24 Tips Membuat Kamar Aesthetic ala Pinterest untuk Kamu yang Ber-budget Mepet

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 24 Oktober 2023 15:16
24 Tips Membuat Kamar Aesthetic ala Pinterest untuk Kamu yang Ber-budget Mepet
Memasang tanaman merambat atau cermin yang merefleksikan seluruh ruangan adalah tips sederhana buat bikin kamar kamu jadi aesthetic!

Saat ini, kamar nggak cuman harus nyaman tapi sebisa mungkin juga harus aesthetic. Kamar aesthetic impian nggak cuma karena enak dipandang, tetapi juga bikin betah. Kamar aesthetic nggak juga bisa memenuhi kebutuhan foto OOTD kamu lho!

Nggak perlu mahal kok, kamu bisa menata kamar kamu agar aesthetic sesuai dengan budget atau hanya dengan menerapkan tips mudah berikut ini. Dikutip dari My Dopamine, berikut ini tips membuat kamar aesthetic ala Pinterest.

 

1 dari 6 halaman

1. Cat Dinding Kamarmu dengan Warna Yang Cantik

Warna Favorit pada Kamar Aesthetic © Diadona

Salah satu cara tercepat untuk memperbaiki ruanganmu adalah dengan mewarnai dindingnya dengan warna yang baru. Kamu bisa menggunakan warna cat yang cantik dan enak dipandang seperti kuning pucat, merah muda, dan biru muda.

2. Koleksi Barang yang Kamu Sukai

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Koleksi Barang yang Kamu Sukai © Diadona

Kaitlin Spring, ahli desain interior sekaligus pemilik Yin and Yang Vintage menyebutkan bahwa saat kamu mendekorasi kamar aesthetic, penting untuk mengikuti keinginan dan menggunakan barang-barang yang kamu sukai juga.

Hal ini bisa bikin kamu lebih senang dan nyaman saat ada di ruangan itu. Oleh karena itu, daripada menggunakan dekorasi yang universal, kamu bisa menggunakan barang yang kamu sukai.

3. Hias dengan Tanaman Rambat

Tips Membuat Kamar jadi Aesthetic - Hias dengan Tanaman Rambat © Diadona

Kalau kamu ingin merasa tinggal dalam cerita fiksi kesukaanmu, kamu bisa menggantung tanaman rambat di sudut ruangan yang masih kosong. Aksen romantis ini merupakan pokok dari ruangan yang aesthetic.

Nggak harus pintar merawat tanaman kok, ada banyak pilihan tanaman indoor merambat yang murah meriah dan perawatan yang mudah.

2 dari 6 halaman

4. Atur Suasana Menggunakan Sunset Lamp

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Sunset Lamp © Diadona

Sunset lamp merupakan salah satu benda yang lagi populer. Selain bikin kamar kamu terlihat aesthetic, penggunaan lampu ini juga bikin kamarmu lebih cantik saat difoto. Kamu bisa mengarahkan lampu ini ke dinding kamarmu agar dapat memproyeksikan pancaran cahaya matahari dan menghasilkan cincin oranye, kuning, merah muda, atau biru.

5. Ubah Kenangan Menjadi Hiasan

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Ubah Kenangan Menjadi Hiasan © Diadona

Salah satu keunggulan dekorasi ini adalah harganya yang ramah pada kantong. Kamu nggak perlu menggunakan lukisan seni yang mahal karena kamu bisa menggantinya dengan kenangan favorit kamu! Misalnya dengan memajang fotomu dengan pasangan atau keluarga kamu.

Selain itu, kalau kamu suka menggambar, kamu bisa memajang hasil karyamu di ruanganmu.

6. Gantung Bola Disko di Tempat Yang Paling Tidak Kamu Duga

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Gantung Bola Disko di Tempat Yang Paling Tidak Kamu Duga © Diadona

Menggunakan bola disko bakal bikin kamarmu terlihat lebih retro. Selain itu, penggunaan bola disko juga bisa memantulkan gemerlapnya ke setiap sudut ruangan.

