Tips Agar Alpukat Cepat Masak secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 5 Desember 2022 13:09
Tips Agar Alpukat Cepat Masak secara Alami
Agar alpukat cepat masak, kamu bisa menempatkannya dalam mangkuk bersama dengan buah lain atau menyimpannay dalam paperbag

Sedikit berbeda dengan buah yang lainnya, hanya butuh waktu sampai tujuh hari bagi avokad dari hari panen sampai kemudian matang dan harus segera dikonsumsi. Sebab avokad matng yang disimpan di kulkas hanya akan bertahan antara 1-3 hari. Lebih dari waktu tersebut, avokad akan busuk. Maka banyak orang yang kemudian memutuskan untuk membeli avokad mentah dan mencari cara dan tips agar avokad cepat masak.

Avokad yang masih mentah nggak bisa kita olah. Jangan mencoba memakannya karena daging avokad bakalan terasa hambar. Kadang nih begitu kita mendapati avokad kita belum cukup matang, kita membiarkannya selama beberapa hari trus jeng jeng, avokad jadi terlalu matang. Kalo udah begini nih avokad terasa pahit dan memiliki tekstur layaknya bubur.

Solusi dari masalah tersebut adalah dengan membeli avokad sesuai dengan kematangan yang kita inginkan. Ciri-ciri yang paling penting untuk diperhatikan adalah warna, tekstur, dan keras daging buah. Tapi jangan hanya mengandalkan salah satu dari sifat-sifat ini. Untuk mendapatkan avokad yang sempurna, kamu membutuhkan ketiganya!

1 dari 2 halaman

Tips Memilih Avocad Matang dan Pas untuk Dikonsumsi Kemudian Hari © Diadona

Ciri Avokad Siap Makan

  • Carilah avokad berwarna hijau tua, hampir hitam dengan daging yang keras namun agak lembut ketika ditekan.
  • Bagian dalam alpukat ini akan berwarna hijau cerah di kulit dan lembut di bagian dalam, mudah ditarik keluar dari bijinya.

Ciri Avokad Terlalu Matang

  • Avokad hitam dengan kulit berbintik-bintik sudah melewati kematangannya. Kulitnya nampak keriput dan lembek saat ditekan.
  • Bagian dalamnya sering terdapat bintik-bintik coklat pada buah, dan akan terasa pahit. Masihbisa dimakan nggak? Buang aja deh.

Ciri Avokad Belum Matang

  • Pilih avokad hijau.
  • Kulit harus halus dan avokad kencang saat ditekan. Setelah beberapa hari, avokad ini akan matang dengan sempurna .
  • Jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara berkala ya!

Setelah nemu avokad yang masih mentah, selanjutnya kamu perlu tips agar avokad cepat matang. Nggak susah kok!

2 dari 2 halaman

Cara Mematangkan Avokad dengan Secara Alami

Tips Agar Avokad Cepat Matang © Diadona

Tips agar avokad cepat matang secara alami dan yang paling gampang yaitu dengan meletakkannya di atas meja selama beberapa hari. Avokad yang masih hijau dapat bertahan 3-5 hari di meja sebelum menjadi sempurna sementara avokad yang kulitnya lebih gelap, akan lebih cepat matang.

Mau tips agar avokad lebih cepat masak lagi?

Tempatkan avokad di mangkuk atau kantong kertas bersama dengan apel atau pisang. Dilansir dari Foodie Crush, buah pisang, kiwi, apel, dan alpukat semuanya menghasilkan gas etilen yang jika diletakkan di sebelah buah yang mentah, akan membuatnya jadi cepat matang.

Gas etilen adalah hormon alami yang dihasilkan oleh buah dengan fungsi utamanya yaitu untuk mematangkan buah dan mencapai penuaan. Cara kerjanya yakni dengan memecah dinding sel internal dan mengubah pati menjadi gula sehingga mematangkan buah secara alami.

Tips agar avokad cepat masak dalam 1-2 hari, masukkan avokad ke dalam kantong kertas berisi satu atau dua buah pisang. Metode ini memusatkan gas yang mengelilingi buah tetapi tetap memungkinkan buah untuk bernafas. Hindari menggunakan kantong plastik yang menahan buah. Cara ini juga bisa dilakukan dengan buah batu, melon, dll.

Setelah avokad masak, simpan di lemari es untuk memperlambat proses pematangannya. Bila belum dipotong, avokad ini bisa bertahan kurang lebih selama 1-3 hari.

Mudah sekali, bukan?

Beri Komentar