7 Tips Fillet Ayam, Potong Beberapa Bagian Ini Agar Hasilnya Rapi Sempurna

Reporter : Arifina
Rabu, 24 Januari 2024 19:17
7 Tips Fillet Ayam, Potong Beberapa Bagian Ini Agar Hasilnya Rapi Sempurna
Ternyata proses fillet ayam perlu trik yng tept biar hasilnya sempurna.

Tips fillet ayam bisa kamu jadikan acuan untuk menghasilkan potongan dan hasil yang sempurna. Sebenarnya, ayam fillet sudah banyak dijumpai di pasaran.

Namun, jika kamu ingin berkreasi dan mendapatkan daging fillet ayam yang sesuai keinginan maka cara ini bisa diterapkan. Melakukan fillet ayam sendiri memang susah-susah gampang, tapi jika tau trik yang tepat maka kamu akan mendapati hasil yang potongan yang sempurna.

Biasanya, bagaian ayam yang bisa difillet adalah paha dan dada. Maka pilih saja antara kedua bagian itu untuk pengolahan fillet ayam ya.

1 dari 9 halaman

 

Tips Fillet Ayam © Diadona

Ayam fillet adalah potongan daging tanpa tulang dan kulit. Biasanya, daging ayam fillet yang lembut dan gurih dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, mulai dari ayam goreng, ayam bakar, hingga ayam katsu.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan teknik fillet ayam yang tepat. Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips filler ayam yang tapat agar potongannya sempurna. Apa saja?

2 dari 9 halaman

Gunakan Piasu yang Tajam

Sebelum memulai proses fillet ayam, hal utama yang perlu diperhatikan adalah alat untuk memotongnya. Pastikan, kamu menggunakan pisau yang benar-benar taja, sempurna ya.

Pisau tajam akan memudahkan dalam memotong daging ayam filler. Hindari menggunakan pisau tumpul karena akan membuat daging ayam menjadi rusak dan sulit dipotong.

Selain itu, penggunaan pisau tumpul juga akan mempengaruhi hasil akhir. Potongan ayam yang di fillet menjadi kurang rapi, bahkan rusak.

3 dari 9 halaman

Pahami Teknik Pemotongan yang Tepat

Tips Fillet Ayam © Diadona

Langkah awal sebelum memulai untuk membuat fillet ayam, kamu perlu mehami teknik pemotongan yang benar. Ini penting untuk menghasilkan fillet ayam dengan hasil potongan yang rapi dan sempurna.

Mulailah dengan meletakkan daging di permukaan meja yang datar. Lalu, gunakan pisau tajam untuk mengikuti kontur tulang dada.

Pastikan untuk memisahkan fillet dengan hati-hati untuk mendapatkan potongan yang bersih.

4 dari 9 halaman

Potong Menjadi 8 Bagian Terlebih Dahulu

Ini penting diperhatikan jika kamu ingin membuat fillet dari ayam yang masih utuh. Maka, kamu perlu untuk memotongnya menjadi beberapa bagian terlebih dahulu.

Potonglah ayam menjadi delapan bagian, dua bagian dada, dua paha atas, dua paha bawah, serta dua bagian sayap. Tapi, jangan asal memotong begitu saja, melainkan pastikan setiap potongan rapi.

Caranya, posisikan ayam utuh secara terlentang di atas meja yang datar. Lalu, potong dengan perlahan-lahan dimulai dari bagian sayapnya.

Kemudian, potong bagian paha dan dada ayam untuk selanjutnya dipilih sebagai fillet.

5 dari 9 halaman

Fillet Dada Ayam jadi Dua Bagian

Tips Fillet Ayam © Diadona

Setelah mendapati potongan paha dan dada, kini masuk dalam tahapan fillet ayam. Untuk proses fillet bagian dada ayam, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memotongnya menjadi dua bagian terlebih dahulu.

Caranya, letakkan dada ayam di atas meja datar, perlahan potong tipis untuk menghilangkan kulit dan tulangnya. Kemudian, pegang dengan telapak tangan, lalu potong memanjang sejajar hingga terbelah menjadi dua.

Biarkan bagian ujungnya tetap menyatu, sehingga bagian dada ayam yang terbelah nantinya akan berbentuk seperti kupu-kupu.

6 dari 9 halaman

Potonglah dari Bagian yang Tebal

Setelah proses pembelahan dada ayam menjadi dua bagian, maka mulailah mengiris dari bagian daging yang tebal. Pastikann setiap irisannya sama tebalnya dari atas ke bawah.

Caranya, tempatkan pisau tajam pada bagian tengah dada ayam yang tebal. Lalu, secara perlahan dan hati-hati mulailah memotong dengan bentuk memanjang ke bawah dengan sayatan perlahan.

Hal ini untuk mempercantik tampilan dari fillet ayam dada. Ketebalan yang sama juga akan membuat proses memasak olahan ayam fillet menjadi lebih cepat karena akan matang dengan merata.

7 dari 9 halaman

Dahulukan Bagian Kulit untuk Fillet Paham Ayam

Tips Fillet Ayam © Diadona

Jika kamu menggunakan bagian paha ayam untuk fillet, pastikan kamu memulainya dengan menghilangkan bagian kulitnya terlebih dahulu. Lakukan sayatan dengan pisau tajam secara perlahan-lahan.

Caranya, posisikan pisau tajam di atara kulit, lalu sayat perlahan-lahan hingga semuanya terlepas menyeluruh. Kemudian, balikkan posisi paha ayam dan arahkan pisau ke bagian sudut daging.

Lalu, potong bagian daging paha ayam dengan perlahan. Sayat daging paha dari tulangnya secara menyeluruh. Ikuti arah tulang agar sayatan tidak rusak dan bentuknya bisa konsisten.

8 dari 9 halaman

Pukul Daging Ayam dengan Palu

Ini bisa diterapkan jika kamu ingin menghasilkan fillet ayam dengan daging yang tipis. Gunakan palu khusus untuk daging, lalu pukul-pukul di bagian daging ayam yang akan difillet.

Dengan cara tersebut, maka kamu akan mendapatkan bentuk daging fillet ayam yang lebih tipis. Selain itu, dapat dipastikan seluruh permukaan daging akan tampak merata. Daging yang tipis juga akan mempercepat proses memasak, karena lebih cepat empuk saat diolah.

Itulah tips fillet ayam yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah dengan hasil yang juicy dan lezat. Selamat mencoba!

Beri Komentar