Mengenal Kandungan Alpha Arbutin pada Skincare, Diklaim Jago Samarkan Bekas Jerawat!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 18 Februari 2022 18:15
Mengenal Kandungan Alpha Arbutin pada Skincare, Diklaim Jago Samarkan Bekas Jerawat!
Emang apa aja sih manfaatnya?

Belakangan ini, produsen skincare mulai banyak melakukan perkembangan pada produk buatan mereka. Ada beberapa kandungan baru yang berhasil ditemukan, biasanya menjadi alternatif yang lebih aman dari kandungan-kandungan yang sudah ada sebelumnya.

Salah satu yang paling populer belakangan ini adalah Alpha Arbutin atau yang biasa dituliskan dengan α-arbutin. Melansir dari Hello Sehat, Alpha Arbutin merupakan zat turunan yang dibuat dari hydroquinone. Bisa dibilang kandungan ini merupakan versi sintetik dari hydroquinone.

1 dari 5 halaman

Secara alami, kandungan Alpha Arbutin bisa ditemukan pada tanaman dan buah-buahan, seperti bearberry, blueberry, cranberry, kulit pir, serta gandum. Zat ini merupakan salah satu bentuk dari zat yang disebut arbutinn, fungsinya pun sama-sama untuk mencerahkan kulit.

Namun, Alpha Arbutin memiliki kandungan yang lebih stabil dan efektif dibanding arbutin biasa atau turunan lainnya. Lantas, apa saja manfaat Alpha Arbutin untuk kulit? Simak ulasan selengkapnya ya!

2 dari 5 halaman

1. Bikin kulit cerah tanpa menimbulkan iritasi

Ilustrasi Kulit Cerah © Diadona

Alpha Arbutin diklaim bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah dengan cara memperlambat produksi tirosinase. Tirosinase merupakan enzim yang terkandung dalam melanosit (sel yang memproduksi melanin), yang bisa mempengaruhi warna kulit seseorang.

Tirosinase akan meningkat jika kulit terpapar sinar UV, membuat jumlah melanin bertambah banyak dan menjadikan kulit tampak gelap dan kusam. Nah, Alpha Arbutin bekerja dengan memperlambat produksi tirosinase agar melanin yang dihasilkan lebih sedikit. Dengan demikian, kulit akan terlihat lebih cerah tanpa meninggalkan efek kering dan iritasi.

3 dari 5 halaman

2. Mengurangi hiperpigmentasi dan flek hitam

Ilustrasi Hiperpigmentasi © Diadona

Berdasarkan sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Investigative Dermatology, penggunaan Alpha Arbutin selama 12 minggu menunjukkan perubahan yang drastis pada kulit. Hiperpigmentasi yang ditandai dengan munculnya flek hitam akan memudar dengan penggunaan Alpha Arbutin secara rutin.

Penggunaan skincare dengan kandungan ini secara rutin bisa membuat wajah terlihat lebih cerah. Selain itu, warna kulit wajah juga akan merata.

4 dari 5 halaman

3. Memudarkan bekas jerawat

Ilustrasi Wajah Bebas Jerawat © Diadona

Bagi sebagian orang, jerawat akan meninggalkan bekas yang cokelat atau kehitaman pada kulit. Kondisi ini rupanya bisa diatasi dengan kandungan Alpha Arbutin.

Kandungan ini bisa menghilangkan bekas tersebut dengan menghambat produksi melanin berlebih. Alpha Arbutin merupakan bahan aktif yang memang bekerja untuk mencerahkan kulit dan membuat bercahaya.

5 dari 5 halaman

Secara umum, Alpha Arbutin memang tergolong sebagai bahan aktif. Namun, kandungan ini tergolong aman dan memiliki risiko iritasi yang lebih kecil daripada hydroquinone. Alpha Arbutin bisa digunakan bersamaan dengan Niacinamide dan Kojic Acid untuk membuat kulit tampak lebih cerah.

Beri Komentar