23 Manfaat Alpukat, Daun, Jus dan Maskernya Untuk Ibu Hamil Serta Kesehatan Wajah

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 28 Desember 2019 14:03
23 Manfaat Alpukat, Daun, Jus dan Maskernya Untuk Ibu Hamil Serta Kesehatan Wajah
Alpukat adalah buah yang memiliki tekstur unik. Buah ini bisa dikonsumsi langsung maupun dijadikan olahan lain. Segudang khasiat membuat buah ini banyak dikonsumsi semua kalangan.

Siapa sih yang nggak mengenal buah alpukat? Buah yang mempunyai tekstur lembut dan berlemak ini sering kita jumpai di Indonesia. Selain rasanya yang enak, alpukat punya segudang manfaat lho bagi tubuh. Buah ini kerap dijadikan salah satu menu diet bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Alpukat juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah diabetes. 

Selain itu, masih banyak lagi segudang manfaat alpukat untuk tubuh. Apa saja sih? Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

alpukatalpukat © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Alpukat mengandung lemak tak jenuh sehingga aman untuk dikonsusmi secara rutin. Selain lemak baik, Alpukat juga mengandung vitamin A, B, C, E, dan K serta karbohidrat, protein, folat, hingga magnesium.  

Berikut sudah kami rangkup beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kolesterol baik

Manfaat Alpukat untuk kesehatan yang pertama adalah meningkatkan kolesterol baik. Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang ada pada buah alpukat dapat meningkatkan koloesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Meskipun begitu, kamu juga tidak boleh mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat alpukat juga bisa menjaga kesehatan jantung. Buah alpukat juga kaya akan sterol tumbuhan yang dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

3. Menjaga gula darah

Manfaat alpukat untuk kesehatan selanjutnya adalah kemampuannya menjaga kadar gula darah untuk membantu melawan resistensi. Menurut penelitian, seorang yang mengonsumsi setengah buah alpukat saat makan siang bisa merasa kenyang lebih lama.

4. Mencegah kanker

Manfaat alpukat untuk kesehatan yang keempat adalah dapat mencegah kanker. Buah alpukat bekerja dengan mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit. Bahkan, peneliti mengakatak ekstrak alpukat terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Ternyata, manfaat alpukat juga untuk menjaga kesehatan pencernaan lho. Buah alpukat memiliki sifat dapat menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus, dengan meningkatkan bakteri sehat sekaligus mengurangi bakteri tidak sehat. Selain itu, Lemak pada buah alpukat juga dipercaya menjaga kesehatan lapisan usus, sehingga mengurangi kemungkinan sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Alpukat

daun alpukatdaun alpukat © 2019 https://www.diadona.id/amazon.com

Alpukat adalah buah dengan rasa danging yang unik. Mempunyai tekstur lembut dan berlemak, buah ini juga banyak digemari semua kalangan di Indonesia. Tapi, siapa yang menyangka kalau daun dari buah alpukat juga memiliki segudang manfaat. Apa saja sih manfaat daun alpukat? Yuk kita lihat!

1. Mengobati masalah maag

Manfaat daun alpukat yang pertama adalah mengatasi masalah maag. Penelitian yang dilakukan Universitas Ilorin oleh Bamidale Owoyele menyebut ekstrak daun alpukat mengandung anti-ulserogenik yang mampu meredakan maag.
Maag memang masalah yang sangat mengganggu bagi kamu yang memiliki penyakit ini. Untungnya, sekarang kamu bisa menggunakan daun alpukat untuk mengatasi maag.

2. Mengatasi diare dan meredakan sembelit

Manfaat daun alpukat selanjutnya adalah bisa mengatasi diare dan meredakan sembelit. Daun alpukat memiliki kandungan saponin yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bakteri yang menyebabkan diare. Kamu bisa mengombinasikan daun alpukat dengan madu untuk mengatasi sembelit.

3. Mengobati Asma

Manfaat daun alpukat dipercaya bisa mengobati asma. Kandungan zat pinene dipercaya bisa menyembuhkan serangan asma karena mampu memengaruhi jalan udara yang ada di paru-paru.
Caranya:
-Rebus beberapa helai daun alpukat bersama dengan 2 gelas air.
-Masukan 1 sendok makan garam.
-Rebus air
-Saring air dan minum sebelum tidur.

4. Mengatasi sakit kepala

Manfaat daun alpukat ternyata juga bisa mengatasi sakit kepala. Daun alpukat yang kaya antioksidan ternyata bisa membantu aliran oksigen ke daerah kepala agar berjalan lebih lancar. Oleh karena itu, daun alpukat bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi sakit kepala akibat migrain, sinusitis, kelelahan, dan lain-lain.

5. Meredakan sakit gigi

Manfaat daun alpukat yang terakhir adalah dapat meredakan sakit gigi. Teh dari daun alpukat berkhasiat dalam mengurangi peradangan pada gusi yang menyebabkan sakit gigi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jus Alpukat

jus alpukatjus alpukat © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Manfaat alpukat memang sudah tidak diragukan lagi karena memiliki segudang khasiat. Selain langsung dimakan, alpukat juga sering diolah menjadi jus. Jus alpukat cukup digemari masyarakat di Indonesia.  

Dibalik rasanya yang nikmat, jusa alpukat ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja sih manfaat jus alpukat? Yuk kita simak!

