Bahaya Membersihkan Telinga Si Kecil dengan Cotton Bud

Reporter : Riza Umami
Selasa, 20 April 2021 08:17
Bahaya Membersihkan Telinga Si Kecil dengan Cotton Bud
Hindari pemakaian cotton bud untuk bayi ya Mom.

Cotton bud hingga kini masih menjadi salah satu alat yang biasa digunakan untuk membersihkan telinga baik anak-anak maupun orang dewasa. Padahal, ternyata penggunaan cotton bud untuk bayi ini bisa cukup berbahaya.

Dilansir dari berbagai sumber, penggunaan cotton bud ini ternyata justru bisa mendorong kotoran telinga anak makin masuk ke dalam yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi. Padahal, bayi biasanya menghasilkan kotoran telinga yang lebih sedikit dibandingkan orang dewasa.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Cotton BudIlustrasi Cotton Bud © https://www.shutterstock.com/id/g/GOLFX

Jarang ditemukan anak yang kotoran telinganya ini dalam jumlah yang banyak dan berlebihan. Oleh sebab itulah, sebenarnya Mom tak perlu membersihkan bagian dalam telinga anak tersebut.

Rambut-rambut halus atau silia yang ada di dalam telinga bayi akan membawa kotoran keluar dari saluran telinga. Jadi, sebenarnya Mom hanya perlu membersihkan bagian luar telinga anak usai mandi secara teratur.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Cotton BudIlustrasi Cotton Bud © unsplash.com/Sharon McCutcheon

Bila ibu membersihkan telinga si kecil dengan cotton bud bukan tak mungkin ketika kurang hati-hati, ibu malah merusak saluran dan gendang telinga anak. Apalagi saluran dan gendang telinga bayi ini memang masih sangat halus dan sensitif sehingga sangat berisiko ketika cotton bud menyentuhnya.

Gendang telinga si kecil bisa pecah dan hal ini pun dapat menyebabkan pendarahan hingga gangguan pendengaran yang permanen pada anak. Tentu Mom tak mau kalau hal tersebut sampai terjadi kepada buah hati. Itulah bahaya dari penggunaan cotton bud pada bayi, semoga ulasan ini bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar