Ini Bahaya Bayi Minum Susu dari Botol Tanpa Dipegangi

Reporter : Riza Umami
Senin, 22 Agustus 2022 21:28
Ini Bahaya Bayi Minum Susu dari Botol Tanpa Dipegangi
Ternyata ini bahayanya.

Terkadang, sejumlah ibu mungkin memberikan susu pada bayinya dari botol tanpa dipegangi tetapi hanya ditumpu dengan bantal atau yang sejenisnya. Ternyata, hal ini bisa berbahaya untuk bayi.

Dilansir dari akun Instagram @bicarasikecil, hal ini disebabkan karena bayi tidak mempunyai kontrol kepala atau kekuatan untuk menghindari susu yang mengalir tersebut dengan bantuan gravitasi.

1 dari 4 halaman

Akibatnya, ini pun bisa menyebabkan bayi tersedak susu tersebut. Lebih parahnya lagi, bayi mungkin akan sesak napas dan bukan tak mungkin hal yang fatal bisa terjadi hingga menyebabkan bayi meninggal.

American Academy of Pediatrics bahkan sudah melarang memberikan susu dari botol pada bayi tanpa dipegangi sama sekali oleh orang tua karena hal ini memang berbahaya dan bisa meningkatkan risiko bayi tersedak.

2 dari 4 halaman

ilustrasi bayi © Diadona

Meski begitu, ada saja orang tua yang memberikan susu pada bayi tanpa dipegangi seperti ini dengan berbagai alasan seperti agar bisa ditinggal melakukan pekerjaan rumah lain atau yang sebagainya.

3 dari 4 halaman

Selain bisa menyebabkan bayi tersedak, hal ini pun ternyata bisa meningkatkan risiko bayi mengalami gigi berlubang nanti saat sudah tumbuh gigi dan juga terjadinya infeksi saluran telinga.

Tentu Mom tak mau hal-hal buruk seperti ini terjadi kepada buah hati tercinta karena hal sepele yang masih sering diwajarkan dalam masyarakat. Oleh sebab itulah, jangan memberikan anak susu dari botol tanpa dipegangi sama sekali walau mungkin sudah ada alat bertumpunya.

4 dari 4 halaman

ilustrasi bayi minum susu © Diadona

Luangkanlah waktu sejenak sambil menemani anak minum susu dengan memegangi botol dotnya. Hal ini pun tentu akan baik untuk meningkatkan bonding orang tua dengan bayi. Itulah ulasan seputar bahaya memberikan susu dari botol pada bayi tanpa dipegangi. Mari lebih peduli akan kesehatan dan keselamatan anak Mom.

Beri Komentar