24 Manfaat Jus Alpukat yang Diminum pada Malam Hari untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Rabu, 12 Februari 2020 11:34
24 Manfaat Jus Alpukat yang Diminum pada Malam Hari untuk Ibu Hamil dan Kesehatan
Manfaat jus alpukat bisa untuk menurunkan stres loh! Berikut manfaat jus alpukat lebih lengkapnya.

Hampir semua orang mengetahui apa itu alpukat. Banyak orang menyukai buah ini karena rasanya yang khas dan enak dengan tekstur yang padat dan lembut. Nutrisi yang terkandung di dalam alpukat seperti vitamin K, vitamin B6, viramin E, potasium, vitamin C, asam pantotenat, tembaga dan zat besi memiliki segudang manfaat sehat buat tubuh.

Alpukat merupakan sumber lemak nabati yang baik untuk tubuh. Salah satu cara untuk mengolahnya dan mendapatkan manfaatnya lebih mudah adalah dengan membuatnya jus. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat jus alpukat.

1 dari 3 halaman

Manfaat Jus Alpukat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk dirinya dan bayi yang dikandungnya. Salah satu makanan yang bisa membantu melengkapi nutrisi ibu hamil adalah jus alpukat. Berikut manfaat jus alpukat untuk ibu hamil.

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Mengurangi risiko preeklampsia

Alpukat kaya akan kadar kalium yang mampu membantu menurunkan kemungkinan risiko preeklampsia. Seperti diketahui bahwa penyebab preeklampsia diakibatkan oleh tekanan darah tinggi. Untuk menurunkan risiko preeklampsia, ibu hamil bisa mengonsumsi alpukat secara rutin.

Walaupun ada banyak manfaat jus alpukat untuk ibu hamil, namun perlu membatasi jumlah konsumsinya dalam sehari. Jangan sampai kehilangan manfaatnya karena terlalu berlebihan mengonsumsinya. Dalam sehari, cukup konsumsi setengah buah alpukat. Karena konsumsi buah alpukat berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Menurunkan risiko kenaikan berat badan

Manfaat jus alpukat untuk ibu hamil selanjutnya dapat menurunkan risiko kenaikan berat badan. Alpukat kaya akan serat yang mampu membantu ibu hamil untuk menurunkan atau mencegah kenaikan berat badan selama masa hamil. Ada terdapat hampir 25% serat larut pada buah alpukat yang membantu bakteri baik di saluran pencernaan untuk meningkatkan kesehatan metabolisme.

Kaya lemak sehat

Tambahan asupan kalori diperlukan selama kehamilan untuk pertumbuhan janin. Lemak baik atau lemak sehat juga diperlukan untuk kesehatan janin. Ibu hamil bisa mendapatkan lemak sehat dari buah alpukat. Lemak sehat seperti omega-3 dan omega-6 pada alpukat sangat bermanfaat bagi ibu dan janin yang sedang dikandung.

Membantu penyerapan nutrisi

Manfaat jus alpukat tak hanya menyediakan nutrisi, namun juga membantu sistem di tubuh ibu hamil untuk menyerap nutrisi dari makanan lain. Sebagai contoh, manfaat jus alpukat mampu menyerap vitamin larut lemak yang ditemukan dalam makanan seperti ubi jalar, sayuran daun hijau, dan wortel.

Kaya akan mineral

Alpukat berkontribusi untuk asupan harian guna mencukupi kebutuhan kalsium, kalium, magnesium, niasin, fosfor, tembaga, seng, dan mangan. Nutrisi ini sangat baik bahkan direkomendasikan untuk memenuhinya selama masa kehamilan.

Meningkatkan perkembangan otak janin

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Secangkir buah alpukat mengandung 22 mg kolin yang diperlukan untuk perkembangan otak, saraf, dan perkembangan saraf pada janin yang sedang dikandung.

Meredakan kram kaki

Manfaat jus alpukat untuk ibu hamil lainnya mampu meringankan atau meredakan kram kaki yang sering terjadi selama kehamilan. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki lebih banyak potasium daripada pisang. Potasium dalam alpukat inilah yang mampu meredakan kram kaki pada ibu hamil. Kalium dan kalsium juga dapat membantu meredakan kram.

Mempertahankan kadar kolesterol dan gula

Mengonsumsi alpukat secara teratur mampu membantu menjaga kolesterol dan mengontrol kadar gula selama kehamilan.

Mengatasi morning sickness

Morning Sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang dialami oleh beberapa wanita hamil. Biasanya morning sickness terjadi pada wanita hamil di trimester awal. Morning sickness merupakan kondisi yang sangat umum terjadi di masa awal kehamilan, sehingga membuat ibu hamil kerap kelelahan. Untuk mengatasi morning sickness, ibu hamil bisa menggunakan manfaat jus alpukat karena sangat kaya akan vitamin C.

Kaya kandungan vitamin

Buah alpukat memiliki segudang vitamin di dalamnya seperti vitamin B1, B2, B5, B6, C, E, dan K. Semua vitamin ini sangat diperlukan dan bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil serta pertumbuhan janin.

Jaga kesehatan sistem pencernaan

Beberapa penyakit perut dan sembelit merupakan penyakit yang sering terjadi di masa kehamilan. Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan selama kehamilan, ibu hamil bisa mengonsumsi buah alpukat. Manfaat jus alpukat untuk ibu hamil bisa dirasakan karena adanya kandungan serat yang kaya di dalam buah alpukat. Serat inilah yang membantu pencernaan dan memudahkan ibu hamil untuk buang air besar.

