Resep Akar Kelapa 500 Gram, Manis, Gurih, dan Renyah dalam Setiap Gigitan

Reporter : Arifina
Jumat, 8 Maret 2024 10:00
Resep Akar Kelapa 500 Gram, Manis, Gurih, dan Renyah dalam Setiap Gigitan
Ini salah satu kue kering lebaran yang nikmat dan krenyes di lidah.

Resep akar kelapa 500 gram bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menyajikan camilan kue kering di perayaan Hari Raya Idul Fitri nanti. Kue berbentuk seperti sayur kecipir panjang atau akar kepala ini seakan membawa kenikmatan tersendiri bagi yang memakannya.

Rasanya yang manis dan gurih, serta teksturnya yang renyah, menjadikan kue akar kelapa sebagai pilihan favorit untuk dinikmati bersama keluarga atau teman. Menikmati sajian kue kering satu ini bisa dengan pendamping teh hangat lho!

Selian rasanya yang lezat dan gurih, bentuk dari kue akar kelapa ini juga cantik dan menarik perhatian. Ada yang memanjang, ada juga yang dibuat melingkar.

1 dari 6 halaman

Resep Akar Kelapa 500 Gram © Diadona

Membuat jajanan Lebaran satu ini tidaklah sulit, kamu hanya perlu menggunakan cetakan spuit untuk membentuknya seperti akar kelapa. Bahkan, bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak banyak dan mudah ditemui di pasaran.

Untuk mendapati cita rasa yang khas, kamu perlu menyiapkan bahan utama tepung beras ketan. Tertarik mencobanya untuk sajian menu camilan Lebaran tahun ini? Simak resepnya berikut!

2 dari 6 halaman

Resep Akar Kelapa 500 Gram

Dengan bahan-bahan yang super praktis kamu bisa membuat olahan kue akar kelapa yang nikmat banget. Perhatikan kualitas bahan yang kamu beli agar hasil masakan kue kering yang dibuat lebih lezat ya!

Bahan-Bahan:

  • 500 gram tepung beras ketan
  • 3 butir telur
  • 100 gram gula halus
  • 100 gram margarin leleh
  • 300 ml santan kental
  • 1/2 sdt garam
  • 2 liter minyak goreng

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Akar Kelapa 500 Gram

Resep Kue Akar Kelapa Anti Gagal rasa Jadul © Diadona

 

Langkah awal, pecahkan telur dalam wadah. Lalu kocok hingga halus dan mengembang dengan mikser, matikan dan diamkan sejenak.

Selanjutnya, masukkan tepung beras ketan dan garam. Aduk-aduk adonan sampai merata dan tuangkan santan kental secara bertahap.

Sambil terus diaduk, tuangkan santan sedikit demi sedikit bergantian dengan margarin yang sudah dilelehkan. Aduk terus sampai adonan benar-benar menyatu.

 

4 dari 6 halaman

Siapkan cetakan akal kelapa dengan ujung bintang, lalu masukkan ke dalamnya. Lakukan pencetakan sesuai selera, bisa dibuat memanjang ataupun melingkar seperti bentuk akar kelapa.

Langkeh terakhir, panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu goreng akar kelapa dengan api sedang. Goreng sambil diaduk-aduk hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Tunggu dingin sampai uap panasnya hilang, lalu bisa dimasukkan dalam toples untuk sajian Lebaran deh!

 

5 dari 6 halaman

Tips Membuat Kue Akar Kelapa Anti Gagal

Resep Kue Akar Kelapa Anti Gagal Super Renyah © Diadona

Ada beberapa tips ayang perlu diperhatikan agar kue akar kelapa tidak gagal dan renyah sempurna. Di antaranya sebagai berikut:

  • Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau keras. Adonan yang ideal adalah adonan yang mudah dibentuk dan tidak lengket di tangan.
  • Goreng kue akar kelapa dengan api sedang agar tidak gosong.
  • Kue akar kelapa dapat disimpan dalam wadah kedap udara agar tetap renyah.
  • Tambajkan wijen atau kacang dalam adonan untuk menambah variasi rasa dan tekstur.

Bagaimana? Mudah dan tidak ribet bukan membuatnya? Itulah resep akar kelapa 500 gram yang bisa kamu recook di rumah untuk sajian menu camilan saat Lebaran nanti. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar