17 Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat yang Membandel secara Alami dalam Waktu Singkat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 2 Februari 2023 06:12
17 Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat yang Membandel secara Alami dalam Waktu Singkat
Setelah berperang dengan jerawat, kamu masih harus menyisihkan tenaga dan perawatan ekstra untuk cara menghilangkan flek hitamnya.

Setiap kali kamu punya jerawat, kamu pasti pengen si jerawat itu cepet-cepet pergi deh dari wajah kamu. Sayangnya begitu hilang, jerawat malah meninggalkan bekas luka berwarna hitam berebntuk seperti flek. Bila sudah demikian, cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat sama pentingnya dengan menghalau jerawat itu sendiri.

Tapi kenapa sih felk hitam bekas jerawat ini bisa muncul?

Saat jerawat muncul di kulit, itu artinya sedang terjadi peradangan. Jerawat kemudian akan hilang dan sel-sel kulit baru akan terbentuk. Namun nggak menutup kemungkinan sel baru tersebut mengandung terlalu banyak melanin. Apakah kamu tahu melanin? Ya, melanin adalah pigmen berwarna gelap pada kulit.

Saat melanin muncul dalam jumlah berlebih, maka kulit akan jadi lebih gelap. Inilah yang disebut hipermigmentasi pasca inflamasi. Bentuknya berupa flek-flek hitam yang ada di wajah. Sayang banget kan kalau wajah kamu yang mulus dan putih masih terdapat bintik hitamnya? Nah, untuk kamu, Diadona sudah rangkumkan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa kamu coba. yuk disimak!

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat © Diadona

Ternyata apa yang kamu lakukan terhadap jerawat selama dia muncul, berpengaruh banget lho terhadap bekasnya nanti. Semakin kamu membuat jerawat meradang, maka peluang untuk hiperpigmentasi semakin besar. Makanya, jangan memencet jerawat.

Walaupun flek ini bisa ditutup dengan make up, tapi tetep saja nggak pede kan? Kamu tentu pengen kulit cerah merata walau tanpa make up. Berikut cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang bisa kamu coba untuk menghadirkan kulit wajah sesuai impian :

Ekstrak Kedelai

Dikutip dari Self, ekstrak kedelai yang terbuat dari tanaman kedelai telah terbukti mampu mencerahkan kulit, kata Joshusa Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di RS Mount Sinai, NY.

Bahan ini sudah umum ditemukan dalam banyak produk pencerah kulit. Kedelai bekerja sebagai pengobatan bintik hitam dengan mencegah melanin memasuki lapisan atas kulit, dan secara lebih lanjut sebagai cara menghilangkan flek hitam.

Sunblock

Apapun cara yang kamu lakukan untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat, sellau awali dengan menggunakan sunblock ya!

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel secara Alami

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat dengan Serum Vitamin C © Diadona


Mengobati bekas jerawat yang berbentuk flek dan bopeng bekas jerawat, punya cara yang berbeda. Bopeng bekas jerawat bisanya cenderung akan tetap terlihat, walaupun akan memudar seiring waktu.

Sedangkan flek bekas jerawat tetap membuat kulit wajah kamu rata, hanya kerusakan jangka panjang pada sel-sel kulit, pori-pori maupun folikel. Ini lho cara menghilangkan flek hitam dari bahan-bahan alami.

Lidah Buaya

Serat lidah buaya mengandung senyawa bernama aloesin yang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Aloesin bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat karena bisa mengurangi kelebihan produksi melanin, pigmen gelap yang membuat bekas jerawat lebih terlihat. Semakin dini kamu merawat bekas jerawat dengan lidah biaya ini, maka akan semakin baik hasilnya.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan lidah biaya bisa dengan memanen gel yang pada daging buah. Biar tak selalu repot, ambil gel dalam jumlah banyak dan letakkan di toples kaca. Simapn di kulkas untuk memberikan efek dingin tambahan yang menyegarkan.

Vitamin C

Vitamin C bisa membantu mencerahkan kulit dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata. Dalam urusan cara menghilangkan felk hitam bekas jerawat, vitamin C bakalan mencerahkan bercak yang lebih gelap tersebut.

Vitamin C juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang membantu melawan radikal bebas dan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

Buat menghilangan flek hitam, vitamin C boleh dikonsumsi atau dipakai dalam bentuk serum atau masker. Namun, penting untuk memastikan bahwa produk yang digunakan memiliki konsentrasi vitamin C yang cukup dan stabil untuk memberikan hasil yang optimal.

Untuk cara yang alami, boleh nggak sih menggunakan bahan-bahan berkadar vitamin C tinggi dan diaplikasi langsung ke kulit?

Dilansir dari Allure, hal tersebut sebaiknya kamu hindari ya!

Menggunakan bahan-bahan berkadar asam tinggi secara langsung ke kulit bisa menyebabkn iritasi. Untuk solusi yang lebh aman, gunakan vitamin C dalam produk kecantikan karena kadarnya telah disesuaikan dengan kebutuhan kulit

Namun nggak ada salahnya untuk konsumsi makanan tinggi vitamin C untuk kesehatan tubuh secara umum.

Snail Mucin atau Lendir Siput

Membayangkannya saja mungin udah bikin kamu geli, ya kan? namun kamu bisa mendapatkan manfaat dari bahan ini dari dalam skincare,

Snail mucin merupakan sumber protein, peptida antimikroba, asam hialuronat, dan asam glikolat yang berguna mempercepat proses penyembuhan jerawat dan mengobati peradangan. Kandungan asam glikolat berperan meregenerasi sel sehingga bisa jadi cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang ampuh.

Nggak, kamu nggak perlu mencari siput untuk diambil lendirnya kok karean ada beberapa produk terkemuka dengan kandungan bahan ini.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat © Diadona

Setelah jerawat musnah dari wajah, sering kali kamu dihadapkan dengan flek hitam bekas jerawat yang lebih menyebalkan. Kenapa? Karena meskipun flek hitam ini bisa ditutup dengan make up, tapi keberadaannya tetap saja menganggu.

Setelah peradangan karena jerawat, kulit kamu bakalan membentuk sel kulit baru. Mungkin saja sel baru tersebut punya kandungan melanin yang tinggi, makanya muncul bekas jerawat berubah flek flek hitam.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat bisa dilakukan dengan mengikis lapisan terluar kulit wajah kamu.

Chemical Peeling

Peeling dilakukan dengan mengangkat sel-sel kulit lapisan luar yang sudah mati dan rusak, sehingga kulit yang bersih dan sehat akan terlihat di permukaan wajah. Selain itu, peeling kimia juga merangsang respon alami tubuh untuk memproduksi kolagen yang dapat membantu mengikis bekas luka.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan chemical peeling ini dianggap lebih baik daripada peeling fisik. Berikut ini daftar kandungan dalam skincare untuk peeling kulit kamu :

Alpha Hidroxy Acid (AHA)

Alpha Hydroxy Acid (AHA) adalah kelompok asam yang biasa digunakan dalam produk perawatan kulit. AHA berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit.

Dalam cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat, AHA dapat membantu mengatasi masalah ini dengan mengangkat lapisan atas kulit dan mempercepat proses regenerasi sel kulit baru.

Tapi, jangan lupa untuk mengikuti petunjuk penggunaan dan melakukan tes patch terlebih dahulu untuk menghindari iritasi atau reaksi alergi, ya!

Retinol

Kamu bisa mengaplikasikan cara menghilangkan flek hitam dengan pemakaian retinol. Retinol merupakan salah satu bentuk vitamin A dan sudah umum terdapat dalam berbagai produk kecantikan. Bahan ini membantu sel-sel dalam pergantian kulit, membantu menghindari pori-pori tersumbat dan menjegah jerawat serta komedo.

Meskipun cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat nantinya membutuhkan proses yang lama, namun kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain dari vitamin A berupa kulit yang terlihat lebih kencang dan halus. Retinol sudah umum ada dalam kandungan berbagai produk kecantikan dengan klaim mencegah penuaan dini.

Kamu sudah memasukkan retinol dalam skin care routine mu kan?

Retinoid

Sata lagi jerawat, mengoleskan retinoid disebut mambu membuka pori-pori yang tersumbat, sehingga memungkinkan krim dan gel obat lainnya bekerja lebih baik. Retinoid juga mengurangi jerawat dengan dengan mencegah sel-sel mati menyumbat pori-pori. Dengan demikian, retinoid juga bsia dibilang bisa mengurangi pembentukan bekas jerawat lho!

BHA

BHA dikenal juga dengan sebutan asam salisilat. Sebagai peeling, BHA akan mengelupas lapisan permukaan kulit secara mendalam dengan cara memecah ikatan-ikatan selnya. Setelah terkelupas, lapisan kulit dengan flek hitam akan akan teregenerasi sehingga nampak sehat.

Setelah menggunakan BHA, jangan lupa pakai pelembab ya!

PHA

Selain ketiga bahan di atas, ada lagi nih senyawa PHA yang nggak cuman sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat, tapi punya banyak manfaat lain untuk kulit. Mulai dari memperbiki tekstur kulit,juga menghidrasi kulit serta mengurangi tanda penuaan.

PHA juga berpotensi sebagai fasilitator bahan aktif lain yang diaplikasikan pada kulit.

Alpha Arbutin

Melansir dari Hello Sehat, Alpha Arbutin merupakan zat turunan yang dibuat dari hydroquinone. Bisa dibilang kandungan ini merupakan versi sintetik dari hydroquinone, namun lebih aman dan punya risiko iritasi yang lebih kecil.

Alpha arbutin bisa menghilangkan bekas jerawat dengan menghambat produksi melanin berlebih. 

Niacinamide

Bahan skincare ini populer banget di tahun lalu karena manfaatnya yang oke buat kulit.Dalam hal menghilangan bekas jerawat, beberapa studi menemukan peran niacinamide menghilangkan bintik-bintik atau noda hitam di kulit karena membantu meningkatkan produksi kolagen.

Jangan lupakan peran niacinamide ini untuk mengatasi jerawat, memperlambat penuaan dan juga melembabkan kulit.

Klik untuk lihat daftar rekomendasi produk berbahan niacinamide.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam secara Alami dalam Waktu Singkat

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat © Diadona

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat mungkin akan memberikan hasil yang lama, namun tetap bisa hilang sepenuhnya. Kadang diperlukan waktu selama beberapa minggu hingga  bulan, tanpa perawatan apapun.

Tapi kalau kamu ingin yang cepat, kamu bisa mengimbanginya dengan berbagai perawatan. Ini lho cara-cara menghilangkan flek hitam secara alami dalam waktu singkat yang bisa kamu coba sendiri.

Asam Azelaic

Meskipun namanya tidak seperti bahan alami, tapi asam azelaic merupakan ekstrak alami dari gandum lho. Zat ini bisa mengatasi hiperpigmentasi dengan menghancurkan sel yang memproduksi melanin secara langsung.

Pada akhirnya, asam azelaic bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah kamu. Asam Azelaic bisa kamu temukan dengan resep dokter maupun telah tersedia dalam suspensi yang diproduksi oleh produk kecantikan.

Mikrodermabrasi

Meski punya fungsi yang sama dengan peeling yakni mengangkat lapisan kulit mati, mikrodermabrasi menggunakan prosedur non-chemical dan non-invasif dengan menggunakan butiran kristal berukuran mikro.

Hasilnya, kulit bagian dalam yang lebih sehat dan muda akan muncul di permukaan wajah. Prosedur ini juga mendorong produksi sel-sel kulit baru dengan kadar kolagen dan elastin yang lebih tinggi, sehingga sebagai cara menghilangkan flek hitam.

Laser

Perawatan ini menargetkan langsung bintik hitam di wajah dengan membakarnya tepat di titik, tanpa merusak kulit yang ada di sekelilingnya. Kok bisa? Karena sel kulit sehat tidak memiliki pigmen gelap sehingga tidak akan terserap dan menyerap energi laser.

Dalam beberapa waktu setelah perawatan, bintik hitam di wajah akan mengelupas seperti bubuk kopi di wajah, dan lebih lanjut bisa sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah. Perawatan dengan laser tidak disarankan untuk mereka yang berkulit sensitif dan berwarna gelap.

Treatment IPL

Kalau kamu butuh banget cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat secara cepat, jangan ragu untuk merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan perawatan IPL atau Intense Pulsed Light.

IPL bekerja dengan menggunakan energi cahaya menargetkan bintik hitam yang jadi sasaran.

Car amenghilangkan felk hitam bekas jerawat memang akan memerlukan waktu lama, namun dengan bantuan bahan skincare di atas tentu nambah bonus kulit jadi nampak sehat dan terawat.

Beri Komentar