10 Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Hidup Lagi, Ini Cara Mengatasinya

Reporter : Wicha Mashita
Sabtu, 13 Juni 2020 14:27
10 Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Hidup Lagi, Ini Cara Mengatasinya
Cari tahu penyebab komputer mati sendiri di sini guys!

Ada berbagai hal yang jadi penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi. Bisa karena faktor internal komputer itu sendiri, maupun eksternal. Pastinya ini mengganggu ya, apalagi kalau mau mengerjakan hal penting.

Nah, kalau kejadian seperti ini berulang kali, kamu perlu memeriksanya. Kenali penyebab komputer mati sendiri yang dilansir dari berbagai sumber ini serta ketahui cara mengatasinya.

1 dari 5 halaman

Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Hidup Lagi

Penyebab Komputer Mati SendiriPenyebab Komputer Mati Sendiri © forbes
Seperti yang sudah sempat disinggung kalau penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi itu bisa dari karena komputernya atau ada masalah eksternal. Kita bahas satu-satu ya!

Keadaan Listrik Tidak Stabil


Bisa jadi penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi ini dikarenakan faktor eksternal yaitu arus listrik yang kamu pakai. Listrik yang nggak stabil bisa membuat komputer mati sendiri karena daya yang diterima juga jadi nggak stabil guys.

Kalau daya yang diterima komputer kurang, jadinya komponen yang ada nggak bisa bekerja sesuai prosinya. Sehingga komputer bisa mati sendiri. Kalau kejadian berulang dan terus-menerus bisa bikin rusak juga loh! Ada baiknya kamu pakai stabilizer untuk mengatasinya.

2 dari 5 halaman

Overheat

Penyebab Komputer Mati SendiriPenyebab Komputer Mati Sendiri © Makeuseof
Sudah terlalu sering mendengarnya kan? Yap, terlalu panas menjadi penyebab komputer mati sendiri yang paling sering terjadi. Hal ini dikarenakan rancangan prosesor untuk mematikan diri sendiri saat kepanasan.

Komponen Komputer Bermasalah


Ada juga yang dikarenakan kompunen komputer bermasalah. Misalnya di power supply, CGA, harddisk, RAM, prosesor atau bahkan motherboard. Penyebab komputer mati sendiri ini bisa dikarenakan masalah korsleting pada kompone-komponen komputernya.

Kayak misalnya di prosesor thermal pastenya sudah kering. Padahal ia memiliki peran untuk membuat prosesor tetap dingin. Itu kenapa kamu perlu melakukan pengecekan berkala dan menggantinya jika sudah kering guys.

 

3 dari 5 halaman

Beban Kerja Komputer Terlalu Berat

Penyebab Komputer Mati SendiriPenyebab Komputer Mati Sendiri © mocmag
Kalau komputer bekerja melampaui batas maksimumnya tanpa istirahat bisa menyebabkan overheat. Itu kenapa komputer juga bisa mati sendiri. Sebaiknya biarkan komputer beristirahat terlebih dulu, sekitar 1-2 jam. Setelah kembali dingin komponennya baru digunakan kembali.

Debu


Komputer yang kotor akibat debu menumpuk juga bisa jadi penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi. Biasanya debu-debu ini paling banyak menumpuk di kipas atau fan prosesor dan motherboard. Tapi juga di komponen lainnya.

Nah, debu-debu ini membuat aluran udara jadi terhambat. Sehingga pendingin komputer tidak bekerja maksimal dan komputer akan menjadi panas. Itu kenapa perlu membersihkan komputer secara rutin agar debu tidak menumpuk.

 

4 dari 5 halaman

Program Crash

Penyebab Komputer LemotPenyebab Komputer Lemot © teknologi
Masalah internal seperti program mengalami crash juga bisa menyebabkan komputer mati sendiri. Biasanya hal ini terjadi di pemasangan driver yang nggak sesuai sama hardware dan OS yang sudah dipasang di komputer. Cara mengatasinya bisa dengan uninstall program itu, lalu reinstall jika sudah menggunakan driver dan OS yang sesuai.

Virus


Yap, kemungkinan terakhir yang bisa jadi penyebab komputer mati sendiri adalah adanya serangan virus. Sebab bisa merusak sistem komputer hingga ia tidak bisa berjalan optimal. Nggak hanya itu saja, virus juga bisa menghisap penggunaan daya komputer loh! Penting banget nih buat punya antivirus dan melakukan pemindaian berkala secara menyeluruh.

5 dari 5 halaman

Penyebab Komputer Mati Saat Booting

Penyebab Komputer LemotPenyebab Komputer Lemot © professionalwomanmag
Kalau tadi sudah membahas beberapa penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi, sekarang hal yang terjadi saat booting. Kamu pernah mengalaminya nggak? Penyebab beberapa ada yang sama dengan sebelumnya, tapi bisa juga karena hal-hal ini.

1. Power supply yang rusak, biasanya dikarenakan korsleting listrik atau karena lonjakan daya listrik.

2. VGA yang bermasalah karena udara panas di dalam CPU.

3. Harddisk yang bermasalah, bisa karena sudah tua, korsleting listrik atau overheating.

Nah jadi itu tadi guys, beberapa faktor yang bisa jadi penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi atau bahkan saat booting. Semoga tips cara mengatasinya bisa membantu ya!

Beri Komentar