Cara Mudah Mengenalkan Bayi Rasa Lapar dan Kenyang

Reporter : Riza Umami
Jumat, 23 April 2021 08:17
Cara Mudah Mengenalkan Bayi Rasa Lapar dan Kenyang
Begini caranya.

Setiap orang tua tentu ingin anaknya gampang makan dan tidak pilih-pilih ketika dihidangkan berbagai jenis makanan. Sayangnya, banyak ibu yang dibikin pusing karena anaknya sulit makan bahkan mungkin tak mau makan sama sekali apalagi ketika mulai masa MPASI.

Sebelumnya, Mom perlu mencari tahu dulu apa yang menyebabkan anak sulit untuk makan. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab misalnya anak mengalami gangguan pencernaan, merasa terlalu kenyang atau karena alasan yang lainnya.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Dilansir dari laman abbottfamily.co.id, jika anak tak mau makan karena terlalu kenyang, maka pola makannya yang perlu diubah. Dengan pola makan yang tepat, anak pun akan mulai merasakan rasa lapar dan juga kenyang.

Dengan mengajari anak tentang rasa lapar dan kenyang ini, si kecil pun jadi bisa mengontrol makanan yang dia konsumsi. Saat anak sudah merasa kenyang, dia akan berhenti makan sehingga buah hati pun tak akan merasa terlalu kekenyangan.

2 dari 3 halaman

Pemilik akun TikTok @babynickyaxel menjelaskan tiga aturan makan bayi untuk mulai mengajari dia mengenal rasa lapar dan kenyang.

1. Makan Terjadwal

ilustrasi bayi makan © Diadona

Buatlah makan utama dan cemilan untuk anak ini dilakukan di jam yang sama. Kemudian, lamanya anak makan ini tidak lebih dari 30 menit. Selanjutnya, di antara waktu makan anak tersebut dia hanya boleh minum air saja.

2. Lingkungan
Ibu pun perlu membuat lingkungan yang mendukung untuk anak di mana ia tidak dipaksa untuk makan. Lalu, Mom pun tak perlu menjadikan makan ini sebagai hadiah. Berikutnya, hindari pula membiarkan anak makan sambil bermain atau nonton sesuatu.

3 dari 3 halaman

3. Cara Makan

ilustrasi bayi makan © Diadona

Lanjut pada cara makannya, berikan anak porsi kecil yang sesuai dengan usianya. Kemudian, hentikan pemberian makan jika anak kesal bahkan sampai membuang makanannya. Terakhir, bersihkan mulut anak hanya ketika dia sudah selesai makan.

Nah, itulah cara yang bisa Mom lakukan untuk mulai mengajari anak mengenal rasa lapar dan juga kenyang. Selamat mencoba dan semoga ulasan ini cukup membantu ya Mom.

Beri Komentar