur dan bumbu cair.

Satu kemasan bihun beras bisa kamu olah menjadi berbagai macam sajian lezat menggugah selera. Tapi karena teksturnya yang rapuh, kamu harus tahu gimana cara memasak bihun beras agar tidak hancur.

Bihun bisa dimasak sebagai sajian one dish meal seperti bihun kuah atau bihun goreng. Bihun juga bisa diolah sebagai camilan misalnya isian tahu atau telur gulung.

Tak seperti mie kering atau mie instan yang bisa direbus hingga lunak, merebus bihun beras bisa membuatya hancur dan menggumpal. Lalu bagaimana cara memasaknya?

Dikutip dari berbagai sumber, ini dia cara memasak bihun agar tidak hancur.

1 dari 3 halaman

Cara Memasak Bihun Agar Tidak Hancur © Diadona

Direndam Sebentar

Untuk membuatnya lunak tanpa hancur, bihun bisa direndam sebentar saja. kamu bisa menggunakan air hangat atau air bersuhu normal tergantung pada instruksi yang tertera pada kemasan.

Namun sebaiknya hindari perendam bihun dengan menggunakan air panas yang barusan mendidih ya! Cara memasak bihun yang demikian ini bisa bikin bihun jadi lembek. Akibatnya ketika diolah kembali menjadi masakan, bihun bisa hancur dan menggumpal.

Rendam Selama 5-10 Menit

Merendam bihun juga tak boleh terlalu lama ya! Ini untuk mencegah bihun jadi lembek lalu hancur.

Durasi perendaman sebaiknya berkisar antara 5-10 menit saja. Lakukan pengecekan secara berkala dan bila bihun sudah lunak dan terurai, segera angkat.

2 dari 3 halaman

Cara Memasak Bihun Agar Tidak Hancur © Diadona

Bilas dengan Air Dingin Mengalir

Setelah bihun lunak, segera tiriskan lalu bilas dengan menggunakan iar dingin mengalir. Ini bertujuan untuk menghilangkan sisa panas yang ada di bihun sehingga proses pelunakan bisa berhenti berlangsung.

Nah cara ini juga digunakan saat memasak sayuran agar tetap berwarna hijau.

Beri Sedikit Minyak Goreng

Setelah bihun lunka, tambahkan dengan seikit minyak goreng dan ratakan. Aduk-aduk menggunakan tangan lalu uraikan bhun yang kusut. Biar kenapa sih?

Ini agar saat dimasak, bihun tak menggumpal dan lengket satu sama lain.

3 dari 3 halaman

Bumbui Dulu

Bila kamu akan memasaknya dengan kecap atau bumbu cair, sebaiknya bumbu tersebut dicampurkan bersama dengan minyak dalam kondisi tidak sedang dimasak.

Cara memasak bihun yang seperti ini nih merupakan salah satu kunci agar bihun tetap lembut namun juga tidak lembek. Penambahan bumbu ni memang seperti marinasi yakni agar bumbu meresap. Tapi ini sekaligus dilakukan untuk mempersingkat waktu memasak bihun.

Sebab, memasak bihun sebaiknya dilakukan dengan waktu yang singkat karena karakteristiknya yang mudah hangus dan berkerak.

Cara memasak bihun agar tidak hancur jangan sampai salah lagi ya!

 

Beri Komentar