Tips Menata Perabot Rumah Pada Ruang yang Panjang dan Sempit

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 28 Oktober 2020 11:15
Tips Menata Perabot Rumah Pada Ruang yang Panjang dan Sempit
Gak habis akal, ini lho cara jitunya!

Dilihat sekilas mata, mungkin sangat mudah ya Moms mengatur aneka perabot yang ada di rumah. Apalagi kalau Moms termasuk penggagas dan pehobi dalam dunia home-decor. Namun jangan salah, ternyata gak semudah apa yang dibayangkan lho saat menghadapi ruang yang panjang dan sempit.

Ya, kita mungkina kans angat kesulitan buat mengatur tata letak aneka perabot yang sudah kita beli. Gak mau dong pastinya berbagai barang yang sudah kita beli ternyata gak dipajang dalam ruangan. Hem, jadi sayang kan?

Jangan khawatir Moms, berikut ini telah Diadona ulas beberapa tips buat menata aneka perabot di rumah biar tercipta kombinasi yang teratur, seimbang, pas dan tentunya bernilai estetis. Melansir dari Arsitag pada Rabu (28/10/2020) berikut inii informasi selengkapnya.

 

1 dari 6 halaman

1. Area Sirkulasi Pada Satu Sisi

Menata Perabot Rumah © Diadona

Salah satu hal yang menyulitkan saat mengatur ruang dengan area yang sempit adalah menciptakan sirkulasi udara yang ideal. Oleh karena itu, hindari menempatkan kursi atau meja di area tersebut sehingga tidak mengurangi ruang gerak. Menempatkan pintu dan skylight memberikan kesan lapang dan menegaskan jalur sirkulasi dengan furnitur berada pada salah satu sisi ruang.

Tak hanya itu saja, Moms juga bisa memilih karpet dan meletakkannya pada tempat yang tepat untuk menegaskan area sirkulasi dan membiarkan orang berjalan di atasnya.

2 dari 6 halaman

2. Penataan Sudut

Menata Perabot Rumah © Diadona

Moms juga perlu untuk menata susunan sudut dengan ruang yang tersisa untuk area sirkulasi. Tentu, penempatan sudut ini memisahkan zona khusus ruang tamu dengan area sirkulsi sehingga orang tidak akan lalu-lalang di sekitarnya. Jendela panel kaca pada dinding juga memberikan sentuhan yang bagus di ruang sempit karena secara visual dapat mengubah bentuk ruang menjadi lebih lapang.

3 dari 6 halaman

3. Tegak Lurus

Menata Perabot Rumah © Diadona

Letak furnitur tegak lurus tentu akan menyesuaikan panjang ruangan, dengan ruangan yang tersisa untuk area sirkulasi membuat ruangan ini terlihat lapang. Penempatan dua kursi, tanaman dan lukisan di ujung ruangan membantu membatasi panjang ruangan sehingga ruangan ini tidak berkesan terlalu panjang dan membosankan.

4 dari 6 halaman

4. Tata Letak Miring

Menata Perabot Rumah © Diadona

Sebagai cara untuk mengurangi kesan seperti terowongan, cobalah penataan beberapa furnitur dengan sudut kemiringan tertentu. Penataan dengan cara ini dapat membatasi panjang ruangan sehingga tidak berkesan seperti lorong memanjang yang membosankan. Penempatan sofa dengan kemiringan tertentu pada satu sisi ruangan akan membuat ruangan tampak lebih lapang. Prinsip ini juga membantu membatasi area fungsional yang berbeda, lho Moms.

5 dari 6 halaman

5. Pilihan Meja yang Pas

Menata Perabot Rumah © Diadona

Mungkin Moms tidak memiliki ruang untuk meja bulat. Oleh karena itu, meja persegi panjang ini sangat cocok untuk ruang sempit sehingga Moms tidak akan menghabiskan banyak ruang. Bangku kecil, ottoman, meja kotak atau meja chow cocktail pendek adalah kombinasi yang sempurna untuk meja di ruang yang sempit. Perhatikan penggunaan bangku ottoman yang bisa sekaligus berfungsi sebagai meja. Ide ini sangat bagus untuk semua ruang kecil.

6 dari 6 halaman

6. Rak Tempel

Mengaplikasian penggunaan rak tempel bagian atas dinding Moms untuk memaksimalkan ruang lantai furnitur. Tempatkan rak-rak tempel yang cukup tinggi dan Moms dapat memanfaatkan ruang di bawahnya. Jika MOms perlu lemari atau rak penyimpanan biasa, tempatkanlah di ujung ruangan untuk mencegah kesan ruangan yang lebih sempit. Tetu, Moms bisa menempatkan kursi tufted khusus untuk bersantai atau membaca.

Nah, itulah tadi tisp untuk emnata perabot rumah pada ruang yang panjang dan sempit. Kini, ruang yang terkesan memanjang jadi terlihat lapang ya Moms. Semonga menginspirasi.

Beri Komentar