Alasan Bayi Baru Lahir Harus Dibangunkan untuk Menyusu di Malam Hari

Reporter : Riza Umami
Jumat, 11 Juni 2021 17:17
Alasan Bayi Baru Lahir Harus Dibangunkan untuk Menyusu di Malam Hari
Ternyata ini alasannya.

Biasanya dokter memberikan pesan kepada ibu untuk rutin membangunkan bayi supaya menyusu terutama di malam hari ketika anak sedang tertidur dengan lelap. Terkadang, mungkin ibu tak tega untuk membangunkan buah hati apalagi kalau anak tidurnya begitu nyenyak.

Meski demikian, menyusu secara rutin ini memang penting untuk bayi yang baru lahir. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar ibu yang menyusui membangunkan anaknya yang tidur lebih dari 4 jam selama 2 minggu pertamanya setelah lahir ke dunia ini.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Ibu MenyusuiIlustrasi Ibu Menyusui © 2020 https://www.unsplash.com/Kevin Liang

Dilansir dari laman haibunda.com, berikut ini beberapa alasan mengapa bayi yang baru lahir ini perlu rutin dibangunkan untuk menyusu terutama di malam hari. Yang pertama karena perut bayi lebih mudah kosong akibat kinerja sistem pencernaannya yang cepat.

Kemudian, alasan yang berikutnya yaitu karena bayi mungkin tertidur dalam kondisi perut yang masih lapar. Bayi newborn biasanya lebih sering mengantuk. Oleh sebab itulah mungkin mereka tidur dalam keadaan perut yang masih kosong. Biasanya, bayi akan mengirimkan isyarat kalau sedang lapar seperti mengisap jari atau menangis.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Ibu MenyusuiIlustrasi Ibu Menyusui © 2020 https://www.pixabay.com

Berikutnya, ibu juga sangat perlu menambah berat badan bayi yang baru lahir ini. Bila dia tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, maka hal ini justru akan memperlambat kenaikan berat badan anak atau bahkan menyebabkan komplikasi yang berhubungan dengan penyakit kuning. Beberapa minggu usai lahir, bayi biasanya akan mengalami penurunan berat badan lima sampai sepuluh persen.

Alasan yang terakhir yaitu untuk menjaga kestabilan produksi ASI. Enggan membangunkan anak yang tidur ini hanya akan mengurangi jadwal menyusu buah hati yang ternyata juga bisa membuat produksi ASI ibu jadi mengalami penurunan. Makin sering ibu menyusui anak, maka ASI yang keluar pun juga akan makin banyak. Itulah beberapa alasannya, semoga bermanfaat.

Beri Komentar