20 Menu Buka Puasa Irit, Cukup Rp. 10 Ribu untuk Makan Enak, Praktis dan Bernutrisi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 1 April 2023 14:08
20 Menu Buka Puasa Irit, Cukup Rp. 10 Ribu untuk Makan Enak, Praktis dan Bernutrisi
Ada telur dadar padang, ikan kembung, hingga nasi pecel yang bergizi tapi tetap ekonomis. Inspirasi banget untuk kamu yang butuh menu buka puasa irit.

Buka puasa identik dengan banyaknya hidangan yang tersaji. Tapi beberapa orang membutuhkan menu buka puasa irit karena beberapa alasan. Mulai dari keterbatasan finansial atau karena tak ingin menghabiskan banyak uang.

Ada nggak sih menu buka puasa yang irit? Tentu banyak banget!

Yang perlu diperhatikan adalah walaupun ekonomis, menu yang kamu santap harus bergizi untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu. Dikutip dari Klik Dokter, daripada makan banyak, lebih baik fokus pada makanan yang bergizi. 

Nah, ngomongin tentang hemat atau irit, bukan berarti menu yang dimasak menjadi kurang lezat dan monoton. Justru kamu bisa berkreasi sesuka hati lho dengan bahan-bahan seadanya yang tersedia di rumahmu, seperti sayuran, bumbu-bumbu dapur sederhana, telur, tahu, tempe, dll. Sebab, bahan sederhana jika diolah dengan tepat juga akan tetap menghasilkan masakan yang nikmat, kok! 

Oleh karena itu, di bawah ini Diadona sudah menghimpun beberapa alternatif menu buka puasa irit yang bisa kamu jadikan referensi selama bulan Ramadhan. Check these out!

 

1 dari 10 halaman

Telur Dadar Padang

Telur Dadar Padang sebagai Menu Buka Puasa Irit © Diadona

Telur merupakan salah satu bahan dasar masakan yang sulit untuk dilewatkan. Rasanya yang enak, variasi masakan yang bisa dibuat dari bahan itu juga sangat beragam,. Dan tentu saja, salah satu yang nggak boleh kamu lewatkan adalahh telur dadar Padang.

Sajian ini khas dengan ciri bentuk dan teksturnya, yaitu mengembang tebal dan padat, tapi tetap sedikit garing di luar. Cara membuatnya pun mudah dan bahan-bahannya mudah pula didapat.

Nah, buat tim buka puasa irit kayak kita-kita ini mending bikin sendiri daripada harus beli, nggak sih? Rasanya pun bisa kamu sesuaikan sendiri, lho!

Bahkan, sebagai teman makan nasi putih hangat yang dipadukan dengan sambal juga cocok dan dijamin akan terasa semakin nikmat. Menu buka puasa irit ini bikin kamu puas serta kenyang deh! 

Tahu Cabe Garam

Resep Tahu Cabe Garam © Diadona

Merasa panik karena di kulkasmu hanya tersisa tahu sebagai persediaan makanan? Tenang dulu! Kamu masih bisa kok memasak hidangan buka puasa yang lezat versi ekonomis, yaitu tahu cabe garam.

FYI, tahu mengandung protein yang nggak kalah tinggi lho dengan telur, daging, atau sumber protein lainnya!

Mungkin kamu merasa lebih familiar dengan tahu cabe garam sebagai sebatas camilan, tapi nyatanya bisa juga kamu santap bersama nasi hangat sebagai menu buka puasa irit.

Perpaduan rasa gurih dan pedas dari cabai rawit membuat lidahmu seakan dimanjakan dengan kelezatannya. Sampai sini, sudah tertarik untuk mencoba?

2 dari 10 halaman

Terong Balado

Terong Balado, MEnu Buka Puasa Irit © Diadona

Mau hemat tapi tetep pengen makan yang nikmat? Solusinya adalah dengan mengolah terong yang kaya akan manfaat bersama bumbu balado yang pedas.

Untuk menghemat waktu saat menyiapkan menu buka puasa, kamu bisa banget memasak terong balado, kemudian disajikan bersama nasi hangat. Sekilas memang terlihat simpel, tapi aslinya juga memang simpel aja kok cara membuatnya. Bahkan, yang nggak suka terong pun dijamin ketagihan sama menu ini.

Tahu Tempe Penyet

Tahu Tempe Penyet, Menu Buka Puasa Ekonomis © Diadona

Sudah mana anak kos, akhir bulan, nggak jago masak pula. Eits, jangan biarkan hal itu seakan jadi bencana besar buat kamu, ya! Karena Diadona punya solusinya. 

Kamu bisa menggunakan alternatif menu paling mudah seantero dunia untuk buka puasa versi irit ini, yaitu tahu tempe penyet. Jangan salah, Diazens, meskipun cuma modal dipenyet bersama sambal aja, rasanya nggak kalah nikmat lho dengan sajian buka puasa lainnya, apalagi jika disantap bersama nasi hangat. Tahu tempe penyet ini layaknya buka puasa ekonomis, tapi nggak bikin nangis!

3 dari 10 halaman

Dadar Jagung

Dadar Jagung © Diadona 

Bingung cari lauk yang tepat untuk menyantap sayur sop saat berbuka nanti? Dadar jagung mungkin bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu masak dan konsumsi. 

Makanan khas Jawa Timur yang dikenal sebagai dadar jagung atau bakwan jagung ini memiliki cita rasa yang gurih serta tekstur yang krispi di luar dan lembut di dalam. Cara memasaknya pun mudah.

Kamu cuman perlumengulek kasar jagung yang sudah direbus, tambahkan telur dan tepung terigu (opsional), serta bumbunya. Goreng adonan bakwan jagung hingga kuning keemasan. Nah, kalau menu buka puasa mudah dan hemat versi kamu apa, guys?

Tumis Kacang Panjang dan Tempe

Tumis Kacang panjang dan Tempe © Diadona

Saat kamu mengintip stok bahan di kulkas dan mendapati seikat kacang panjang, kira-kira apa yang ada di benakmu? Pasti nggak jauh-jauh dari, " Masak apa, ya, untuk menu buka puasa hari ini?" Ngaku aja deh, Diazens!

Nah, seikat kacang panjang bisa kamu tumis dengan tempe dengan cara praktis. Selain irit, menu ini juga sehat karena ada unsur mineral dari sayur kacang panjang serta protein dari tempe. Menu buka puasa yang satu ini sayang untuk dilewatkan karena potensial untuk menjadi santapan favorit keluarga! 

4 dari 10 halaman

Nasi Pecel

NAsi Pecel untuk Buka Pausa yang Ekonomis © Diadona

Siapa bilang nasi pecel cuma cocok dinikmati saat sarapan di pagi hari? Menu ini sah-sah aja kok untuk disantap di jam berapa pun, bahkan saat buka puasa. 

Hanya dengan nasi, tahu atau tempe goreng, sayuran seadanya, dan sambal kacang khusus pecel yang siap pakai, kamu sudah bisa menikmati nasi pecel andalan hampir semua orang. Bahkan, untuk versi buka puasa yang lebih irit lagi, nasi hangat dengan sambal kacangnya saja pun sudah terasa nikmat, lho! Tertarik untuk mencoba?

Urap Sayur

Nasi Urap untuk Buka Puasa Ekonomis © Diadona

Kalau kamu penasaran dengan menu buka puasa ekonomis tapi tetap menyehatkan, urap sayur inilah jawabannya! Biasanya, makanan tradisional asal Jawa ini disajikan sebagai makanan pendamping.

Namun, kalau disantap sebagai menu utama pun juga bisa kok. Nutrisinya terpenuhi dari sayuran segar yang dimasak menggunakan sedikit atau tanpa minyak sama sekali.  

Ciri utama urap sayur ada pada parutan kelapa yang dicampur dengan sayuran segarnya. Umumnya sih akan ada sedikit hint pedas dari kelapa parut itu, tapi tetap bisa kamu sesuaikan selera dan lidahmu.

Jadi, selain irit, kamu pun bisa mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuhmu karena urap sayur ini mengandung kolesterol yang rendah. 

5 dari 10 halaman

Semur Tahu Tempe

Semur Tahu Tempe © Diadona

Saat ini, olahan semur sudah nggak terbatas pada penggunaan daging sebagai bahan utamanya. Variasi isinya bertambah dan bisa diganti dengan bahan lain yang lebih ekonomis, contohnya adalah tahu dan tempe.

