Masih Hitam Putih, Begini Lho Bentuk Smartwatch Pertama di Dunia

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 13 Juni 2020 11:20
Masih Hitam Putih, Begini Lho Bentuk Smartwatch Pertama di Dunia
Bukan milik iPhone, smartwatch pertama dibuat oleh perusahaan jam tangan terkenal asal Jepang.

Saat ini, beberapa produk sudah banyak mengembangkan smartwatch. Jam tangan yang terintegrasi dengan smartphone ini menjadi populer karena sangat memudahkan aktivitas manusia. Selain itu, bentuknya yang futuristik juga membuatnya banyak diburu oleh para pembeli.

Nah, bicara soal Smartwatch, tahukah gimana sih bentuk smartwach pertama di dunia? Penasaran kan? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Ruputer

Ruputer © Diadona

Ya, bukan dari iPhone, tetapi Ruputer yang menjadi smartwatch pertama di dunia. Sedikit asing di telinga kita, ya. Ruputer sendiri diproduksi oleh perusahaan jam tangan terkenal asal Jepang yaitu Seiko.

Namun, kala itu sebutannya masih bukan smartwatch, melainkan adalah komputer mini dalam bentuk jam tangan.

Karena produk ini dirilis pada 10 Juni 1998, tentu saja fitur yang dihadirkan cukup sederhana. Selain itu, gambar yang ditampilkan juga masih hitam putih.

2 dari 2 halaman

Fitur

Ruputer kala itu memiliki bentuk yang sangat mirip dengan smartwatch saat ini. Untuk spesifikasinya, Ruputer didukung dengan prosesor 16-bit 3.6MHz dengan kapasitas memori 512KB dan memiliki RAM sebesar 128KB.

Jam tangan ini juga menampilkan banyak hal seperti ponsel. Namun pengguna perangkat harus mengerti konsep bahasa pemrograman C untuk bisa menghadirkan fitur yang lebih beragam di jam tangan ini.

Karena ini memang bukan smartwatch, perangkan ini tentu tidak didesain untuk dihubungkan ke ponsel. Kamu bisa menggunakannya tanpa harus menghubungkannya dengan ponsel seperti smartwatch zaman sekarang. Fitur yang dihadirkan oleh jam tangan ini adalah alarm, memo, kalkulator dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Apa kamu salah satu yang pernah menggunakannya?

Beri Komentar