9 Tips Memilih Menu Makan Sahur, Puasa Seharian Lebih Sehat dan Dijamin Anti Lemas

Reporter : Arifina
Senin, 25 Maret 2024 15:37
9 Tips Memilih Menu Makan Sahur, Puasa Seharian Lebih Sehat dan Dijamin Anti Lemas
Menu sahur yang tepat bikin puasa lebih bugar lho!

Tips memilih menu makan sahur selama bulan puasa penting untuk diperhatikan. Jika asal ada makanan yang masuk ke dalam tubuh, ada kemungkinan justru membuat badan lemas dan kurang segar seharian.

Makanan sahur yang dipilih memiliki peran besar dalam menentukan tingkat energi dan kesehatan selama berpuasa. Seperti, pemilihan menu makanan yang sehat dan bergizi seimbang untuk membantu tubuh lebih kuat menjalani puasa.

Makanan sahur yang tepat juga akan menjadikan tubuh kenyang lebih lama, Selain itu, juga akan membuat tubuh terhindar dari rasa lemas dan dehidrasi.

Nah, biar kuat sehatian tanpa mengeluh saat berpuasa, berikut ini tips memilih menu makan sahur yant tepat dilansir diadona.id dari berbagai sumber!

1 dari 9 halaman

Penuhi Asupan Cairan

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat memilih menu sahur adalah dengan memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Hal ini penting agar tubuh terhindar dari dehidrasi meski puasa seharian.

Kamu bisa memulainya dengan minum satu gelas air sesaat setelah bangun untuk sahur. Kemudian, makan sahur menjelang akhir wajtu, dan minum satu gelas air lagi setelahnya.

Selain air mineral, kamu juga bisa memilih menu asupan sari buah atau jus ya.

 

2 dari 9 halaman

Pilih Menu Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat seperti biji-bijian utuh, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Karena itu, makanan jenis ini bisa dipilih sebagai menu sahur harian saat puasa.

Makanan berserat juga membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Pilihlah roti gandum, oatmeal, atau sayuran hijau sebagai bagian dari menu sahur kamu.

3 dari 9 halaman

Konsumsi Protein

Protein adalah nutrisi penting yang membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Mengkonsumsi protein saat sahur dapat membantu menjaga rasa kenyang dan menghindari keinginan untuk makan berlebihan saat berbuka.

Kamu bisa memilih, asupan menu berprotein rendah lemak seperti telur, ikan, daging tanpa lemak, tahu dan tempe. Makan sahur tetap enak, dan membuat kenyang seharian deh.

 

4 dari 9 halaman

Konsumsi Sayur dan Buah

Ilustrasi Buah-buahan © Diadona

Sayur dan buah menjadi menu makanan yang amat dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur, Sayur dan buah kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pilihlah sayur dan buah yang bervariasi dan berwarna-warni untuk menu makananmu ya. Kamu bisa membuat berbagai menu tumisan sayur yang nikmat saat sahur.

Kemudian, makan buah potong sebagai penambahnya. Bisa juga mengolah buah sebagai smoothies lezat ya.

 

5 dari 9 halaman

Pilih Makanan Kaya Zat Besi

Selain makanan berprotein tinggi, kamu juga memerlukan asupan kaya zat besi. Hal ini penting untuk diperhatikan terutama bagi orang dengan riwayat penyakit anemia atau kekurangan darah.

Sumber makanan kaya zat besi itu dapat diperoleh dari hati ayam, sayur baya, dan sayur daun singkong. Mengkonsumsi aneka makanan mengandung zat besi akan membuat tubuh lebih bugar seharian saat berpuasa lho!

 

6 dari 9 halaman

Hindari Makanan yang Tinggi Lemakdan Gula

Makanan yang tinggi lemak dan gula cenderung membuat kamu merasa lemah dan lapar lebih cepat selama puasa. Makanan tinggi gula dan garam dapat menyebabkan dehidrasi dan kelelahan.

Hindari makanan yang digoreng dalam minyak berlebihan, seperti gorengan, makanan bersantan, makanan olahan,
camilan manis, serta minuman bersoda.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang direbus, dikukus, tumisan, atau dipanggang untuk mengurangi asupan lemak dan gula.

 

7 dari 9 halaman

Tambahkan Asupan Magnesium dan Pottassium

Tips Memilih Menu Makan Sahur © Diadona

Selama berpuasa, tubuh juga memerlukan asupan magnesium dan potassium. Hal ini guna memberikan energi berkesinambungan dalam tubuh.

Sehingga, asupan mineral dalam tubuh akan seimbang selama menjalani puasa seharian. Kamu bisa mendapatkan pemenuhan makanan tersebut dan kalium dari mengkonsumsi buah jeruk dan pisang saat sahur.

 

8 dari 9 halaman

Minum Susu

Susu menjadi salah satu minuman kaya energi yang baik dikonsumsi saat sahur. Susu juga terbukti menjadi minuman sehat, karena memiliki kandungan gizi yang banyak.

Tak hanya itu, dalam susu juga terdapat vitamin dan mineral yang menjadi sumber kalsium tinggi bagi tubuh. Hal ini diperlukan bagi tubuh untuk menjaga kesehatan tulang.

Tapi, pilih jenis susu rendah lemak atau tanpa lemak agar lebih sehat ya!

 

9 dari 9 halaman

Hindari Junk Food

Mungkin junk food seakan menjadi pilihan menu makanan yang praktis. Namun, tidak baik jika dikonsumsi ketika sahur lho!

Hal ini karena, junk food memiliki kadar garam cukup tinggi. Makanan dengan kandungan garam tinggi justru bisa mengganggu keseimbangan natrium dalam tubuh. Mengkonsumsi garam tinggi justru akan membuatmu cepat haus selama berpuasa.

Itulah tips memilih menu makan sahur yang bisa kamu jadikan acuan di rumah. Kini, puasa tak khawatir lemas dan kehilangan energi deh! Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar