5 Cara Menyimpan Tomat Agar Segar Tahan Lama

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 14 Februari 2023 11:36
5 Cara Menyimpan Tomat Agar Segar Tahan Lama
Ternyata nih tomat termasuk dalam kategori bahan makanan yang tak boleh disimpan di kulkas lho!

Saat sedang murah meriah, kita cenderung ingin membeli tomat dalam julah yang banyak sekaian, bukan? Llau diolah menjadi jus tomat, telur dadar tomat, sup tomat telur dan masih banyak lagi. Tapi apakah cara menyimpan tomat agar tahan lama yang kamu lakukan, sudah benar?

Biasanya kita menyimpan tomat yang baru di beli dengan meletakannya di kulkas. Tapi apakah hal tersebut udah benar? Ada nggak sih cara lain menyimpan tomat agar lebih tahan lama?

Di bawah sederet tips penyimpanan tomat agar tidak cepat busuk yang udah Diadona kutip dari berbagai sumber. Pantengin ya!

1 dari 5 halaman

Atur Kematangan Tomat dengan Waktu Memasak

Cara Menyimpan Tomat Agar Tahan Lama © Diadona

Bila kamu berencana membeli tomat dalam jumlah yang banyak tapi akan memasaknya dalam waktu berkala, kamu sebaiknya melakukan pengaturan waktu. Misalnya, sedikit tomat matang untuk yang akan segera dimasak dan tomat setengah matang lainnya untuk yang akan dimasak lain waktu.

2 dari 5 halaman

Simpan Tomat yang Belum Matang secara Terbuka di Suhu Ruang

LeHoullier, penulis buku Epic Tomatoes: How to Select & Grow the Best Varieties of All Time menyebut cara terbaik untuk menyimpan tomat biar segar tahan lama yakni dengan ditaruh saja di suhu ruang tanpa wadah khusus. Ini akan membuat tomat matang secara sempurna, menghasilkan daging tomat yang lembut dan juga tingkat kemanisan tertinggi.

Menyimpan tomat ceri juga bisa kamu lakukan dengan cara yang sama dengan tomat sayur. Namun kamu perlu mengeceknya secara rutin sebab tomat ceri cenderung lebih cepat matang dibandingkan dengan varietas tomat lainnya.

Simpan tomat di tempat yang teduh dan jangan sampai terkena sinar matahari.

3 dari 5 halaman

Jangan Simpan Tomat Utuh di Kulkas

Cara Menyimpan Tomat Agar Tahan Lama © Diadona

Bertolak belakang dengan hal yang biasa kita lakukan, ternyata tomat masuk dalam deretan bahan makanan yang sebaiknya tak disimpan di kulkas lho! Ini karena suhu dingin akan merusak tekstur dan juga rasanya.

Tomat utuh yang diletakkan di kulkas bakalan sedikit lembek. Nggak cuman itu aja. Mendinginkan tomat juga disebut menyebabkan sedikit perubahan kimiawi pada buah yang pada akhirnya akan merubah rasanya.

Disampaikan oleh Gregory Lofts, wakil editor makanan di Martha Stewart Living bahwa tomat mengandung enzim yang sensitif terhadap suhu dingin. bila disimpan di kulkas, membran sel buah jadi rusak. Akibatnya tomat jadi lembek dan bertepung.

Kamu bisa membuktikan sendiri gimana apakah tips tersebut udah benar atau belum dengan menyimpan tomat di dua tempat yang berbeda, yakni di kulkas atau tidak. Menurut berbagai sumber sih katanya tomat yang disimpan di suhu ruang akan jauh lebih manis.

4 dari 5 halaman

Cegah Pembusukan dengan Menyimpan Tomat di Kulkas

Namun bila menurunnnya tingkat kemanisan tomat tak akan mempengaruhi pada hasil olahan tomat kamu, maka menyimpan tomat di kulkas untuk mencegah pembusukannya adalah salah satu tips yang harus kamu lakukan.

Caranya, simpan tomat di wadah kedap udara dengan dialasi tissue.

5 dari 5 halaman

Menyimpan Tomat Irisan di Kulkas

Cara Menyimpan Tomat Agar Tahan Lama © Diadona

Kadang kita hanya membutuhkan setengah buah tomat untuk memasak, bukan? Sisa tomat yang telah dipotong harus disimpan di kulkas untuk mencegahnya mengering. Untuk menjaga kualitasnya, kamu bisa membungkus buah tomat tersebut dengan plastik wrap untuk meminimalisir kontak daging tomat dengan udara.

Walau demik ian, tomat yang sudah dipotong ini harus segera digunakan.

Nah apakah selama ini cara penyimpanan tomat kamu sudah benar?

 

Beri Komentar