Tips Buat Suasana Rumah Selalu Sejuk, Bebas Gerah, dan Gak Boros Listrik!

Reporter : Hevy Zil Umami
Kamis, 26 November 2020 16:56
Tips Buat Suasana Rumah Selalu Sejuk, Bebas Gerah, dan Gak Boros Listrik!
Suasana rumah yang sejuk dan bebas panas tentunya sangat cocok bagi masyarakat Indonesia.

Terutama yang tinggal di kota besar dan kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk melakukan pekerjaan dari rumah atau belajar jarak jauh.

Untuk memastikan udara di dalam rumah selalu sejuk, banyak orang memilih menggunakan AC atau Air Conditioner (AC). Namun, risiko selanjutnya adalah konsumsi listrik akan meningkat lebih dari sebelumnya dan menyebabkan pengeluaran membengkak. Ada cara lain yang bisa dilakukan tanpa harus bergantung pada AC setiap hari.

1 dari 6 halaman

1. Buka Pintu dan Jendela Secara Teratur

Ilustrasi Rumah Sejuk © Diadona

Kamu perlu memperhatikan bukaan yang cukup. Jika pintu rumah, kamar dan jendela sering ditutup, sama saja dengan mencegah masuknya udara. Untuk merasakan sejuk dan sejuknya udara, biarkan udara dari luar masuk ke dalam rumah mengalir secara alami.

Biasakan membuka pintu pada pagi, sore dan malam hari karena saat itu udara di luar sejuk. Sebaiknya hindari membuka pintu atau jendela pada hari-hari panas karena panas.

2 dari 6 halaman

2. Ventilasi Silang

Ilustrasi Rumah Sejuk © Diadona

Jendela dalam satu ruangan saja tidak cukup untuk merasakan udara sejuk. Untuk pertukaran udara yang tepat, perlu dilakukan ventilasi silang, minimal dengan dua jendela atau ventilasi yang saling berhadapan.

Selain itu, jangan meletakkan interior sembarangan agar sirkulasi udaranya lancar. Hindari menempatkan furnitur besar di dekat ventilasi udara.

3 dari 6 halaman

3. Gunakan Exhaust Fan

Ilustrasi Rumah Sejuk © Diadona

Untuk menghindari udara panas di dapur dan kamar mandi, penggunaan exhoaust fan wajib dilakukan. Selain kedua area tersebut, kamu juga bisa menggunakan exhaust fan di ruang tamu atau kamar tidur. Exhaust fan berfungsi untuk menyedot udara dalam ruangan untuk dibuang ke luar sekaligus menarik udara segar dari luar ke dalam ruangan. Selain itu, exhaust fan juga bisa mengatur volume udara yang akan disirkulasikan ke dalam ruangan.

4 dari 6 halaman

4. Kipas Angin

Tidur dengan Kipas Angin © Diadona

Kipas angin tetap menjadi andalan untuk merasakan udara sejuk dan menghilangkan panas. Harganya yang murah dan hemat listrik membuat kipas angin digemari masyarakat. Merek baru juga bermunculan dengan menawarkan model dan teknologi baru. Meski begitu, merek lama tetap bertahan karena sudah memiliki setiap pelanggan. Layaknya brand Jepang yang terkenal dengan 3 keunggulannya yaitu Super Comfortable, Super Safe, dan Super Stubborn.

Produsen peralatan rumah tangga berpengalaman ini memiliki slogan unik " Nikmati Kebahagiaan Hari Ini dengan Teknologi Perawatan Bumi.

Jika akan membeli kipas angin pastikan sudah mengetahui jenis kipas angin dan fungsinya agar tidak salah saat memilih. Karena banyak sekali tipe fans dengan kelebihannya masing-masing. Mulai dari kipas angin mini, kipas angin duduk, berdiri, dinding, gantung, AC, multifungsi hingga kipas baling-baling. Mumpung ada Indonesia Shopping Time, kamu bisa berburu kipas angin yang kamu mau.

5 dari 6 halaman

5. Perhatikan Bahan Sprei dan Sarung Bantal

Ilustrasi kasur Besar © Diadona

Demi kenyamanan tidurmu, hindari penggunaan kain dan sarung bantal sintetis, karena tidak dapat membuat kulit bernapas dengan leluasa dan meningkatkan suhu tubuh. Kami menganjurkan agar kamu menggunakan katun atau linen untuk seprai, penutup sofa, tirai, dan karpet. Bahan-bahan tersebut bisa menjaga kelembapan kulit akibat kepanasan.

6 dari 6 halaman

6. Perbanyak Tanaman di Sekitar Rumah

Ilustrasi Rumah Sejuk © Diadona

Untuk membuat rumah sejuk yang efektif dan hemat listrik adalah dengan menanam tanaman atau pohon di sekitar rumah. Namun, apa yang terjadi jika halaman beranda dibatasi? Solusinya, kamu bisa menanam tanaman merambat menggunakan pergola atau tanaman yang merambat di dinding. Selain menciptakan suasana sejuk, tanaman juga menyuplai oksigen bagi penghuninya.

Beri Komentar