Beberapa Permainan Tradisional Ini Ternyata Bisa Melatih Keterampilan Si Kecil

Reporter : Riza Umami
Senin, 29 Agustus 2022 18:17
Beberapa Permainan Tradisional Ini Ternyata Bisa Melatih Keterampilan Si Kecil
Apa saja ya Mom kira-kira?

Permainan tradisional sudah jarang dimainkan oleh anak-anak sekarang ini. Bila terus dibiarkan, bukan tak mungkin permainan-permainan tradisional seperti ini akan hilang seiring berjalannya waktu.

Oleh sebab itulah, orang tua bisa membantu melestarikan permainan tradisional seperti ini dengan cara mengajak anak untuk memainkannya. Apalagi ternyata, beberapa permainan tradisional ternyata juga bisa melatih keterampilan si kecil lho, Mom.

1 dari 4 halaman

Dilansir dari laman parenting.co.id, berikut ini beberapa permainan tradisional yang ternyata bisa melatih keterampilan si kecil. Yang pertama yaitu permainan Cublak-Cublak Suweng.

Permainan yang berasal dari Jawa Tengah ini ternyata bisa digunakan untuk melatih anak dalam berhitung, mematuhi aturan, mengajarkan sportivitas dan juga melatih motorik halus serta kasar.

2 dari 4 halaman

ilustrasi anak bermainilustrasi anak bermain © firsttee.org

Permainan ini bisa dilakukan oleh 3-5 anak di mana satu anak tengkurap sedangkan anak-anak lainnya meletakkan tangannya di punggung sambil nyanyi Cublak-Cublak Suweng. Selama nyanyian, anak-anak harus memindahkan kerikil dari satu tangan ke tangan lain dan disembunyikan. Nah, tugas anak yang tengkurap yaitu menebak di mana keberadaan kerikil tersebut.

3 dari 4 halaman

Permainan yang selanjutnya yaitu Engklek atau disebut dengan Cenge-Cenge di Sulawesi Utara. Permainan yang satu ini bisa digunakan untuk melatih motorik kasar anak, melatih keseimbangannya dan juga berhitung.

Cara memainkannya yaitu dengan menggambar garis petak-petak di tanah dengan gambar tertentu. Kemudian, pemain melemparkan batu ke salah satu petak lalu melompat menggunakan satu kaki dan harus melewati petak tempat batu berada sampai puncak.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak BermainIlustrasi Anak Bermain © 2020 https://shutterstock.com/NadyaEugene

Usai sampai di puncak, ia pun harus kembali dan mengambil batu yang dilempat tadi. Peraturannya yaitu hanya boleh menapakkan kaki di dalam petak dan tak boleh melewatinya. Selain itu, masih banyak permainan tradisional lainnya yang bisa dimainkan. Yuk, dicoba bareng anak Mom.

Beri Komentar