1. Memiliki kandungan serat yang tinggi

Pakar kesehatan dari Departemen Internal Medicine dan Ilmu Program Gizi Universitas Kentucky, Amerika Serikat menyebut jika alpukat adalah buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Bila mengonsumsi jus alpukat secara rutin, maka akan mendapatkan asupan serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan serta mencegah berbagai penyakit seperti stroke, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, hingga serangan jantung.

2. Meningkatkan sistem pencernaan.

Manfaat jus alpukat dipercaya bisa melancarkan pencernaan karena kandungan serat dalam alpukat. Kandungan serat dalam jus alpukat juga akan membuat sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Kami bisa mendapat manfaat alpukat ini dengan rutin minum jus alpukat.

3. Menjadi bahan detoks alami

Manfaat jus alpukat selanjutnya mampu menjadi bahan detoks alami yang bisa membantu tubuh membuang berbagai racun. Dengan rutin minum jus alpukat kamu akan mendapat manfaat alpukat yaitu tubuh lebih sehat dan bugar.

4. Menyehatkan mata

Manfaat jus alpukat juga untuk kesehatan mata lho. Kandungan vitamin A, Lutein dan zeaxanthin dipercaya bisa membantu menetralkan radikal bebas dan penting untuk meningkatkan penglihatan dan mencegah masalah mata seperti katarak, glaukoma, dan astigmatisme.

5. Menghilangkan bau mulut

Alpukat memiliki kandungan yang bisa menghilangkan bakteri dan sisa makanan yang tersangkut di gigi, tenggorokan dan usus. Kamu bisa rutin minum jus alpukat sehingga kamu bisa mendapat manfaat alpukat yaitu menghilangkan bau mulut.

4 dari 5 halaman

Manfaat Masker Alpukat Untuk Wajah

ilustrasi masker wajahilustrasi masker wajah © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Buah alpukat punya segudang manfaat. Selain langsung dimakan, orang-orang juga banyak yang mengonsumsinya dengan dijadikan jus. Ternyata alpukat juga bisa dibuat masker.  

Manfaat alpukat banyak mengandung vitamin C dan E, lemak tak jenuh, serta nutrisi lain yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal efek sinar ultraviolet, melembabkan dan melindungi kulit dari kekeringan. Apa lagi manfaat masker alpukat untuk wajah? Berikut ini rangkuman yang bisa kamu simak.

1. Menghaluskan kulit

Manfaat masker alpukat yang pertama dapat menghaluskan kulit wajah. Kulit wajah yang kasar disebabkan radikal bebas dan paparan sinar UV. Kamu bisa rutin menggunakan masker alpukat untuk membantu proses regenerasi kulit dengan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit wajah akan terasa lebih halus.

2. Pelembap alami dan penghilang bekas jerawat

Manfaat alpukat memiliki kandungan biotin atau vitamin B7 sekitar 206 mikrogram. Ini adalah jumlah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi tiap hari. Kekurangan vitamin B7 membuat kulit wajah menjadi merah, kering, dan bersisik.  

Dengan rutin menggunakan masker alpukat kamu bisa mendapat manfaat alpukat sebagai pelembap alami serta mampu menghilangkan bekas jerawat.

3. Sumber antioksidan alami

Manfaat alpukat untuk wajah bisa kamu rasakan karena memiliki kandungan vitamin E dan karotenoid yang tinggi sehingga berperan sebagai perisai untuk menangkal radikal bebas. Kandungan lutein pada alpukat dapat menjaga keelastisan kulit karena mampu meningkatkan kadar air. Dengan rutin menggunakan masker alpukat kamu bisa mendapat manfaat alpukat yang satu ini.

4. Membuat Kulit wajah nampak lebih muda

Salah satu manfaat alpukat bisa membuat kulit wajah nampak lebih muda. Vitamin C dan minyak nabati pada alpukat dapat membantu kulit terlihat tetap kencang.
Kamu bisa mendapat manfaat alpukat yang satu ini dengan rutin menggunakan masker alpukat.

5. Mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah

Mengatasi minyak berlebih adalah salah satu manfaat alpukat untuk wajah. Kamu bisa mendapat hasil yang maksimal dengan rutin menggunakan masker alpukat untuk wajah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Alpukat mempunyai banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Buah ini mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan janin. Selain itu, apa lagi manfaat alpukat untuk ibu hamil?

1. Sumber kalori dan lemak sehat

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang pertama adalah sebagai sumber kalori dan lemak sehat. Ibu hamil dianjurkan untuk menaikan berat badan dengan cara yang sehat yaitu dengan mengonsumsi makanan berkalori.
Alpukat cocok menjadi sumber kalori selama kehamilan. Selain itu kandungan lemak sehat baik untuk mendukung perkembangan otak dan mata janin.

2. Sumber serat

Manfaat alpukat untuk ibu hamil selanjutnya adalah sebagai sumber serat. Perubahan hormon ketika hamil membuat otot-otot di saluran pencernaan ibu hamil jadi mengendur sehingga memperlambat proses pencernaan yang membuat ibu hamil terkena sembelit.
Untuk mencegah itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi alpukat karena mengandung serat alami yang tinggi.

3. Sumber berbagai vitamin

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang terakhir adalah sebagai sumber vitamin. Vitamin yang terkandung dalam alpukat adalah vitamin C, E, K, B5, B6 dan asam folat yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Bagaimana? Banyak kan manfaat alpukat yang bisa kamu dapatkan. Maka itu, jangan ragu untuk rutin makan buah dengan tekstur lembut ini. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar