Ini Cara Mudah Menstimulasi Bayi untuk Duduk

Reporter : Riza Umami
Senin, 26 April 2021 10:17
Ini Cara Mudah Menstimulasi Bayi untuk Duduk
Berikut beberapa carnaya Mom.

Salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh ibu adalah ketika bayinya sudah bisa duduk. Saat bayi telah dapat untuk duduk, mereka pun akan lebih mudah dalam melakukan beberapa aktivitas seperti bermain dengan mainannya, duduk untuk makan dan lain sebagainya.

Ketika anak sudah bisa duduk, hal ini pun menandakan bahwa perkembangan bayi berjalan dengan optimal dan ia perlahan menjadi makin mandiri untuk beraktivitas. Biasanya, bayi sudah bisa duduk di usia 6 bulan. Namun, kalau anak masih belum bisa duduk, ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan untuk menstimulasi anak belajar duduk.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Dilansir dari laman klikdokter.com, ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan untuk melatih kemampuan duduk pada si kecil. Yang pertama yaitu menggendong bayi dalam posisi tegak dengan tetap menyangga tubuhnya. Lakukan cara yang satu ini saat leher anak mulai cukup kuat.

Ibu pun juga bisa menggendong bayi dengan posisi kepala yang menghadap ke bawah. Cara ini bisa menstimulasi refleks anak untuk menarik kepalanya ke atas sehingga otot lehernya pun akan makin kuat. Yang perlu diingat, selalu perhatikan gerakan anak dan pastikan ia tetap aman.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Gemuk © Diadona

Yang kedua, pindahkanlah bayi ke posisi tengkurap saat berada di tempat tidur. Posisi yang satu ini pun ternyata bisa menstimulasi anak untuk mengangkat kepalanya. Bayi biasanya juga akan mulai menggunakan lengan dan sikunya untuk mendorong tubuhnya ini ke atas.

Dalam posisi ini, ibu bisa meningkatkan stimulasi bayi dengan cara menyentuh bagian punggung atau lehernya. Berikan juga anak mainan yang dia sukai untuk memancing si kecil supaya ingin menggapainya. Cara ini pun akan melatih kekuatan punggung anak.

3 dari 3 halaman

ilustrasi bayi © Diadona

Yang ketiga, biarkan bayi bermain dengan posisi telentang. Saat anak bermain dengan posisi telentang, ini akan membantunya untuk melakukan gerakan mengangkat bagian tubuhnya mulai dari tangan sampai kaki. Anak mungkin juga akan mengangkat kakinya sampai didekatkan ke mulutnya. Gerakan yang satu ini bisa melatih otot perut anak yang diperlukan untuk menopang tubuhnya saat duduk nanti.

Yang terakhir, bantu bayi untuk melatih memutar badannya. Saat anak bergerak memutar, otot-otot tubuhnya ini saling berkoordinasi sehingga jadi makin kuat. Ibu bisa memberikan sedikit bantuan ketika bayi mulai memiringkan badannya. Dengan latihan terus-menerus, anak pun nanti akan bisa memutar tubuhnya sendiri. Perhatikan juga bagian tubuh yang lain sehingga tak ada bagian yang berada di posisi berbahaya ketika anak berputar.

Itulah beberapa hal yang bisa ibu lakukan dalam menstimulasi anak agar dapat duduk. Selamat mencoba ya Mom dan semoga si kecil bisa segera duduk.

Beri Komentar