Kata Ahli Soal Bahaya Tindik Telinga Pada Bayi Perempuan

Reporter : Riza Umami
Rabu, 21 April 2021 09:17
Kata Ahli Soal Bahaya Tindik Telinga Pada Bayi Perempuan
Menindik telinga bayi yang baru lahir ternyata bukan ide yang bagus lho Mom.

Anak perempuan biasanya telinganya akan ditindik sejak masih bayi. Kemudian usai ditindik akan dipasangi anting yang cantik. Hal ini pun masih sangat sering dijumpai di Indonesia dan dianggap sebagai hal yang wajar.

American Academy of Pediatrics berpendapat bahwa orang tua setidaknya harus menunggu anaknya sampai berusia 6 bulan untuk bisa menindik telinganya. Pendapat ini pun masih banyak diperdebatkan bila melihat dampak negatif dari tindik telinga pada bayi.

Dikutip dari laman brightside.me, ada beberapa hal yang bisa Mom pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menindik telinga pada bayi terutama perempuan.

1 dari 4 halaman

Bayi Mungkin Melukai Diri Sendiri

ilustrasi bayi © Diadona

Dilansir dari laman liputan6.com (19/04), tindik telinga ini memang menyakitkan apalagi untuk bayi. Tusukan ini pun mungkin berubah menjadi merah dan sangat sensitif. Apalagi gerakan bayi ini tak bisa diprediksi, mereka mungkin mencoba untuk menyentuh atau bahkan menarik antingnya karena merasa tak nyaman hingga melukai dirinya sendiri.

2 dari 4 halaman

Ibu Membuat Pilihan untuk Anak

Ilustrasi Bayi Gemuk © Diadona

Menindik telinga bayi ini memang sepenuhnya terserah pada ibu karena anak pun masih kecil dan tidak mengerti tentang hal itu. Namun, bukan tak mungkin anak akan tumbuh besar dan ternyata dia tak terlalu menyukainya. Beberapa yang lainnya berpendapat alangkah lebih baiknya bila anak memutuskan sendiri telinganya mau ditindik atau tidak ketika mereka sudah besar dan bisa merawat sendiri tindikan tersebut.

3 dari 4 halaman

Bisa Bersifat Permanen

Ilustrasi Bayi Batuk © Diadona

Walaupun tak selalu seperti ini, tetapi terkadang tindikan ini bisa melukai jaringan telinga dan menyebabkan tusukan atau lubang itu jadi permanen. Hal ini mungkin bisa jadi masalah apalagi kalau ternyata anak tak menyukainya ketika sudah besar dan dia ingin menghilangkan tindikan tersebut.

4 dari 4 halaman

Bisa Menyebabkan Infeksi

Ilustrasi Bayi Perempuan © Diadona

Tindik telinga ini pun ternyata juga bisa menyebabkan infeksi apalagi kalau dilakukan dengan sembarangan dan bukan oleh ahli. Tindikan pun juga bisa berubah jadi infeksi bila tidak dirawat dengan benar. Hal ini pun bisa menyebabkan nyeri, keluarnya cairan, bengkak bahkan juga bisa terbentuk keloid.

Itulah beberapa hal yang perlu ibu perhatikan sebelum memutuskan untuk menindik telinga bayi. Namun, jika ibu tetap ingin menindik telinga anak, dianjurkan untuk tidak melepas tindikannya ini setidaknya selama 6 minggu setelah proses penusukannya. Jadi mau tindik telinga bayi atau tidak nih?

Beri Komentar