4 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bareng Anak untuk Meningkatkan Bonding

Reporter : Riza Umami
Kamis, 25 Agustus 2022 10:17
4 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bareng Anak untuk Meningkatkan Bonding
Apa saja ya aktivitasnya?

Penting untuk orang tua memiliki hubungan yang kuat dengan buah hatinya. Oleh sebab itu, selain merawat anak Mom juga perlu melakukan beberapa kegiatan seru dengannya untuk meningkatkan ikatan dengan si kecil.

Sebelum anak disibukkan dengan berbagai aktivitas seperti belajar di sekolah, bermain, les dan sebagainya, lebih baik ibu meningkatkan bonding dengan buah hati ini sedari kecil saat anak lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah supaya ikatannya semakin kuat.

Dilansir dari laman parenting.co.id, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan bonding dengan anak.

1 dari 4 halaman

1. Membaca Buku Cerita Bersama

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © raisingchildren.net.au

Walau anak masih kecil, ibu bisa mengajak buah hati untuk membaca buku cerita bersama. Pilihlah buku cerita dengan gambar-gambar berwarna yang terlihat lebih menarik untk si kecil. Gak cuma meningkatkan bonding antara orang tua dan anak, kegiatan yang satu ini pun juga bisa membantu anak menambah kosa katanya serta melatih kemampuan kognitifnya.

2 dari 4 halaman

2. Bermain Kostum

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © https://www.shutterstock.com/id/g/PRImageFactory

Kegiatan seru berikutnya yang bisa dilakukan bareng anak yaitu cosplay atau bermain kostum. Gak perlu menyiapkan kostum yang unik-unik, cukup gunakan apa yang ada di rumah misalnya anak menjadi putri kerajaan, cosplay jadi guru, dokter dan masih banyak lagi. Menurut Sue Rogers dari University College, London, kegiatan bermain peran ini bisa melatih imajinasi, reativitas dan juga mengembangkan perspektif anak akan dunia.

3 dari 4 halaman

3. Bikin Prakarya Bareng

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © freepik.com

Biar kegiatan bareng anak gak melulu menemaninya bermain saja, Mom bisa mengajak buah hati untuk membuat prakarya yang sederhana dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah. Sebagai contoh, ibu bisa mengajak anak membuat tas dari kresek atau membuat mainan menggunakan kertas koran dan masih banyak lagi. Kegiatan yang satu ini pun bisa melatih kreativitas anak.

4 dari 4 halaman

4. Nonton Film

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © iStock

Kegiatan seru yang berikutnya yaitu nonton film bareng anak. Walau terkesan biasa saja, tetapi kegiatan yang satu ini ternyata juga bisa meningkatkan bonding Mom dengan buah hati lho. Sebelum nonton, pilih dulu film yang akan ditonton bareng anak serta siapkan camilan seperti popcorn atau yang lainnya biar nontonnya makin seru. Itulah beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh orang tua bareng anak, selamat mencoba.

Beri Komentar