Semur ini bisa jadi andalan kalau kamu perlu menu buka puasa irit tapi juga juga lezat. Kenikamtannya bisa didapat dari perpaduan bumbu semurnya.

Daripada bosan karena diolah dengan cara digoreng biasa melulu, mending coba resep lain untuk sajian yang antimainstream dengan cita rasa manis ini nggak, sih?

Bihun Goreng Sayur

Bihun Goreng Sayur © Diadona

Pilihan menu buka puasa yang mudah dan irit selanjutnya adalah bihun goreng sayur. Dari olahan ini, ada bihun sebagai sumber karbohidrat dan ada sayuran yang membantu melengkapi nutrisinya.

Cara pembuatannya pun mudah dengan bahan-bahan yang sangat sederhana. Kamu bisa memilih sendiri varian sayur yang ingin kamu turut masukkan.

Ditambahkan dengan protein seperti ayam, udang, dll. juga nggak masalah. Percaya deh, bihun goreng sayur kreasimu ini bakal jadi santapan buka puasa yang paling nikmat!

6 dari 10 halaman

Ikan Kembung Goreng

Ikan Kembung Goreng © Diadona

Menu buka puasa irit yang selanjutnya adalah ikan kembung goreng. Menu ini tentu saja berbahan dasar ikan kembung yang bisa didapat dengan harga yang murahdan mudah dibuat. Cocok banget deh buat kamu yang maunya praktis alias anti ribet! 

FYI, dengan harga yang jauh lebih terjangkau, ikan kembung ternyata memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang lebih tinggi lho dibandingkan ikan salmon. Kandungan gizi yang lain seperti protein juga hampir mirip. Jadi, kamu masih bisa menikmati olahan ikan laut yang kaya akan nutrisi dengan versi lebih ekonomis melalui sajian ikan kembung goreng ini.

Pecak Terong Kuah Santan

Pecak Terong Kuah Santan © Diadona 

Nggak cuman terong balado, terong yang dimasak dengan bumbu pecak santan juga bisa jadi menu buka puasa irit yang enak banget! 

Terong memang bisa diolah dengan cara apapun, termasuk dibuat menjadi makanan tradisional berbentuk pecak kuah santan ini. Kamu hanya perlu merebus atau membakar terong, menumisnya bersama bumbu halus lalu tambahkan santan.

Sebelum disajikan, kamu bisa membuat terongnya menjadi agak penyet, kemudian tinggal hidangkan bersama nasi hangat. Gampang, 'kan?

7 dari 10 halaman

Ceker Pedas

Ceker Pedas © Diadona

Untuk membangkitkan selera makan buka puasa, terkadang kita membutuhkan makanan dengan sensasi pedas yang nyelekit di lidah. Salah satu yang Diadona rekomendasikan ke kamu adalah ceker pedas!

Ada banyak variasi resep yang bisa kamu coba sendiri di rumah untuk mendapatkan sajian ceker pedas sesuai yang kamu mau. Rasa yang gurih dan pedas pada makanan ini akan terasa makin afdol kalau dinikmati bersama dengan nasi hangat dan jenis takjil yang menyegarkan. 

Tumis Sawi Putih, Wortel, dan Telur

Tumis Sawi Putih, Wortel, dan Telur © Diadona

Selanjutnya, ada juga tumis sawi putih, wortel, dan telur. Menu ini bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang irit, tapi rasanya tetap menjadi juara di hati. 

Telur sendiri sudah memiliki kandungan gizi, utamanya protein, yang tinggi. Belum lagi ditambah dengan sawi putih dan wortel yang juga kaya akan nutrisi. Kombinasi dari ketiganya sangat tepat untuk kamu penyuka makanan yang dibuat secara praktis dan sudah terjamin kelezatannya.

8 dari 10 halaman

Pepes Tahu dan Jamur

Pepes Tahu dan Jamur © Diadona

Sudah pernahkah kamu mencoba mengolah tahu dan jamur menjadi pepes? Jika belum, mungkin inilah saatnya kamu memasak olahan tersebut sebagai hidangan nikmat untuk berbuka puasa.

