7 Resep Mie Goreng Burung Dara Simple, Enak, Beragam Varian dan Gampang Banget Cara Masaknya!

Reporter : Nasa
Senin, 19 September 2022 19:22
7 Resep Mie Goreng Burung Dara Simple, Enak, Beragam Varian dan Gampang Banget Cara Masaknya!
Deretan resep mie goreng burung dara beragam varian ini gampang banget cara masaknya...

Jadi hidangan simple favorit masyarakat Indonesia, mie goreng burung dara kerap kali jadi opsi sebagai menu spesial yang gampang banget cara buatnya. Varian menu mie yang satu ini juga pas banget dibuat pas lagi keburu-buru nih, Diazens.

Gimana enggak, bahan yang digunakan sangat simple dan waktu pembuatannya cepet banget! Selain itu, kamu juga bisa mengkreasikan beragam topping atau bahan campuran untuk membuat kuliner mie goreng burung dara jadi tambah nikmat.

Meski terbilang cukup simple, resep mie goreng burung dara beragam varian juga bisa kamu buat untuk momen spesial bareng keluarga, atau juga saat kumpul-kumpul bareng orang terdekat. Dengan bumbu dan bahan campuran yang pas, mie burung dara buatanmu dijamin bakal jadi favorit!

Ini dia deretan resep mie goreng burung dara simple, enak, beragam varian, dan simple banget cara masaknya:

1 dari 7 halaman

Resep Mie Goreng Burung Dara Simple

Resep Mie Goreng Burung Dara SimpleResep Mie Goreng Burung Dara Simple © 2022 Cookpad/Kuliner Aku

Bahan:

  • 1 bungkus mie burung dara
  • 3 lembar sawi putih
  • 2 buah wortel
  • 1 butir telur
  • 1 batang daun bawang
  • secukupnya Garam, kaldu bubuk, merica dan gula pasir
  • secukupnya Kecap manis
  • 1 sdm sauri saus tiram
  • 2 sdm minyak goreng
  • 150 ml air

Bumbu Halus:

  • 1 buah cabe merah
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih

 

Cara Membuat:

  • Siapkan bahan yang di butuhkan. Cuci bersih sawi putih, wortel dan daun bawang, lalu potong- potong dan sisihkan.
  • Rebus mie burung dara, setelah masak angkat dan tiriskan.
  • Haluskan bumbu halus, panaskan minyak goreng dan tumis bumbu halus sampai harum.
  • Tambahkan telur lalu masak sampai di orak arik, masukkan wortel sambil diasuk -aduk.
  • Setelah itu tambahkan air, masak sampai wortel agak lunak dan tambahkan sawi putih, lalu aduk - aduk sampai tercampur rata.
  • Tambahkan mie burung dara, aduk hingga tercampur, lalu beri garam, merica, kaldu bubuk, saori, gula pasir dan kecap.
  • Masak sampai bumbu tercampur. Koreksi rasa. Terakhir masukkan irisan daun bawang, aduk -aduk sampai daun bawang layu. Matikan kompor dan mie goreng burung dara siap disajikan.

2 dari 7 halaman

Resep Mie Goreng Burung Dara Enak

Resep Mie Goreng Burung Dara EnakResep Mie Goreng Burung Dara Enak © 2022 Cookpad/Diana Al Fahiroh

Bahan:

  • 2 bungkus mie burung dara pipih
  • Secukupnya gobis
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • Seujung jari kunyit, jahe dan lengkuas (opsional)
  • 3 tangkai seledri (opsional)
  • Secukupnya gula merah
  • Sedikit kecap manis
  • Garam
  • Penyedap
  • Secukupnya air
  • Minyak untuk menumis

 

Cara Membuat:

  • Haluskan semua bumbu, lalu tumis
  • Mie direbus dulu sampai matang, ketika bumbu ditumis, beri air sedikit dan masukkan gula merah lalu masukkan gobis yg udah diiris memanjang.. tunggu sampai gobis melayu
  • Masukkan mie, beri kecap, penyedap, garam... Aduk rata... Cicipi rasa, lalu tunggu hingga matang

3 dari 7 halaman

Resep Mie Goreng Burung Dara Pipih Sawi Putih

Resep Mie Goreng Burung Dara Pipih Sawi PutihResep Mie Goreng Burung Dara Pipih Sawi Putih © 2022 Cookpad/Dwi Wati Rukmana

Bahan:

  • 1 bungkus mie burung dara pipih
  • 1 ikat kecil sawi putih
  • 1/4 kg taoge
  • Secukupnya ayam suwir
  • 1 sdm saos tiram
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 8 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah besar
  • 1 buah tomatSecukupnya kecap
  • Garam
  • Gula
  • Sedikit lada bubuk

 

Cara Membuat:

  • Potong sawi kemudian cuci sawi, taoge dan bumbu nya.
  • Rebus mie burung dara dalam air mendidih kurang lebih 5 menit.
  • Haluskan bawang putih. Kemudian oseng dengan irisan bawang merah, cabai rawit,cabai merah besar dan tomat masak hingga matang.
  • Masukkan sawi. Oseng hingga layu kemudian masukkan taoge oseng hingga layu kemudian masukkan suwiran ayam. Setelah itu beri sedikit air.
  • Masukkan garam, gula, saos tiram, kecap, dan lada. Koreksi rasa. Masukkan mie burung dara g aduk dan tunggu hingga matang.
  • Tumis mie burung dara siap dihidangkan. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. 

