10 Anjuran dan Larangan Merawat Lansia, Semua Anggota Keluarga Harus Tahu!

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 11 Juni 2021 17:19
10 Anjuran dan Larangan Merawat Lansia, Semua Anggota Keluarga Harus Tahu!
Jika kita pernah merawat orang tua yang kita cintai, kita tahu betapa menantangnya hal itu bukan?

Faktanya, memang hal sulit melihat seseorang yang dekat dengan kita berjuang secara mental dan fisik, dan berada di situasi ini untuk mereka sepanjang waktu dapat merugikan diri kita. Lantas apa cara terbaik untuk mengatasi dan membuat menjadi pengasuh utama jadi sedikit lebih mudah?

Berikut adalah sepuluh hal yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk membantu kita merawat lansia dengan lebih baik dan menghindari kelelahan sang pengasuh.

1 dari 10 halaman

Rencanakan Percakapan yang Sulit

Ilustrasi Orang TuaIlustrasi Orang Tua © 2021 https://www.unsplash.com/Jixiao Huang

Kita mungkin harus mendiskusikan hal semisal pindah ke panti jompo. Jenis perubahan besar ini dapat secara dramatis berdampak pada kesejahteraan orang lanjut usia. Kehilangan kemandirian dan rutinitas dapat memicu emosi seperti kemarahan, frustrasi, dan depresi. Rencanakan pendekatan kita dengan hati-hati. Pilih poin-poin penting untuk ditekankan sebelumnya.

2 dari 10 halaman

Bertindak dan bBerbicara dengan Belas Kasih

Berkurangnya kemandirian seringkali merupakan transisi yang sulit bagi banyak manula. Dampaknya dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental mereka, jadi yang terbaik adalah selalu merawat dengan belas kasih. Terkadang, ini mungkin tidak mudah, namun jika kita harus membuat keputusan sulit, tetaplah berbelas kasih.

3 dari 10 halaman

Tawarkan Alternatif

Ilustrasi Orang TuaIlustrasi Orang Tua © 2021 https://www.unsplash.com/Marcelo Cidrack

Alternatif dapat membantu mereka yang kurang mandiri mengembangkan pandangan positif. Buat jadwal perjalanan jika orang yang dicintai harus berhenti mengemudi. Berusahalah untuk menemukan pengasuh yang penuh kasih yang dapat membantu mereka tetap sehat, bahagia, dan nyaman jika perawatan di rumah sekarang menjadi kebutuhan. Lakukan apa pun untuk memberi mereka kebebasan sebanyak mungkin.

4 dari 10 halaman

Beri Diri Kita Istirahat

Kita tentu mencintai ibu dan ayah kita dengan sepenuh hati dan akan melakukan apa saja untuk membantu mereka, tetapi jangan mengabaikan diri sendiri saat merawat mereka. Kelelahan pengasuh sangat umum karena orang mencurahkan setiap saat untuk orang yang membutuhkan dan lupa untuk mengurus diri sendiri. Makan dengan benar. Olahraga. Luangkan waktu untuk bersantai dan melepas lelah.

5 dari 10 halaman

Dorong Mereka dengan Hati-hati

Ilustrasi Orang TuaIlustrasi Orang Tua © 2021 https://www.unsplash.com/Bantersnaps

Ketahui kapan harus memberi mereka sedikit dorongan atau kata-kata penyemangat untuk mencoba hal-hal baru dan keluar dari rumah. Pada saat yang sama, ketahuilah kapan harus tutup mulut dan biarkan mereka melakukan hal mereka sendiri.

6 dari 10 halaman

Jangan Frustrasi Ketika Mereka Melupakan Banyak Hal

Banyak penyakit pada orang tua menyebabkan masalah memori jangka pendek dan jangka panjang. Bahkan jika kita telah memberi tahu mereka sesuatu 10 kali, jangan kesal, marah, atau frustrasi ketika mereka melupakan sesuatu, apakah itu tanggal penting atau hal pribadi seperti ulang tahun dan hari jadi atau hal-hal yang kurang bermakna tetapi tetap penting seperti membayar tagihan atau melewatkan janji.

7 dari 10 halaman

Jangan Lewatkan Janji dengan Dokter

Ilustrasi Orang TuaIlustrasi Orang Tua © 2021 https://www.unsplash.com/Craig Philbrick

Jika ibu atau ayah kita yang sudah lanjut usia sedang dirawat oleh psikiater, psikolog, atau profesional kesehatan mental lainnya dan mulai menunjukkan perbaikan, jangan berpikir mereka sudah sembuh, apalagi sampai membatalkan janji temu kita dengan dokter. Penyakit mental bisa datang dan pergi sewaktu-waktu. Pasien dapat membuat kemajuan yang signifikan dan juga mengalami kemunduran. Pasien lanjut usia perlu dipantau secara ketat, terutama jika mereka sedang mengonsumsi obat untuk kondisi lain.

8 dari 10 halaman

Jangan Berasumsi Kita Tahu Apa yang Harus Dicari

Sebagai pengasuh orang lanjut usia, kita perlu mengetahui gejala yang jarang dibicarakan yang dapat menunjukkan kondisi kejiwaan seperti kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, perubahan nafsu makan, tidak lagi menikmati hal-hal yang biasa membuat mereka senang, sulit tidur, kebingungan, gugup, perilaku menghindar, penurunan atau penambahan berat badan, dan ketidakmampuan untuk membuat keputusan sederhana.

9 dari 10 halaman

Jangan Menganggap Depresi pada Lansia Itu Normal

Ilustrasi Orang TuaIlustrasi Orang Tua © 2020 https://rawpixel.com/

Kita mungkin telah dituntun untuk percaya bahwa depresi cenderung terjadi seiring bertambahnya usia. Itu tidak benar. Lansia harus dapat menjalani setiap hari secara maksimal dan menikmati setiap tahapan kehidupan. Marah sesekali adalah hal yang wajar. Terus-menerus hidup dalam keadaan tertekan tidak normal, tanpa memandang usia.

10 dari 10 halaman

Jangan Berasumsi ahwa Mereka Meminum Obatnya dengan Benar

Ilustrasi Orang TuaIlustrasi Orang Tua © 2019 https://www.diadona.id/@dailybn

Kenyataannya adalah banyak obat yang mirip atau memiliki nama yang mirip. Ide yang bagus adalah mendapatkan pengatur pil yang memisahkan obat berdasarkan hari dalam seminggu. Kita mungkin ingin menuliskan instruksi spesifik dan bahkan melihat mereka meminum obatnya jika kita bisa bukan?

Beri Komentar