Dipercaya mengandung protein, serat, karbohidrat, dan lemak baik dengan segudang manfaat untuk tubuh, mudah bagi tahu untuk menjadi bahan masakan favorit di rumah. Maka dari itu, daripada hanya digoreng, mending dibuat menjadi pepes saja karena lebih menyehatkan juga, lho, Diazens!

Sup Sawi Putih dengan Telur Puyuh

Sup Sawi Putih dengan Telur Puyuh © Diadona

Bulan Ramadhan di musim penghujan terkadang membuat kita ingin berbuka puasa dengan hidangan segar dan berkuah selagi hangat. Salah satu pilihan yang tepat adalah sup sawi putih dengan telur puyuh.

Sajian buka puasa hemat yang satu ini menggunakan sawi putih sebagai bahan dasarnya. Lalu dipadukan dengan telur puyuh yang konon memiliki selenium dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam.

Cara memasak yang tepat akan menghasilkan sup dengan tekstur sawi putih yang masih crunchy. Jadi, tunggu apa lagi? Segera eksekusi sendiri di rumah, ya!

9 dari 10 halaman

Tumis Tahu dan Sawi Putih

Pepes Tahu dan Jamur © Diadona

Lagi-lagi, sajian ini paling cocok kamu jadikan referensi sebagai menu buka puasa irit di akhir bulan karena cara membuatnya yang mudah dan rasanya yang nikmat. 

Memiliki sederet zat gizi yang baik dan bermanfaat bagi tubuh, seperti kalsium, zat besi, potasium, magnesium, dan vitamin A & C, kamu bisa mengolah sawi putih menjadi makanan praktis favorit keluarga yang sehat dan lezat. Yang perlu disiapkan hanyalah sawi putih segar, tahu, telur (opsional), dan bumbu halus.

Tumis Tempe dan Teri

Tumis Tempe dan Teri © Diadona

Kamu masih punya sisa stok tempe di rumah dan bingung mau diolah menjadi apa supaya nggak membosankan? Daripada cuma digoreng, lebih baik kamu mencoba alternatif lain, yaitu dengan memasak tumis tempe dan teri.

Tumis tempe teri ini nggak butuh bahan-bahan yang mewah, bahkan mungkin bisa kamu dapat dengan merogoh kocek 10 ribuan saja. Ikan teri yang mengandung niasin atau vitamin B3 dan baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sementara itu, tempe merupakan sumber protein nabati baik menghasilkan sajian yang sehat lagi lezat. Disajikan bersama nasi hangat dan sambal terasi, tumis tempe teri cocok kamu jadikan andalan sebagai menu buka puasa ekonomis.

10 dari 10 halaman

Sup Tomat Telur

Sup Tomat Telur © Diadona

Di tanggal tua, kamu tetap bisa kok menikmati sup dengan kuah segar yang ekonomis, tapi kaya akan nutrisi! Caranya adalah dengan mengolah tomat dan telur yang ada di kulkasmu menjadi sup tomat telur.

Tomat mengandung likopen yang menyehatkan, sedangkan telur kaya akan protein dan vitamin yang penting bagi tubuh. Kombinasi bahan utama tersebut bisa menghasilkan sajian yang segar dengan cara pembuatan yang sangat mudah.

Kalau kamu ingin menghangatkan badan saat buka puasa dengan menu yang irit lagi nikmat, sup tomat telur ini bisa menjadi solusi.

Martabak Tahu

Martabak Tahu untuk Buka Puasa Murah © Diadona

Biasanya, saat buka puasa kita masih punya sisa ruang di perut untuk menyantap camilan atau gorengan. Nah, martabak tahu ini cocok kamu jadikan referensi menu camilan buka puasa yang irit tapi menggugah selera.

Untuk bahan, kamu hanya memerlukan kulit pangsit, tahu dan juga bumbu. Tambahkan satu butir telur agar makin lezat dan membuat tekstur tahu menyatu.

And, ta-da! Kamu sudah bisa menyantap martabak tahu yang super krispi di luar dan lembut di dalam.

Setuju nggak sih kalau menu buka puasa irit di atas nggak akan bikin kamu mengeluarkan uang lebih dari Ro. 10 ribu? 

Editor :  Dias Nailah A.

 

Beri Komentar