Mengatasi anemia

Ibu hamil yang kekurangan zat besi dapat menyebabkan mengalami anemia. Untuk mencukupi kebutuhan zat besi pada ibu hamil agar terhindar dan mengobati anemnia, ibu hamil bisa mengonsumsi buah alpukat. Buah alpukat mengandung banyak zat besi yang diperlukan selama kehamilan.

Sumber asam folat yang sangat baik

Manfaat jus alpukat untuk ibu hamil selanjutnya yang bisa dirasakan sebagai bahan untuk mencukupi nutrisi asam folat. Kekurangan asam folat pada masa kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir tidak sempurna atau cacat. Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang dikandung, ibu hamil bisa mencukupi asam folat dari jus alpukat untuk pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh calon bayi.

2 dari 3 halaman

Manfaat Minum Jus Alpukat Malam Hari

Meminum jus alpukat pada malam hari tentu aman untuk tubuhmu selama tidak ada tambahan gula di dalamnya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat jus alpukat seperti berikut.

Ilustrasi Wanita Minum © Diadona

Menguatkan tulang

Potasium dan zat besi yang terkandung di dalam buah alpukat sangat baik untuk menguatkan tulang serta gigi. Selain itu, vitamin K dan tembaga juga folat pada buah ini dipercaya bermanfaat menguatkan tulang. Maka dari itu, manfaat jus alpukat ini dapat menguatkan tulang kamu.

Menurunkan risiko kolesterol

Rutin konsumsi buah alpukat setiap hari dipercaya bisa menurunkan risiko kolesterol. Nutrisi yang terkandung di dalamnya membantu mengurangi kadar kolesterol LDL yang berbahaya dan mengubahnya menjadi kolesterol HDL yang lebih sehat.

Mencegah risiko diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan yang berisiko pada siapa saja. Konsumsi gula atau glukosa berlebihan dan risiko riwayat diabetes menjadi penyebab utama penyakit gula darah. Untuk mencegah risiko diabetes, penting melakukan pola hidup sehat dan konsumsi rutin alpukat. Kandungan vitamin serta antioksidan di dalam alpukat ampuh mengatur gula darah dan menjaganya dalam kondisi senantiasa stabil.

Mencegah obesitas

Memang, buah alpukat adalah buah yang mengandung lemak cukup tinggi. Namun jangan khawatir, lemak yang terkandung di dalam buah alpukat adalah lemak sehat. Rutin konsumsi buah alpukat sebagai menu makan siang atau makan malam akan bantu kamu memiliki berat badan ideal.

Menangkal risiko jantung

Nutrisi yang terkandung di dalam buah alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Potasium dan lutein serta antioksidan pada buah alpukat dikenal ramah buat kesehatan jantung, menangkal risiko jantung hingga menangkal risiko penyakit organ dalam lainnya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minum Jus Alpukat

Tentu akan banyak manfaat yang bisa kamu dapat ketika minum jus alpukat ini. Dalam bentuk jus ini, kamu akan lebih mudah untuk menyerap nutrisi yang terkandung dalam alpukat. Berikut manfaat jus alpukat yang mengesankan.

Menurunkan stres

Ilustrasi Wanita Stres © Diadona

Manfaat jus alpukat dapat membantu mencegah kelebihan kadar homosistein dalam tubuh, karena alpukat kaya akan kandungan folat. Menurut pakar kesehatan, terlalu banyak homosistein bisa membuat gangguan produksi hormon layaknya serotonin, dopamine, dan juga neropinephrine yang tentu bisa memicu munculnya berbagai gangguan kesehatan. Selain itu, banyaknya hormon homosistein ini bisa membuat kita lebih mudah terkena stress. Karena alasan inilah konsumsi jus alpukat akan mencegah kita terkena stres dan bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang.

Menyehatkan mata

Manfaat jus alpukat tidak hanya membantu menyerap antioksidan, jus ini juga memiliki antioksidan yang kuat. Ini termasuk lutein dan zeaxanthin, yang membantu untuk menetralkan radikal bebas dan penting untuk meningkatkan penglihatan dan mencegah masalah mata seperti katarak, glaukoma, dan astigmatisme.

Batu ginjal

Alpukat sebagai makanan tinggi potasium, manfaat jus alpukat termasuk membantu mengurangi ekskresi kalsium urine, menurunkan risiko pembentukan batu di ginjal. Kadar potasium yang tinggi dalam jus alpukat adalah mineral utama yang dibutuhkan untuk ginjal yang sehat.

Bau mulut

Tekstur alpukat yang seperti krim dapat membersihkan mulut saat dikonsumsi, sehingga berfungsi sebagai sikat gigi alami. Manfaat jus alpukat juga dapat menghilangkan bakteri dan sisa makanan yang tersangkut di gigi, tenggorokan dan usus, sehingga membantu menghilangkan bau mulut.

Ulkus perut

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Manfaat jus alpukat juga meliputi permukaan hipersensitif yang menenangkan dan menenangkan dari lambung yang teriritasi oleh ulkus atau luka. Jus alpukat ini sempurna untuk perut yang mengalami gejala maag. Nutrisi dan enzimnya yang melimpah juga merupakan obat yang efektif untuk mengobati luka di perut.

Mampu menjadi bahan detoks alami

Manfaat jus alpukat ternyata bisa dijadikan sebagai bahan detoks alami yang tentu akan membantu tubuh dalam membuang berbagai racun. Dengan rutin mengkonsumsi jus alpukat ini, maka tubuh pun akan lebih fit, lebih bugar, dan lebih sehat.

Perlu diingat jika mengonsumsi jus alpukat ini disarankan untuk tidak menggunakan gula secara berlebihan atau bahkan tidak menggunakan gula sama sekali. Hal ini agar kamu tetap mendapatkan manfaat alpukat dengan baik tanpa harus menjadikannya sebuah boomerang bagi tubuhmu. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar