Tingkatkan Nafsu Makan Anak dengan Cara Ini!

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 13 Juni 2021 07:37
Tingkatkan Nafsu Makan Anak dengan Cara Ini!
Cara meningkatkan nafsu makan anak.

Kegiatan memberi makan anak bukan hal yang mudah bagi beberapa ibu. Banyak anak yang mulai rewel jika sudah menghadapi waktu makan.

Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu. Apalagi kita nggak boleh membiarkan anak sampai kekurangan nutrisi karena nggak nafsu makan.

Banyak faktor yang bisa memicu hilangnya nafsu makan pada anak. Namun hal ini nggak boleh dibiarkan begitu saja dan harus segera ditangani.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak MakanIlustrasi Anak Makan © https://www.shutterstock.com/g/PRImageFactory

Biasakan Sarapan

Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang penting untuk menjalani aktivitas seharian. Jangan biarkan anak melewatkan waktu ini dan biasakan mereka untuk melakukan sarapan.

Tawarkan Makanan Sesering Mungkin

Hindari untuk membatasi waktu makan anak hanya tiga kali sehari. Beri mereka makan setiap dua jam sehingga sistem pencernaan mereka bisa beradaptasi. Nantinya hal ini akan membuat anak mengembangkan nafsu makan yang sehat.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi anak makan buahIlustrasi anak makan buah © smartparents.sg

Bantu dengan Camilan Sehat

Hindari makanan olahan dan junk food untuk camilan. Biasakan anak dengan camilan sehat seperti buah-buahan.

Minum Air 30 Menit Sebelum Makan

Air mengaktifkan enzim pencernaan yang bisa meningkatkan nafsu makan. Untuk itu, kita bisa mengajak anak minum air putih 30 menit sebelum makan.

Tambahkan Makanan Kaya Zinc

Kekurangan zinc dapat menyebabkan anak kehilangan nafsu makan yang serius. Bahkan hal ini bisa mengarah pada gangguan kekebalan. Untuk menghindarinya, berikan anak makanan yang kaya akan kandungan zinc seperti kacang-kacangan, bayam, buncis, dll.

3 dari 3 halaman

ilustrasi anak makanilustrasi anak makan © Freepik.com / tirachardz

Ajak Anak Bermain

Mengajak anak bermain memberikan banyak manfaat lho, Moms! Selain menghibur mereka, aktivitas fisik dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan.

Sesekali Tawarkan Makanan Favorit Mereka

Biar nggak bosen, kita bisa menawarkan makanan favorit anak sesekali. Hal ini akan membuat anak makan dengan lebih efisien.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar