8 Cara Mencuci Ayam Agar Tidak Amis, Mudah Hanya Pakai Bahan-Bahan Ini

Reporter : Arifina
Sabtu, 6 April 2024 17:00
8 Cara Mencuci Ayam Agar Tidak Amis, Mudah Hanya Pakai Bahan-Bahan Ini
Ternyata tanpa jeruk nipis pun bisa lho!

Cara mencuci ayam agar tidak amis kiranya harus diperhatikan agar masakan lebih lezat. Karena jika asal, kamu justru akan menjadikan olahan masakan menjadi tidak sedap ketika disantap.

Daging ayam adalah salah satu bahan makanan favorit banyak orang karena mudah diolah dan memiliki harga yang relatif terjangkau. Mulai dari gulai ayam, opor ayam, sop ayam, ayam rica-rica, ayam lodho, dan masih banyak olahan masakan lainnya.

Namun, bau amis pada daging ayam seringkali menjadi kendala saat ingin mengolahnya. Bau amis yang muncul ini disebabkan oleh beberapa faktor.

1 dari 9 halaman

Cara Mencuci Ayam Agar Tidak Amis © Diadona

Di antaranyaa, dari sisa-sisa darah dan kotoran yang menempel pada daging ayam. Kemudian, suhu penyimpanan daging ayam yang terlalu tinggi atau tidak masuk kulkas.

Lalu, waktu penyimpanan daging yang terlalu lama, hingga cara pemotongan yang kurang tepat. Kondisi bau amis ini bukan berarti tidak bisa diatasi ya! Umumnya, seseorang yang akan mengolah daging ayam akan menghilangkan bau amis menggunakan jeruk nipis.

Namun, selain jeruk nipis masih banyak cara lain dalam menghilangkan bau amis pada daging ayam ini lho! Bahkan, kamu bisa menggunakan bahan-bahan masakan yang ada di rumah. Yuk simak penjelasannya berikut!

 

2 dari 9 halaman

Gunakan Air Mengalir

Cara paling mudah untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam, cukup mencucinya menggunakan air mengalis. Cucilah daging ayam dengan air mengalir selama 1-2 menit.

Pastikan seluruh permukaan daging ayam terkena air. Gosok perlahan bagian yang terasa amis, seperti bagian leher dan ekor.

Proses menggosok keselurhan bagian daging ayam ini semata agar kotoran maupun sisa darah yang menempel bisa hilang.

 

3 dari 9 halaman

Taburi dengan Garam

Bahan masakan garam rupanya menjadi salah satu yang cukup ampuh untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam. Cukup taburkan di seluruh permukaan daging ayam sambil dgosok-gosok perlahan.

Kemudian, biarkan daging ayam selama 10-15 menit. Setelah itu, cuci kembali dengan air mengalir hingga bersih.

Dijamin, olahan masakan terhindar dari rasa amis deh.

 

4 dari 9 halaman

Jeruk Nipis

ilustrasi jeruk nipis © Diadona

Jeruk nipis memang bahan utama yang sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam. caranya mudah, peras jeruk nipis lalu campurkan dengan air secukupnya.

Masukkan ayam ke dalam campuran jeruk nipis dana air. Lalu, tunggu selama 30 menit sampai 1 jam.

Setelah itu, bilas ayam hingga bersih dengan air mengalir.

 

5 dari 9 halaman

Jahe

Bahan rempah seperti jahe juga pilihan yang tepat untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam. Sebelum memulainya, siapkan jaeh dan parut halus.

Campurkan parutan jahe dengan air secukupnya. Kemudian, rendam daging ayam dalam larutan jahe tersebut selama 30 menit sampai 1 jam.

Bilas daging ayam hingga bersih, dan siap diolah deh!

 

6 dari 9 halaman

Daun Jeruk

Bukan hanya buahnya, daun jeruk pun juga ampuh untuk mengatasi bau amis pada daging ayam. Caranya mudah, siapkan beberapa lembar daun jeruk lalu ikat menjadi satu.

Lalu, siapkan panci berisi air mendidih dan masukkan ayam ke dalamnya. Tambahkan daun jeruk yang diikat, rebus selama 5 menit.

Angkat, tiriskan, dan daging ayam siap diolah menjadi masakan deh!

 

7 dari 9 halaman

Tepung Terigu

Ilustrasi Tepung Beras © Diadona

Alih-alih buat olahan ayam goreng tepung, manfaatkan tepung terigu untuk menghilangkan bau amis ya. Tepung dapat menyerap bau yang tidak diinginkan pada ayam.

Caranya, siapkan tepung terigu secukupnya dan campurkan dengan garam. Balurkan campuran tepung ke seluruh daging ayam dengan merata.

Bilaslah daging ayam dengan air mengalir hingga bersih tak bersisa tepung. Siap diolah setelahnya ya!

 

8 dari 9 halaman

Cairan Cuka

Cara mencuci daging ayam agar tidak bau amis lainnya adalah mencampurkannya dengan cuka. Ya, siapkan air secukupnya, lalu campur dengan cuka.

Rendam daging ayam di dalamnya selama 15-30 menit saja. Kemudian, bilas hingga bersih dengan air mengalir sampai bersih dan bisa diolah menjadi masakan sesuai selera ya.

 

9 dari 9 halaman

Baking Soda

Nah, cara yang satu ini juga mudah untuk dilakukan lho! Kamu hanya memerlukan baking soda sebelum mencuci daging ayam.

Balurkan baking soda secukupnya dis eluruh permukaan daging ayam. Lalu, diamkan sejenak selama 15 menit.

Selanjutnya, cuci bersih dengan air mengalir hingga bebas baking soda. Barulah kamu bisa mengolahnya tanpa khawatir bau amis nih!

Itulah cara mencuci ayam gar tidak amis yang bisa kamu praktikkan di rumah sebelum mengolahnya menjadi makanan lezat. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar