15 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil 8 Bulan dan Trisemester Pertama

Reporter : Sheila Fathin
Senin, 10 Mei 2021 15:15
15 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil 8 Bulan dan Trisemester Pertama
Kaya nutrisi, buah apukat menjadi pilihan terbaik untuk ibu hamil

Alpukat dikenal sebagai buah kesuburan untuk pria dan wanita. Manfaat alpukat untuk ibu hamil sendiri menawarkan berbagai nutrisi seperti serat, lemak sehat, vitamin, mineral, senyawa tumbuhan yang bermanfaat. Populer karena rasa dan gizinya, buah ini memiliki kegunaan kuliner yang luas. Buah alpukat juga memberikan manfaat tersendiri untuk ibu hamil. 

 

Manfaat alpukat aman untuk dimasukkan ke dalam makanan ibu hamil karena mengandung banyak nutrisi penting - folat dan kalium yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Alpukat penuh dengan lemak baik, serta vitamin dan mineral lainnya, yang semuanya berdampak positif bagi kehamilan. Diadona kali akan membantu menemukan manfaat alpukat untuk ibu hamil. Simak baik-baik, ya!

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Manfaat alpukat untuk ibu hamil © Diadona

Berbagai manfaat mengonsumsi buah alpukat yang disebut juga buah mentega untuk ibu hamil adalah sebagai berikut :

Sumber Folat yang Baik

Manfaat alpukat untuk ibu hamil adalah mampu meningkatkan asam folat dalam tubuh ibu hamil. Asam folat ini berfungsi untuk mencegah terjadinya bayi lahir cacat. Janin membutuhkan asam folat untuk pertumbuhan dan perkembangan organ yang tepat. Alpukat menjadi sumber yang kaya menyediakan sekitar 5 mcg asam folat per setengah cangkir buah.

Mengobati Anemia

Kekurangan zat besi selama kehamilan bisa memicu anemia pada ibu hamil. Manfaat alpukat untuk ibu hamil mengandung banyak zat besi yang diperlukan selama kehamilan. 

Membantu Memerangi Mual di Pagi Hari

Manfaat alpukat untuk ibu hamil adalah untuk meredakan rasa mual atau morning sickness di pagi hari. Ini adalah gejala awal kehamilan umum lainnya yang membuat lelah dalam tiga bulan pertama. Alpukat yang kaya vitamin C bermanfaat untuk mengatasi masalah tersebut.

Meredakan Kram Kaki

Selama masa kehamilan manfaat alpukat untuk ibu hamil ini sangat membantu sekali. Alpukat memiliki lebih banyak kalium daripada pisang. Kalium, bersama dengan kalsium, dapat membantu meredakan kram kaki yang dirasakan oleh ibu hamil.

Mengandung Lemak Sehat

Manfaat alpukat untuk ibu hamil mendapatkan kalori ekstra diperlukan selama kehamilan untuk pertumbuhan janin, dan lemak baik diperlukan untuk itu. Alpukat sendiri mengandung omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat bagi ibu hamil dan bayi yang berada di dalam kandungan.

Menurunkan Risiko Kenaikan Berat Badan

Mengandung serat makanan yang tinggi, manfaat alpukat untuk ibu hamil dapat membantu menurunkan kemungkinan kenaikan berat badan yang luar biasa. Hampir 25% serat membantu melarutkan bakteri ramah di saluran pencernaan dan meningkatkan kesehatan metabolisme.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jus Alpukat untuk Ibu Hamil

Manfaat alpukat untuk ibu hamil © Diadona

Meredakan dan Menyembuhkan Kram pada Wanita Hamil

Kram sering terjadi pada wanita hamil. Manfaat alpukat untuk ibu hamil dapat membantu mengurangi rasa sakit itu. Hal ini karena kandungan potasium dalam buah alpukat menyebabkan nyeri pada perut berkurang.

Mengurangi Radang Saluran Pencernaan pada Ibu Hamil

Manfaat alpukat untuk ibu hamil mampu mengurangi peradangan saluran cerna pada ibu hamil. Jus alpukat ini mengandung karotenoid sebagai beta karoten dan likopen. Karotenoid dan likonpen merupakan enzim yang baik yang terkandung dalam buah alpukat. Kedua zat tersebut merupakan zat gizi esensial. Dengan menyembuhkan lapisan musokal usus halus, karotenoid dan likonpen akan menyembuhkan peradangan lambung. 

Mencegah Kompilasi

Kelelahan merupakan hal yang akan dialami ibu selama kehamilan. Kondisi ini dapat berdampak pada kompilasi penyakit yang buruk. Anemia, insomnia, preeklamsia, dan perubahan mood secara tiba-tiba adalah bagian dari kompilasi.

Mencegah Janin dari Gangguan Mata

Untuk mendapatkan khasiatnya ibu hanya perlu mengonsumsi secangkir jus alpukat. Manfaat alpukat untuk ibu hamil memiliki khasiat menyembuhkan. Ada zat bernama karotenoid yang terkandung dalam vitamin A. Zat ini memiliki manfaat lain dari buah alpukat. Karotenoid yang terkandung dalam vitamin A akan mencegah janin dari penyakit atau gangguan mata.

Namun tidak hanya menghindarkan janin dari penyakit atau kelainan mata. Kandungan lutein dalam alpukat juga mencegah ibu dari katarak dan degenerasi makula.

Mencegah Terjadinya Risiko Stroke

Manfaat alpukat untuk ibu hamil lainnya adalah mencegah terjadinya stroke. Hal ini karena buah alpukat mengandung asam folat yang tinggi.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil 8 Bulan dan Trisemester Pertama

Manfaat alpukat untuk ibu hamil © Diadona

Sebagai Asupan Kalsium

Buah alpukat mengandung kalsium yang cukup tinggi. Manfaat alpukat untuk ibu hamil 8 bulan dan trimester pertama adalah untuk memenuhi kondisi asupan nutrisi per harinya. Kalsium sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk pembentukan tulang bayi.

Makanan yang Bagus untuk Asupan Otak

Manfaat alpukat untuk ibu hamil merupakan makanan yang baik untuk mencegah penyakit Alzheimer. Karena buah alpukat mengandung asam Omega 3 dan Vitamin E. Kedua zat ini terbukti dapat menghentikan penyakit Alzheimer.

Membantu Perkembangan Otak dan Saraf

Manfaat alpukat untuk ibu hamil bisa membantu perkembangan otak dan saraf bayi. Alasan dibaliknya karena buah alpukat mengandung 22 miligram kolin yang dapat menjaga kesehatan ibu dan bayi juga.

Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Vitamin A yang terkandung dalam buah alpukat disebut karotenoid. Manfaat alpukat ini untuk ibu hamil dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dibantu oleh senyawa karotenoid yang terdapat dalam buah alpukat. Senyawa ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil di masa kehamilannya yang sudah besar ini. 

Manfaat alpukat untuk ibu hamil memang tidak main-main khasiatnya. Khasiatnya ini tidak hanya berimbas pada kesehatan tubuh si ibu, namun juga berimbas pada kondisi si bayi di dalam kandungan. 

Beri Komentar