8 Tips Menyimpan Kue Kering Lebaran, Renyah Tahan Lama dan Awet Hingga Berbulan-Bulan

Reporter : Arifina
Selasa, 5 Maret 2024 10:17
8 Tips Menyimpan Kue Kering Lebaran, Renyah Tahan Lama dan Awet Hingga Berbulan-Bulan
Biar kue lebaran awet tahan lama harus disimpan dengan tepat ya!

Tips menyimpan kue kering Lebaran untuk sajian makanan ringan bagi para tamu tetap renyah sempurna perlu dijadikan acuan. Kue kering memang sudah menjadi salah satu yang tak boleh dilewatkan ketika momen Lebaran tiba.

Biasanya, kebanyakan orang sudah memulai membuat berbagai sajian kue kering yang lezat jauh-jauh hari di moment jelang Hari Raya Idul Fitri. Mulai dari kastengel, nastar, kue kacang, cookies, kue salju,dan masih banyak lainnya.

1 dari 9 halaman

Ilustrasi Kue Kering © Diadona© 2019 https://www.diadona.id /fimela.com

Beragam kue ini perlu dilakukan penyimpanan dengan tepat agar saat Lebaran tetap renyah. Sebab, jika penyimpanannya salah kue justru akan lembek, berjamur, bahkan berbau tengik.

Karena itulah, agar kue kering tetap segar dan nikmat dalam jangka waktu yang lebih lama, diperlukan perhatian khusus dalam penyimpanannya. Berikut tipsnya yang bisa kamu terapkan untuk kue kering buatanmu di rumah.

2 dari 9 halaman

Pastikan Kue Kering Benar-Benar Dingin

Sebelum mulai menyimpan kue kering yang dibuat, kamu harus memastikan kondisinya benar-benar dingin. Sehingga, saat kue dikeluarkan dari oven sebaiknya didiamkan sejenak hingga dingin.

Kue yang baru keluar dari oven masih memiliki tingkat suhu panas dan cenderung rentan hancur. Hal ini karena teksturnya yang belum keras secara sempurna.

Karena itu, membiarkan dingin kue kering menjadi salah satu cara yang tepat untuk membuat tekstur benar-benar kering dan renyahnya pas.

3 dari 9 halaman

Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Wadah kedap udara seperti toples plastik atau kaca sangat penting untuk menjaga kualitas kue kering. Wadah kedap udara akan mencegah kue kering terpapar udara luar yang dapat membuatnya melempem dan berjamur.

Sebelum menyimpannya, pastikan wadah yang kamu gunakan tidak basah atau lembap. Ini untuk memastikan kue kering tetap terjaga tekstur dan kerenyahannya bisa terjamin.

Namun, khusus untuk kue yang teksturnya rapuh pilih wadah kedap udara yang tidak terlalu tinggi. Hal ini untuk mempertahankan teksturnya agar tidak mudah remuk.

 

4 dari 9 halaman

Pastikan Wadah yang Digunakan Bersih

Ilustrasi Kue Kering © Diadona

Perhatikan dengan betul wadah yang akan digunakan untuk menyimpan kue kering. Pastikan wadah sudah benar-benar bersih sebelum digunakan ya.

Seringkali kotoran yang masih menempel pada toples akan menjadikan kue lebih cepat berjamur lho! Hilangkan sisa-sisa makanan jika masih ada, dan beri lapisan kertas layer kue.

Ini agar kue tidak saling menempel satu sama lain saat dimasukkan di dalam toples.

 

5 dari 9 halaman

Tambahkan Silica Gel dalam Wadah Penyimpanan

Silica gel berperan penting untuk menjaga kondisi kue kering lebih awet tahan lama lho. Silica gel dapat membantu menyerap kelembaban yang dapat merusak tekstur kue.

Masukkan beberapa sachet silica gel ke dalam wadah kue kering untuk membantu menyerap uap air yang ada di dalam wadah. Dengan begitu, kue kering buatanmu akan tetap awet renyab dan anti berjamur.

Kini, tak perlu khawatir kue kering akan lembek di hari Lebaran tiba deh!

 

6 dari 9 halaman

Pisahkan Kue Sesuai Jenisnya

Penyimpanan kue yang tepat harus disesuaikan dengan jenisnya. Sebab, ini juga berpengaruh pada tingkat ketahanan dari kue itu sendiri.

Sehingga, pisahkan kue bertekstur lembut seperti soft cookies dengan jenis kue bertekstur kering dan padat. Jika penyimpanannya dicampurkan, kue lembut justru akan berubah tekstur menjadi keras. Sementara, kue kering akan lembap dan kurang enak dinikmati.

Pemisahan ini untuk menghindari kue kering dengan tekstur keras menjadi melempem karena terpapar kue yang lembut.

 

7 dari 9 halaman

Simpan Kue Kering di Suhu Ruang

Ilustrasi Kue Nastar © Diadona

Sebagian besar kue kering yang dimasak dengan cara dipanggang bisa disimpan dalam suhu ruang saja. Bahkan, tetap awet meski tidak disimpan dalam kulkas.

Namun, tetap harus diperhatikan wadah penyimpanan untuk kue kering buatanmu ya. Tetap simpan di wadah tertutup dan kedap udara.

Kemudian, jarang sering-sering membuka tutup wadah kue agar ketahanan kue tetap terjaga optimal.

 

8 dari 9 halaman

Hindari Penyimpanan Bersama Kue yang Berbeda Aroma

Kue memiliki kemampuan menyerap aroma di sekitarnya dengan cepat. Hal ini pun menjadikan kue cepat lembek jika bercampur menjadi satu.

Karena itu, hindari menyimpan kue dengan aroma kuat ataupun dengan kue yang memiliki rasa lebih lembut.

Alangkah lebih baik menggunakan wadah terpisah untuk setiap jenis kue yang disimpan. Kamu juga bisa memakai kertas minyak untuk memisahkan lapisan kue agar tetap awet tahan lama.

 

9 dari 9 halaman

Simpan dalam Freezer

Jika ingin menyimpan kue kering lebih lama hingga berbulan-bulan, maka sebaiknya masukkan ke dalam freezer. Caranya, letakkan kue kering ke dalam kantong zip lock yang kedap udara.

Pastikan benar-benar tidak ada udara yang masuk, baru simpan di dalam freezer. Jika akan dikonsumsi secara berkala akan lebih baik kamu membungkusnya dalam jumlah sedikit demi sedikit.

Saat akan memakannya, biarkan kue kering di suhu ruang sejenak. jangan simpan kue di bagian chiller kulkas, sebab hal ini justru akan membuat tekstur kue menjadi sangat kering.

Itulah tips menyimpan kue kering Lebaran agar awet renyah tahan lama. Dengan tips-tips di atas kamu akan mendapati kue kering tetap segar daat disajikan kepada tamu atau keluarga. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar