Cara Membangun Hubungan Baik Antara Kakak dan Adik

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 14 Juni 2021 07:37
Cara Membangun Hubungan Baik Antara Kakak dan Adik
Ikuti tips membangun hubungan baik antara kakak dan adik.

Mengasuh buah hati bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kita memutuskan untuk memiliki lebih dari satu anak.

Sebagai orang tua, kita dituntut untuk berlaku adil pada mereka. Selain itu, kita juga harus bisa membangun hubungan yang baik antara sang kakak dan adiknya.

Hubungan antara kakak dan adik punya pasang surutnya sendiri. Terkadang mereka bisa sangat akur, namun nggak jarang pertengkaran pun akan selalu terjadi.

Tapi yang paling penting adalah menjaga agar anak-anak bisa saling mencintai dan menghormati. Untuk itu, kita harus memupuk hubungan yang positif di antara kakak dan adik sejak dini.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun hubungan baik antara kakak dan adik.

1 dari 4 halaman

Jangan Memaksa Anak Berbagi

ilustrasi kakak adik © Diadona

Menurut Saakshi Singla, pakar Perkembangan dan Pengasuhan Anak, sebenarnya berbagi adalah konsep yang terlalu dewasa untuk dipahami oleh anak-anak. Mereka akan belajar bagaimana berbagi dengan menjadi contoh dari orang lain dan penguatan positif dari waktu ke waktu. Sehingga daripada berbagi, Saakshi menyarankan agar orang tua mengajari anak untuk bergiliran.

2 dari 4 halaman

Jangan Membandingkan Anak

ilustrasi kakak adik © Diadona

Membandingkan atau memuji anak-anak secara berlebihan dapat menimbulkan perasaan cemburu atau negatif dalam diri mereka. Hal ini sering kali bisa menyebabkan keraguan dan hilangnya kepercayaan diri.

Jika ingin memuji anak, sebaiknya hal itu dilakukan di ruang pribadi. Cara ini akan membantu menghindarkan anak dari merasa rendah diri terhadap saudaranya.

3 dari 4 halaman

Beri Anak Ruang Sendiri

ilustrasi kakak adik © Diadona

Sangat penting untuk meninggalkan anak-anak sendirian untuk sementara waktu. Dalam hal ini kita mencoba untuk membuat anak perlahan-lahan memahami sesuatu dan menggunakan ruang di mana mereka bisa membuat pelajaran dan belajar darinya.

Ini adalah cara terbaik untuk menciptakan rasa individualitas pada anak. Anak-anak harus diberi tempat untuk menyendiri seperti kamar atau tempat yang aman untuk mereka.

4 dari 4 halaman

Hilangkan Bahasa Superlatif

ilustrasi kakak adik © Diadona

Untuk mencegah kita menyakiti perasaan anak, lebih baik kita menghindari kata-kata seperti " terbaik" , " lebih baik" , atau " terburuk" . Ini untuk menghindari membandingkan diri pada anak-anak kita.

Anak-anak bisa menjadi pintar tanpa menjadi lebih pintar dari yang lain. Mereka bisa menjadi terbaik tanpa perlu menyebut diri sebagai yang terbaik.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar