11 Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Yang Membandel secara Alami dalam Waktu Singkat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 29 Desember 2019 06:12
11 Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Yang Membandel secara Alami dalam Waktu Singkat
Setelah berperang dengan jerawat, kamu masih harus menyisihkan tenaga dan perawatan ekstra untuk bekasnya yang hilang.

Setiap kali kamu punya jerawat, kamu pasti pengen si jerawat itu cepet-cepet pergi deh dari wajah kamu. Sayangnya begitu hilang, jerawat malah meninggalkan bekas luka berwarna hitam berebntuk seperti flek. Walaupun hal ini udah biasa banget, tapi tetap saja mengganggu.

Saat jerawat muncul di kulit, itu artinya sedang terjadi peradangan. Jerawat kemudian akan hilang dan sel-sel kulit baru akan terbentuk. Namun nggak menutup kemungkinan sel baru tersebut mengandung terlalu banyak melanin. Tahu melanin kan? Ya, melanin adalah pigmen berwarna gelap pada kulit.

Saat melanin muncul dalam jumlah berlebih, maka kulit akan jadi lebih gelap. Inilah yang disebut hipermigmentasi pasca inflamasi. Bentuknya berupa flek-flek hitam yang ada di wajah. Sayang banget kan kalau wajah kamu yang mulus dan putih masih terdapat bintik hitamnya? Nah, untuk kamu, Diadona sudah rangkumkan 11 cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa kamu coba. yuk disimak!

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

 Ilustrasi KedelaiIlustrasi Kedelai © 2019 https://www.diadona.idJing@pixabay

Ternyata apa yang kamu lakukan terhadap jerawat selama dia muncul, berpengaruh banget lho terhadap bekasnya nanti. Semakin kamu membuat jerawat meradang, maka peluang untuk hiperpigmentasi semakin besar. Makanya, jangan memencet jerawat.

Walaupun flek ini bisa ditutup dengan make up, tapi tetep saja nggak pede kan? Kamu tentu pengen kulit cerah merata walau tanpa make up. Berikut cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang bisa kamu coba untuk menghadirkan kulit wajah sesuai impian.

Retinol

Kamu bisa mengaplikasikan cara menghilangkan flek hitam dengan pemakaian retinol. Retinol merupakan salah satu bentuk vitamin A dan sudah umum terdapat dalam berbagai produk kecantikan. Bahan ini membantu sel-sel dalam pergantian kulit, membantu menghindari pori-pori tersumbat dan menjegah jerawat serta komedo.

Meskipun cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat nantinya membutuhkan proses yang lama, namun kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain dari vitamin A berupa kulit yang terlihat lebih kencang dan halus. Retinol sudah umum ada dalam kandungan berbagai produk kecantikan dengan klaim mencegah penuaan dini.

Kedelai

Dikutip dari Self, ekstrak kedelai yang terbuat dari tanaman kedelai telah terbukti mampu mencerahkan kulit, kata Joshusa Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di RS Mount Sinai, NY. Bahan ini sudah umum ditemukan dalam banyak produk pencerah kulit. Kedelai bekerja sebagai pengobatan bintik hitam dengan mencegah melanin memasuki lapisan atas kulit, dan secara lebih lanjut sebagai cara menghilangkan flek hitam.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel secara Alami

 Ilustrasi Jeruk NipisIlustrasi Jeruk Nipis © 2019 https://www.diadona.id/@pexels


Mengobati bekas jerawat yang berbentuk flek dan bopeng bekas jerawat, punya cara yang berbeda. Bopeng bisanya cenderung akan tetap terlihat, walaupun akan memudar seiring waktu. Sedangkan flek bekas jerawat tetap membuat kulit wajah kamu rata, hanya kerusakan jangka panjang pada sel-sel kulit, pori-pori maupun folikel. Ini lho cara menghilangkan flek hitam dari bahan-bahan alami.

Jeruk Nipis

Kandungan senyawa aliami Alpha Hidroxy Acid (AHA) yang ada di dalam jeruk nipis diklaim mampu menghilangkan bekas jerawat, mengikis sel kulit mati dan membuat kulit jadi lebih halus. Bahan ini dapat mengatasi berbagai masalah kulit dengan mudah. Karena itu, AHA umum ditemukan dalam banyak produk perawatan wajah dan termasuk dalam cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Lidah Buaya

Serat lidah buaya mengandung senyawa bernama aloesin yang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Aloesin bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat karena bisa mengurangi kelebihan produksi melanin, pigmen gelap yang membuat bekas jerawat lebih terlihat. Semakin dini kamu merawat bekas jerawat dengan lidah biaya ini, maka akan semakin baik hasilnya.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan lidah biaya bisa dengan memanen gel yang pada daging buah. Biar tak selalu repot, ambil gel dalam jumlah banyak dan letakkan di toples kaca. Simapn di kulkas untuk memberikan efek dingin tambahan yang menyegarkan.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

 Ilustrasi Perawatan WajahIlustrasi Perawatan Wajah © 2019 https://www.diadona.id/@pexels

Setelah jerawat musnah dari wajah, sering kali kamu dihadapkan dengan flek hitam bekas jerawat yang lebih menyebalkan. Kenapa? Karena meskipun flek hitam ini bisa ditutup dengan make up, tapi keberadaannya tetap saja menganggu.

Setelah peradangan karena jerawat, kulit kamu bakalan membentuk sel kulit baru. Mungkin saja sel baru tersebut punya kandungan melanin yang tinggi, makanya muncul bekas jerawat berubah flek flek hitam. Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat bisa dilakukan dengan mengikis lapisan terluar kulit wajah kamu.

Vitamin C

Banyak studi menyebut vitamin C sudah terbukti menurunkan pembentukan melanin yang jadi pemicu flek hitam. Salah satu sumber vitamin C yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat yakni buah lemon.

Chemical Peeling

Peeling dilakukan dengan mengangkat sel-sel kulit lapisan luar yang sudah mati dan rusak, sehingga kulit yang bersih dan sehat akan terlihat di permukaan wajah. Selain itu, peeling kimia juga merangsang respon alami tubuh untuk memproduksi kolagen yang dapat membantu mengikis bekas luka. Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan chemical peeling ini dianggap lebih baik daripada peeling fisik.

Mikrodermabrasi

Meski punya fungsi yang sama dengan peeling yakni mengangkat lapisan kulit mati, mikrodermabrasi menggunakan prosedur non-chemical dan non-invasif dengan menggunakan butiran kristal berukuran mikro. Hasilnya, kulit bagian dalam yang lebih sehat dan muda akan muncul di permukaan wajah. Prosedur ini juga mendorong produksi sel-sel kulit baru dengan kadar kolagen dan elastin yang lebih tinggi, sehingga sebagai cara menghilangkan flek hitam.

Laser

Perawatan ini menargetkan langsung bintik hitam di wajah dengan membakarnya tepat di titik, tanpa merusak kulit yang ada di sekelilingnya. Kok bisa? Karena sel kulit sehat tidak memiliki pigmen gelap sehingga tidak akan terserap dan menyerap energi laser. Dalam beberapa waktu setelah perawatan, bintik hitam di wajah akan mengelupas seperti bubuk kopi di wajah, dan lebih lanjut bisa sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah. Perawatan dengan laser tidak disarankan untuk mereka yang berkulit sensitif dan berwarna gelap.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam secara Alami dalam Waktu Singkat

 Ilustrasi Cuka ApelIlustrasi Cuka Apel © 2019 https://www.diadona.id

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat mungkin akan memberikan hasil yang lama, namun tetap bisa hilang sepenuhnya. Kadang diperlukan waktu selama beberapa minggu hingga  bulan, tanpa perawatan apapun. Tapi kalau kamu ingin yang cepat, kamu bisa mengimbanginya dengan berbagai perawatan. Ini lho cara-cara menghilangkan flek hitam secara alami dalam waktu singkat yang bisa kamu coba sendiri.

Asam Azelaic

Meskipun namanya tidak seperti bahan alami, tapi asam azelaic merupakan ekstrak alami dari gandum lho. Zat ini bisa mengatasi hiperpigmentasi dengan menghancurkan sel yang memproduksi melanin secara langsung. Pada akhirnya, asam azelaic bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah kamu. Asam Azelaic bisa kamu temukan dengan resep dokter maupun telah tersedia dalam suspensi yang diproduksi oleh produk kecantikan.

Beri Komentar