Jadi, letakkan bola disko kamu di tempat yang nggak pernah kamu kira, seperti di atas tumpukan buku atau digantung di lampu lantai.

3 dari 6 halaman

7. Mix Dan Match Beberapa Lampu Yang Berbeda

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Mix Dan Match Beberapa Lampu Yang Berbeda © Diadona

Pencahayaan yang berlapis bakal ngasih gaya klasik pada ruangan kamu. Kamu bisa menggunakan lampu meja dan lampu lantai. Selain itu, kamu juga bisa menghidupkan suasana dengan menambahkan sunset lamp.

8. Biarkan Postermu Tergantung Tanpa Bingkai

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Biarkan Postermu Tergantung Tanpa Bingkai © Diadona

Meskipun menggantung bingkai foto merupakan salah satu hal yang klasik, tetapi pada ruangan aesthetic umumnya hanya menggantungkan poster kesukaanmu pada dinding. Kamu bisa menempelkannya menggunakan double tape atau stiker dinding berbentuk lingkaran.

Ini juga lebih budget friendly daripada harus membeli pigura.Jadi, daripada kamu membuat ruanganmu seperti pameran seni yang formal, kamu bisa bikin dinding ruangan menjadi kanvas itu sendiri.

9. Letakkan Kasur Pada Sudut Ruangan

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Tempatkan Kasur di Sudut Ruangan © Diadona

Biasanya ruangan yang aesthetic nggak menggunakan layout yang universal, tetapi ada satu pilihan pasti yang terkenal dan bisa kamu gunakan untuk kamar tidurmu, yakni letakkan kasurmu pada sudut ruangan.

Kamu bisa meletakkan kasurmu dekat dengan dinding agar kamu bisa menghias sudut-sudut dinding tersebut dan bikin ruanganmu lebih nyaman sekaligus membuatnya terasa didekorasi secara menyeluruh.

4 dari 6 halaman

10. Gunakan Barang Yang Memantulkan Refleksi

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Gunakan Barang Yang Memantulkan Refleksi © Diadona

Ini merupakan salah satu cara untuk bikin kamar tidurmu terlihat lebih magical dan berkilau. Kamu bisa menambahkan bola disko atau prisma kristal untuk bermain dengan cahaya atau sesederhana tambahkan cermin besar.

Barang-barang ini akan memantulkan cahaya dan warna di sekitar ruangan, membuat ruangan kamu lebih shiny.

11. Buat Headboard DIY

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Buat Headboard DIY © Diadona

Tahu kah kamu kalau dengan sedikit melakukan perubahan pada headboard, kamar tidur kamu akan tampil sangat berbeda?

Kamu bisa memajang gambar favorit kamu pada headboard kasurmu juga. Kamu bisa melepas sandaran asli tidurmu kemudian lapisi belakang tempat tidur kamu dengan gambar. Benefit dari DIY ini adalah kamu bisa menggantinya kapan saja.

12. Gunakan String Lights

Tips Membuat Kamar Aesthetic - String Light © Diadona

Salah satu lampu yang mudah dipasang dan nggak terlalu mahal adalah string lights. Kamu bisa menggantung lampu ini di langit-langit kamarmu untuk menyoroti ruanganmu dan bikin kamar tidurmu terlihat lebih istimewa.

13. Maksimalkan Setiap Sudut Kamar Kamu

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Maksimalkan Setiap Sudut Kamar Kamu © Diadona

Hiasan dinding kamar kamu nggak harus selalu ada di setiap bagian. Kamu bisa memaksimalkannya pada sudut kamar kamu sehingga kamu bisa menghias dua dinding dengan cara yang menarik.

5 dari 6 halaman

14. Gunakan Warna Favoritmu

Warna Favorit pada Kamar Aesthetic © Diadona

Meskipun kamu memiliki banyak warna favorit, kamu perlu memilih beberapa warna yang dapat dijadikan dari inti dekorasi kamarmu. Dengan menggunakan warna yang nggak terlalu banyak, kamar kamu tetap terlihat aesthetic sekaligus bersih.

