Cara Memilih Sendok MPASI yang Tepat untuk Bayi

Reporter : Riza Umami
Jumat, 30 April 2021 18:17
Cara Memilih Sendok MPASI yang Tepat untuk Bayi
Ini Mom beberapa caranya.

Bayi yang berusia di atas 6 bulan biasanya akan mulai masa MPASI. Anak mulai dikenalkan dengan beberapa jenis makanan pendamping ASI untuk mendapatkan asupan makanan bergizi yang berguna untuk tumbuh kembangnya.

Saat ibu mulai memberikan MPASI, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah memilih dengan tepat peralatan makan yang digunakan oleh anak, salah satunya yaitu sendok makan untuk MPASI.

Pemilihan sendok bayi untuk MPASI ini ternyata juga penting, mengingat mulut anak yang masih kecil dan lebih sensitif dibandingkan dengan orang dewasa. Dilansir dari laman motherandbaby.co.id, berikut ini beberapa cara dalam memilih sendok MPASI yang tepat untuk anak.

1 dari 5 halaman

1. Pilihlah Sendok yang Terbuat dari Bahan Lembut

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Mom perlu membeli sendok yang terbuat dari bahan lembut dan anti panas seperti dari plastik, karet atau silokon. Bahan sendok yang lembut ini akan terasa lebih nyaman saat digunakan oleh buah hati. Selain itu, bahan yang lembut ini juga tidak akan berisiko mengganggu pertumbuhan gigi dan gusi bayi.

2 dari 5 halaman

2. Belilah Sendok dengan Ujung yang Tumpul

ilustrasi bayi makan © Diadona

Kemudian, Mom juga perlu memperhatikan detail dari sendok MPASI tersebut. Pastikan ibu memilih sendok yang ujungnya ini bulat atau tumpul karena untuk menghindari bibir atau lidah bayi terluka. Lalu, ibu juga perlu memilih sendok yang lentur tetapi kuat agar tak sampai patah dan melukai mulut si kecil.

3 dari 5 halaman

3. Cari Sendok yang Tidak Mengandung BPA, PVC, dan phthalate

ilustrasi bayi makan © Diadona

Mom pun perlu memastikan bahwa sendok yang akan masuk ke mulut anak ini terbuat dari bahan-bahan yang aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Beberapa bahan yang perlu dihindari saat membeli sendok MPASI ini yaitu BPA (bisphenol A), PVC (polyvinyl chloride), dan phthalate.

4 dari 5 halaman

4. Pilih Sendok MPASI yang Tidak Luntur

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Sendok anak ini biasanya dibuat dengan semenarik mungkin menggunakan warna-warna yang cerah. Namun, perhatikan baik-baik dan pilihlah sendok yang warnanya ini tidak mudah luntur karena beberapa sendok dengan kualitas yang kurang baik, mungkin warnanya mudah luntur atau mengelupas. Tips lain yaitu dengan memilih sendok yang bertuliskan Food Grade, Food Safe dan dinyatakan aman oleh Food and Drug Administration (FDA).

5 dari 5 halaman

5. Belilah Sendok yang Ukurannya Sesuai dengan Anak

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Yang terakhir, ibu pun perlu memilihkan sendok yang ukurannya ini sesuai dengan usia buah hati. Jangan sampai ibu menggunakan sendok yang terlalu besar untuk bayi yang masih kecil. Kemudian, kalau anak sudah bisa makan sendiri, Mom bisa mencarikan sendok dengan gagang yang pendek dan agak lebar sehingga akan lebih memudahkan anak ketika digenggam dan digunakan.

Nah, itulah beberapa cara dan tips dalam memilih sendok MPASI yang tepat untuk anak. Semoga bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar