Fakta dan Mitos Soal Serum Vitamin C, Jangan sampai Salah Pakai ya!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 22 November 2022 16:15
Fakta dan Mitos Soal Serum Vitamin C, Jangan sampai Salah Pakai ya!
Kamu udah tahu aturan pakai yang bener nggak nih?

Serum vitamin C kini sedang jadi primadona di dunia skincare. Perpaduan antara vitamin C dengan sunscreen digadang-gadang bisa membuat kulit tampak mulus dan cerah.

Dengan pemakaian yang tepat, tentunya manfaat dari vitamin C bisa dirasakan oleh kulit. Tapi, apakah kamu sudah mempraktikkan aturan pakai yang benar selama ini? Melansir dari Careskinmedia, berikut cara yang bisa kamu ikuti.

1 dari 4 halaman

Mitos soal Vitamin C

Ilustrasi Serum Vitamin CIlustrasi Serum Vitamin C © shutterstock.com/

Seiring dengan viralnya produk yang satu ini, tentunya mulai bermunculan mitos soal penggunaannya. Biasanya, mitos soal Vitamin C berkutat pada cara penggunaannya.

Ada yang bilang Vitamin C hanya boleh dipakai pagi/malam hari saja, ada juga yang menyebutnya nggak boleh digabung dengan produk eksfoliasi. Selain itu, ada pula yang menganjurkannya untuk menganjurkan untuk memakainya tiap hari.

2 dari 4 halaman

Fakta soal penggunaan Vitamin C

Ilustrasi Serum Vitamin CIlustrasi Serum Vitamin C © shutterstock.com/

Faktanya, Vitamin C dapat digunakan baik pagi dan malam hari. Di pagi hari, Vitamin C akan berfungsi sebagai antioksidan dan photoprotector (pelindung dari sinar UV), sedangkan di malam hari akan bertindak sebagai brightening dan antioksidan.

Vitamin C sebenarnya juga bisa diformulasikan bersamaan dengan bahan eksfoliasi, tapi tentu perlu berhati-hati. Dengan perpaduan yang tepat, justru bisa menghasilkan efek brightening dan anti aging yang semakin kuat.

Untuk penggunaan harian, sebenarnya Vitamin C memang bisa dipakai setiap hari. Tapi bagi pemilik kulit sensitif, ada baiknya jika penggunaannya dijeda untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya iritasi.

3 dari 4 halaman

Panduan penggunaan Vitamin C sesuai jenis kulit

Ilustrasi Serum Vitamin CIlustrasi Serum Vitamin C © shutterstock.com/

Setiap jenis kulit akan memberikan respon berbeda terhadap penggunaan Vitamin C. Itulah sebabnya, ada aturan berbeda yang perlu diterapkan pada masing-masing jenis kulit.

Untuk pemula, kamu bisa menggunakan 2-3 kali dalam seminggu. Kamu bisa meningkatkan intensitas penggunaan vitamin C sesuai kebutuhan kulit.

Bagi pemilik kulit berminyak, vitamin C bisa digunakan setiap hari baik pagi atau malam. Sedangkan untuk kulit kombinasi, bisa digunakan setiap hari atau selang-seling.

Lantas, gimana untuk jenis kulit kering dan jenis kulit sensitif? Dua jenis kulit ini bisa diberi Vitamin C kira-kira 2-3 kali dalam seminggu, untuk meminimalisir timbulnya iritasi.

Beri Komentar