15. Rak untuk Memajang Koleksimu 

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Rak untuk Memajang Koleksimu © Diadona

Kalau kamu suka mengoleksi barang atau suka membuat kerajinan, tentunya kamu memerlukan tempat untuk memamerkannya. Nggak hanya lebih rapi, tapi menatanya dengan apik akan sangat membuat kamar kamu jadi aesthetic.

16. Berikan Tema pada Hiasan Dinding

Berikan Tema pada Hiasan Dinding © Diadona

Membuat galeri dinding memang susah, tetapi kamu bisa menentukan tema agar memudahkannya. Tentunya, kamu harus selalu berpegangan dengan tema tersebut agar tidak kesulitan dalam menghias kamarmu.

6 dari 6 halaman

17. Pasang Rak di Atas Tempat Tidur

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Rak di Atas Tempat Tidur © Diadona

Pemasangan rak ini bisa kamu pakai untuk memajang buku atau album favorit kamu. Tentunya hal ini juga berguna sebagai tempat  penyimpanan. Tambahan rak juga bisa menambah estetika kamarmu.

18. Pasang Poster yang Cantik

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Pasang Poster yang Cantik © Diadona

Nggak cuma poster dari artis favorit kamu yang bisa dipajang, kamu juga bisa memajang poster cantik yang sesuai dengan tema dekorasi kamarmu. Kamu bisa mencarinya di internet kemudian mencetaknya. Ukuran yang digunakan untuk tempelan dinding biasanya A4, A5, dan A6.

19. Isolasi dengan Warna Ceria

Hiasan dinding yang nggak pakai bingkai tentu saja perlu sesuatu untuk menempelkannya. Oleh karena itu, kamu bisa membeli washi tape dengan gambar yang menarik agar kamarmu terlihat lebih cantik.

20. Isi Space Kosong dengan Tanaman

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Isi Space Kosong dengan Tanaman © Diadona

Selain tanaman palsu, kamu bisa menggunakan tanaman asli untuk mendekorasi kamar tidurmu. Ragam tanaman hijau ini akan mengikuti tren tanpa menirunya secara langsung.

21. Koleksi Benda yang Punya Sejarah

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Koleksi Benda yang Punya Sejarah © Diadona

Barang yang trendi dan kekinian memang selalu menggoda, tetapi coba untuk mengoleksi barang antik yang ada di thrift store. Biasanya kamu bakal menemukan barang-barang unik yang nggak ada pada barang trendi.

22. Berikan Suasana yang Nyaman di Akhir

Pada akhirnya, sentuhan terakhir menentukan segalanya. Setelah kamu melengkapi perabotan hingga dekorasi kamarmu, kamu bisa melengkapinya dengan barang-barang yang bikin kamu nyaman, seperti vas bunga atau lilin aromaterapi.

23. Jadikan Ruangan itu Milikmu

Tips Membuat Kamar Aesthetic - Jadikan Ruangan itu Milikmu © Diadona

Pada akhirnya, orang yang menempati kamar itu adalah kamu. Jadi, meskipun kamar aesthetic terlihat cantik, tetapi selama itu tidak sesuai dengan seleramu kamu boleh menggantikannya dengan hal lain yang bikin kamu lebih senang. 

24. Nggak Perlu Terburu-buru Saat Mendekorasi

Mendekorasi kamar bukanlah hal yang mudah, ini bisa memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, kamu nggak perlu terburu-buru saat sedang menghias. Kamu dapat melakukannya satu per satu dan nggak harus langsung semuanya kamu kerjakan pada hari itu. 

Terlihat sangat rapi dan bersih, ternyata kamar aesthetic nggak memerlukan biaya yang besar saat mendekorasinya. Nah, kira-kira Diazens mau menambahkan elemen apa nih buat menghias kamar tidur kamu?

 Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar