5 Resep Nasi Kuning Rice Cooker, Mudah Hanya dengan Tiga Bahan Sederhana

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 16 September 2022 18:09
5 Resep Nasi Kuning Rice Cooker, Mudah Hanya dengan Tiga Bahan Sederhana
Ada resep nasi kuning rice cooker yang hanya meggunakan bumbu dan santan instan aja lho!

Kayaknya saat ini udah hampir semua orang memasak nasi menggunakan rice cooker. Dengan kemudahan dan kecanggihan yang ditawarkan, alat ini kadang juga menawarkan fitur lain yang memudahkan memasak banyak jenis masakan, mulai dari nasi goreng, bubur dan masih banyak lagi. Mau bikin nasi uduk dan resep nasi kuning pake rice cooker? Aduh, gampang banget itu mah!

Membuat nasi kuning dengan rice cooker hampir semudah membuat nasi biasa. Tentu aja bedanya adalah pada penambahan bumbu-bumbu pada resep nasi kuning rice cooker yang bikin nasi berwarna kuning dan lebih gurih. 

Apa aja bumbunya dan gimana cara bikinnya? Diadona udah kumpulin dari berbagai sumber dan ini dia resep nasi kuning rice cooker.

 

1 dari 5 halaman

Resep Nasi Kuning Rice Cooker Harum dan Gurih

Resep Nasi Kuning Rice Cooker Harum dan GurihResep Nasi Kuning Rice Cooker Harum dan Gurih © cookpad.com/Fanny's Kitchen

Ada yang unik nih dari resep nasi kuning rice cooker ini yakni penambahan bumbu bawang merah. Seperti apa rasanya?

Bahan :

  • 5 cangkir beras 
  • 2 bungkus santan Kara (@65ml)
  • Bumbu halus:
  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 butir kemiri, sangrai terlebh dahulu
  • 1/2 sdt air jeruk nipis
  • 1 jempol kunyit
  • 1 ruas jahe 
  • 1 batang sereh
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis
  • Air sesuai takaran masak nasi 

Cara membuat :

  • Cuci beras sampai bersih, buang airnya. Tambahkan air dan santan sesuai dengan takaran memasak.
  • Tumis bumbu yang sudah diulek, trus masukkan dalam beras.
  • Tambahkan kaldu bubuk, garam dan bumbu lain. Koreksi rasa lalu masak nasi menggunakan rice cooker. 
  • Setelah nasi matang biarkan dulu selama 20 menit agar nasi benar-benar tanak

2 dari 5 halaman

Resep Nasi Kuning Rice Cooker dengan Bumbu Racik Ayam Goreng

Resep Nasi Kuning Rice Cooker dengan Bumbu Racik Ayam GorengResep Nasi Kuning Rice Cooker dengan Bumbu Racik Ayam Goreng © cookpad.com/Nadia Hayu

Resep nasi kuning rice cooker ini sempat viral banget di TikTok. Bumbu Racik Ayam Goreng dari Indofood ini bisa menggantikan bumbu rempah kunyit pada pembuatan nasi kuning. Nggak penasaran pengen cobain?

Bahan :

  • 1 sachet Bumbu Racik Ayam Goreng Indofood
  • 3 cup munjung beras
  • 65 ml santan kemasan
  • 3 sdm minyak goreng
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • Secukupnya air untuk memasak nasi lalu dikurangi sebanyak santan yang dipakai

Cara membuat :

  • Cuci beras sampai bersih dan buang air cucianya.
  • Masukkan semua bahan. Aduk rata.
  • Masak di rice cooker seperti memasak nasi seperti biasa
  • Setelah setengah jalan memasak, buka magicom, aduk rata nasi
  • Masak kembali sampai matang. Nasi kuning siap dihidangkan.

3 dari 5 halaman

Resep Nasi Kuning Rice Cooker Simple ala Anak Kost

Resep Nasi Kuning Rice Cooker Simple ala Anak KostResep Nasi Kuning Rice Cooker Simple ala Anak Kost © cookpad.com/ALFA Kitchen

Di resep nasi kuning rice cooker ini kamu nggak perlu menumis bumbu rempah lainnya. Cukup tiga bahan yakni beras, bumbu Racik dan juga santan instan dan jadi deh nasi kuning simple yang nggak kalah sedap dan gurih.

Bahan :

  • 2 cup beras
  • 2,5 sdm bumbu racik ikan goreng/ayam goreng
  • 2,5 sdm santan instan

Cara membuat :

  • Siapkan semua bahan.
  • cuci beras sampai bersih
  • Isi air hingga tingginya menyentuh sendi kedua jari telunjuk.
  • Tambahkan santan instan dan bumbu Racik, aduk sampai rata
  • Masak di rice cooker sampai tanak dan sajikan

4 dari 5 halaman

Resep Nasi Kuning Rice Cooker Mudah

Resep Nasi Kuning Rice Cooker MudahResep Nasi Kuning Rice Cooker Mudah © Youtube.com/ Uli's Kitchen

Bahan :

  • 1 kg beras yang sudah dicuci bersih
  • 1200 ml santan encer / sekitar 6 gelas belimbing
  • 6 siung bawang putih
  • 2 ruas kunyit
  • 2 batang serai yg dimemarkan
  • 4 lembar daun salam
  • 6 lembar daun jeruk
  • 2 1/2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Cara membuatnya ada di video berikut ini ya!

5 dari 5 halaman

Resep Nasi Kuning Rice Cooker Cepet Jadi

Di kanal youtubenya, Willgoz membagikan resep nasi kuning rice cooker yang harus kamu cobain karenapasti sedap dan gurih banget!

Bahan :

  • 500 gram beras
  • 700 ml santan cair
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun pandan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 buah sereh
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • minyak goreng

Bikin resep nasikuning rice cooker tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di video berikut ya!

Beri Komentar