Apa Tidak Masalah Anak Bayi Dipijat Terlalu Sering?

Reporter : Riza Umami
Rabu, 22 Desember 2021 09:18
Apa Tidak Masalah Anak Bayi Dipijat Terlalu Sering?
Berikut ulasannya.

Pijat menjadi salah satu pilihan ibu untuk membuat bayi lebih nyaman, menghilangkan rasa pegalnya, tidak rewel serta tidurnya jadi lebih nyenyak. Pijat pada bayi tidak apa-apa untuk dilakukan karena banyak pula manfaat yang akan didapat.

Masalahnya, ada beberapa bayi yang terlalu aktif bergerak di masa pertumbuhannya sehingga menyebabkan tubuhnya pun gampang capek dan jadi mudah rewel. Kalau sudah begini, biasanya beberapa ibu pun jadi sering memijatkan bayinya baik ke ahli atau mungkin tukang pijat bayi.

1 dari 4 halaman

Lantas, apakah tidak masalah kalau bayi terlalu sering dipijat? Sebenarnya tidak masalah karena sentuhan lembut yang diberikan pada bayi ini mampu menenangkannya dan membuat anak merasa dicintai.

Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © 2019 https://www.diadona.id

2 dari 4 halaman

Akan lebih baik bila pijatan ini dilakukan langsung oleh ibu sehingga hubungan keduanya pun juga akan makin erat. Selain itu, pijat bayi sendiri memiliki banyak manfaat untuk buah hati di mana salah satunya membuat tidur anak jadi lebih pulas.

Dilansir dari laman alodokter.com, pijat bayi ini juga mempunyai beberapa manfaat lain seperti membuat bayi jadi lebih rileks, bayi jadi tidak gampang menangis, meningkatkan sirkulasi darah, meredakan otot yang tegang dan juga memperlancar pencernaan si kecil.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © 2020 https://rawpixel.com

Sebuah studi juga menunjukkan kalau pijat bayi ini ternyata bisa mempercepat proses pemulihan bayi yang lahir dengan penyakit kuning. Wah, banyak sekali ya manfaat dari pijat bayi ternyata.

4 dari 4 halaman

Sebelum melakukan pijat pada bayi, ada beberapa hal yang perlu ibu siapkan yaitu mencari ruangan yang tenang dan nyaman dengan suhu yang hangat. Kemudian, siapkan alas untuk pijat, pakaian yang bersih, popok dan juga minyak yang digunakan untuk memijat si kecil.

Biasanya, waktu terbaik untuk memijat anak ini yaitu ketika ia sedang terjaga dan dalam kondisi yang tenang, tidak rewel. Selain itu, pastikan anak tidak terlalu kenyang atau lapar saat dipijat serta hindari ketika anak akan tidur. Nah, jadi gak masalah ya Mom memijat anak terlalu sering, bahkan ibu bisa rutin melakukannya sebelum tidur agar anak bisa terlelap lebih nyenyak.

Beri Komentar