Jangan Menganggap Remeh dalam Membesarkan Anak Perempuan Mom

Reporter : Riza Umami
Kamis, 1 September 2022 17:17
Jangan Menganggap Remeh dalam Membesarkan Anak Perempuan Mom
Mendidik anak perempuan di zaman sekarang memang perlu perhatian ekstra ya.

Sejumlah orang tua mungkin menyamakan cara mendidik dan membesarkan anak perempuan dan laki-laki, bahkan beberapa orang tua mungkin lebih mengutamakan anak laki-lakinya dibanding yang cewek.

Dalam membesarkan anak perempuan sebenarnya butuh usaha ekstra dari orang tua apalagi di zaman sekarang ini. Bila orang tua berhasil mendidik anak perempuannya dengan baik, maka kalau sudah besar nanti tentu ia bisa jadi ibu yang baik untuk buah hatinya, tetapi hal ini juga berlaku sebaliknya.

1 dari 4 halaman

Sedari kecil berikan anak kasih sayang seutuhnya dari orang tua. Jangan pernah membandingkan anak dengan saudara atau anak tetangga supaya ia tak sampai sakit hati dengan perkataan orang tuanya sendiri.

Mom juga perlu membangun hubungan yang baik dan dekat dengan anak perempuan sehingga ia tak akan merasa sungkan ketika ingin bercerita kepada orang tuanya. Bila anak suka bercerita pada ibu sedari kecil, tentu kebiasaan ini akan terus berlanjut sampai ia besar nanti.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak PerempuanIlustrasi Anak Perempuan © https://www.pexels.com/@olly

Zaman sekarang, anak perempuan memang perlu pengawasan ekstra dari orang tua. Namun, bukan berarti ibu harus terlalu mengekang anak supaya ia tak sampai terjerumus ke pergaulan yang salah.

3 dari 4 halaman

Berikan anak pengetahun seputar pergaulan mana yang harus ia pilih dan baik untuk masa depannya. Namun, berikan anak kebebasan untuk memilihnya sendiri karena anaklah yang menjalani hidupnya, sedangkan orang tua bisa memberi pemahaman dan mengawasi secukupnya.

Perlihatkan kepada anak perempuan yang makin besar bagaimana dunia bisa semenakutkan itu untuk seorang wanita di mana kasus-kasus pelecehan makin marak terjadi. Tak hanya menimpa perempuan yang sudah dewasa, bahkan ada pula yang korbannya masih anak-anak.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak PerempuanIlustrasi Anak Perempuan © https://www.shutterstock.com/g/abzyga

Jadilah pendengar yang baik untuk buah hati. Apa pun masalah yang diceritakan pada Mom jangan langsung terbawa emosi, tetapi bantu anak mencari jalan keluar untuk masalahnya tersebut. Membesarkan anak perempuan di zaman sekarang ini memang perlu berhati-hati dan tak bisa dianggap remeh ya. Bagaimana pendapat, Mom?

Beri Komentar