4 dari 7 halaman

Resep Mie Goreng Burung Dara Cabe Ijo

Resep Mie Goreng Burung Dara Cabe IjoResep Mie Goreng Burung Dara Cabe Ijo © 2022 Cookpad/Sri Raihani

Bahan:

  • 4 keping mie burung dara
  • 3 buah sosis
  • 2 butir telur
  • 8 ekor udang
  • 1 ikat sawi
  • 2 genggam toge
  • 2 batang daun bawang
  • 2 batang selidri
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap manis
  • Bumbu halus:
  • 6 biji cabe rawit
  • 3 butir kemiri
  • 4 butir bawang merah
  • 4 butir bawang putih

 

Cara Membuat:

  • Didihkan air,rebus mie hingga matang,tiriskan.
  • Uleg semua bumbu halus,potong sawi daun bawang,selidri dan iris-iris sosis dan udang.
  • Panaskan 3 sdm minyak,goreng sosis sebentar dan tiriskan.lalu tumis bumbu hingga harum tambahkan udang dan telur sambil dia aduk-aduk.
  • Lalu masukkan sayur,mie,garam,lada,kaldu jamur kecap aduk hingga rata dan kemudian tambahkan daun bawang dan selidri
  • Mie goreng siap dinikmati

5 dari 7 halaman

Resep Mie Goreng Burung Dara Pedas Manis

Resep Mie Goreng Burung Dara Pedas ManisResep Mie Goreng Burung Dara Pedas Manis © 2022 Cookpad/Riska Parta Wirya Dicakra

Bahan:

  • 1 bungkus mie burung dara
  • 1 butir telur
  • 1 ikat sawi
  • 1 saori saus tiram
  • 1 kecap manis (aku pake kecap Bango yang 1rb)
  • Bawang putih+bawang merah
  • Cabai rawit+cabai keriting (sesuai selera)
  • Minyak goreng
  • Air sedikit saja

 

Cara Membuat:

  • Rebus mie burung dara jangan terlalu lama kurang lebih 5 menit saja.
  • Tiriskan mie dan tuangkan ke piring lalu lumuri kecap.
  • Tumis bawang putih+bawang merah hingga harum,lalu masukan cabai.
  • Masukan telur lalu di orak-arik sampai hancur
  • Masukan air sedikit saja dan masukan saus tiram,masukan bumbu,dan tes rasa lalu masukan sawi.
  • Tunggu hingga air menyusut agar bumbu menyerap.
  • Angkat, dan hidangkan

6 dari 7 halaman

Resep Mie Goreng Burung Dara Sosis

Resep Mie Goreng Burung Dara SosisResep Mie Goreng Burung Dara Sosis © 2022 Cookpad/Peni

Bahan:

  • 1/2 bungkus mie burung dara
  • 2 buah sosis
  • 1 buah bakso
  • 2 bh batang seledri
  • 2 bh daun bawang
  • 3 bh bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1/2 sendok gula pasir
  • secukupnya Penyedap rasa

 

Cara Membuat:

  • Merica+bawang putih dhaluskan kalo saya dblender,karna pengen cepet bunsay
  • Sosis di iris tipis bersama bakso karena biar terkesan banyak
  • Daun bawang n seledri di iris tipis
  • Bakmi cuma saya siram air mendidih dan d aduk2 sebentar agar tak terlalu lembek ya
  • Setelah mie drasa cukup empuk dtiriskan lalu dkasih kecap
  • Bumbu halus ditumis sampai harum dmasukan penyedap rasa,gula pasir ditumis kira2 sampai tercampur
  • Masukan bakso dan sosis lalu aduk...setelah agak matang masukan mie yg sudah dtiriskan dan sudah ada kecapnya, aduk-aduk sampai rata
  • Masukan daun seledri dan daun bawang aduk

7 dari 7 halaman

Resep Mie Goreng Burung Dara Pedas Nyemek

Resep Mie Goreng Burung Dara Pedas NyemekResep Mie Goreng Burung Dara Pedas Nyemek © 2022 Cookpad/Intania

Bahan:

  • 1 keping mie burung dara
  • 1 butir telur ayam
  • Bayam
  • Wortel
  • Sawi putih
  • 1 buah sosis
  • 1 helai daun bawang
  • 1 gelas air

Bumbu Halus:

  • 1 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 5 buah cabai rawit
  • Garam
  • Lada
  • Kaldu jamur totole
  • Kecap
  • Saos pedas

 

Cara Membuat:

  • Rebus mie burung dara kemudian tiriskan
  • Potong potong sayuran dan sosis. Kemudian potong bawang putih, bawang merah, dan cabai.
  • Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai sampai harum. Sisihkan di bagian pinggir wajan. Pecahkan telur, lalu di orak arik. Campur dengan tumisan bumbu.
  • Tambahkan air. Bumbui dengan garam, lada, dan kaldu totole. Kemudian masukkan mie dan sayuran. Beri tambahan kecap dan sedikit saos.
  • Siap disajikan!

Nah itu dia deretan resep mie goreng burung dara simple dan enak beragam varian yang sudah dihadirkan sama Diadona. Selain enak dimakan sendiri, kamu juga bisa menjadikannya sebagai salah satu ide menu jualan loh, Diazens. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar