6 Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 12 Juni 2020 10:33
6 Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya
Ternyata ini loh penyebab komputer lemot!

Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab komputer lemot dan kamu perlu tahu nih! Padahal salah satu alat elektronik ini sudah menjadi bagian penting di kehidupan sehari-hari ya. Seolah menjadi kebutuhan pokok gitu, buat kerja, sekolah, komunikasi bahkan sebagai ajang hiburan.

Tapi suka bikin sebel nggak sih, kalau komputer jadi lemot? Padahal lagi penting-pentingnya mengerjakan sesuatu dan butuh cepat. Salah satu penyebabnya bisa karena usia komputer yang sudah tua loh! Eits.. tapi menurut berbagai sumber, masih ada faktor lainnya, so check this out!

1 dari 4 halaman

Penyebab Komputer Lemot

Penyebab Komputer LemotPenyebab Komputer Lemot © jayacompany
Kamu perlu ketahui beberapa hal yang bisa jadi penyebab komputer lemot ini. Sehingga bisa mengatasinya nanti.

Faktor Umur


Yap, seperti yang sempat dibahas di atas, faktor umur komputer juga berpengaruh guys. Ini sih juga biasanya terjadi pada benda lainnya maupun alat elektronik seperti laptop, handphone dan sebagainya. Nah tapi kalau bisa menjaga perangkat kita, tentu saja bisa lebih awet untuk digunakan.

Banyak Startup Program


Pernah nggak, mengalami HP penuh dan lemot karena kebanyakan aplikasi? Nah, di komputer juga bisa kejadian seperti itu. Terlalu banyak startup program bisa jadi penyebab komputer lemot. Soalnya program-program ini nantinya berjalan secara otomatis di background saat kamu nyalakan komputer.

Makin banyak aplikasinya, maka komputer juga semakin lama saat booting. Biasanya sih sampai memakan waktu 2-3 menit ditambah loading time ketika membuka aplikasi. Kenapa sih bisa gitu?

Penyebabnya, banyak aplikasi di komputermu itu membuat RAM bekerja terlalu keras untuk mengalokasikan seluruh ruang yang dia punya waktu aplikasi berjalan. Makanya bebannya jadi ada di RAM yang bekerja di atas kapasitasnya dan komputer jadi lemot.

2 dari 4 halaman

Harddisk

Penyebab Komputer LemotPenyebab Komputer Lemot © liputan6
Tahu nggak guys, harddisk yang bermasalah adalah penyebab komputer lemot yang paling sering terjadi. Bisa karena umur hard disk yang sudah lama dan perlu diganti. Bisa juga karena hard sik yang terdefragmentasi.

Komputer melakukan proses pembacaan dan pencarian data yang disimpan harddisk pakai sistem indeks. Sehingga tidak pernah melakukan defragmentasi yang membuat data tersimpan secara berserakan. Jadi kalau diakses, butuh waktu yang lebih lama.

Selain aplikasi program, data yang banyak juga memberi dampak jadi penyebab komputer lemot. Bahkan jika kapasitas harddisk sudah 95% kinerja komputer akan menurun.

Temporary Files


Sebenarnya, temporary files ini berguna untuk memperepat akses data ke situs yang pernah dikunjungi. Tapi, temporary files juga bikin komputermu lemot.

Kalau harddisk sudah penuh, temporary files ini bakal memakan ruang di hard disk yang tersisa untuk page file agar membantu RAM dalam bekerja menjalankan program.

3 dari 4 halaman

Malware

Penyebab Komputer LemotPenyebab Komputer Lemot © teknologi
Penyebab komputer lemot selanjutnya bisa dari faktor eksternal nih! Komputermu bisa terkena infeksi malware yang mana mempengaruhi kerja komputer.

Browser


Kemungkinan selanjutnya yang jadi penyebab komputer lemot adalah browser yang terlalu berat. Hal ini biasanya terjadi saat kamu menggunakan komputer dan internet kemudian membuka terlalu banyak tab. Penggunaan banyak situs sekaligus ini bisa memberikan beban berlebih pada kerja RAM di komputer guys.

4 dari 4 halaman

Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Lemot dan Cara MengatasinyaPenyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya © diloker
Nah, tadi kan sudah mengenal beberapa penyebab komputer lemot. Sekarang ada tips untuk mengtasinya selain beli baru ya!

1. Menggunakan antivirus, ini buat antisipasi serangan malware guys.

2. Tidak membuka tab terlalu banyak saat menggunakan browser. Dengan begini kamu meringankan beban kerja RAM di komputer.

3. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk membersihkan temporary files.

4. Biar komputermu nggak lemot, bisa dengan mematikan beberapa start up program yang berjalan secara default loh! Caranya ketik 'msconfig' di start menu, terus pilih tab start-up dan matikan beberapa program yang makan banyak RAM. Misalnya seperti Tune-Up Utilities kalau ada.

5. Melakukan defragmentasi hard disk minimal sekali atau dua kali dalam seminggu. Caranya dengan ketik 'Disk Defragmenter' di Start Menu, terus lakukan deh secara terjadwal.

Nah, jadi itu tadi guys beberapa faktor yang bisa jadi penyebab komputer lemot selain karena usianya ya. Cara mengatasinya juga mudah kan? Selamat mencoba!

Beri Komentar