5 Tips dan Trik Merawat Lantai Rumah Sesuai Materialnya, Biar Awet dan Bersih Maksimal!

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 2 Oktober 2020 11:58
5 Tips dan Trik Merawat Lantai Rumah Sesuai Materialnya, Biar Awet dan Bersih Maksimal!
Merawat lantai rumah juga penting biar enggak lecet dan terjaga awet!

Memiliki hunian yang rapi dan bersih tentu menjadi dambaan semua orang ya Moms. Hal ini berkaitan erat dengan beberapa bagian yang rutin untuk dibersihkan. Lantai misalnya, elemen yang satu ini akan rutin dibersihkan dengan cara disapu atau dipel.

Namun, tak hanya terpaku pada cara membersihkannya saja Moms. Hal yang tak kalah penting adalah memperhatikan cara perawatannya agar tidak menimbulkan kerusakan dalam waktu dekat. Kini, telah banyak jenis material lantai yang digunakan saat membangun rumah. Ada yang menggunakan bahan ubin keramik, batu alam, parket kayu, dan lain sebagainya.

Nah, apapun itu material yang dipilih, alangkah lebih baiknya Moms melakukan perawatan yang benar. Berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa Moms lakukan untuk merawat lantai di rumah.

 

1 dari 5 halaman

1. Ubin Keramik

Lantai Rumah © Diadona

Pilihan ubin keramik memang paling banyak digunakan lanatran alasan perawatannya yang terbilang prakts. Dariis egi tampila pun ubin keramik juga tergolong elegan dan berkelas. Selain itu, cara membersihkannya juga tak membuat kebanyakan ibu-ibu kerepotan.

Namun perlu diperhatikan bahwa Moms perlu menyikat bagian sambungan atau net keramik. Bagian ini merupakan yang paling mudah terkena kotoran hingga ditumbuhi jamur. Jadi, pastikan bahwa Moms sesekali dalam kurun waktu tertentu rutin untuk menyikatnya.

2 dari 5 halaman

2. Batu Alam (Marmer atau Granit)

Lantai Rumah © Diadona

Untuk tampilan lantai rumah yang mewah dan berkelas, material batu alam memang sering hadi pilihan. Namun, lantaran sifat material ini yang berpori membuat Moms harus bekerja ekstra untuk merawatnya.

Pastikan material lantai dari batu alam baik granit atau marmer ini bebas dari genangan air. Jika tidak sengaja terkena tumpahan air, maka sesegera mungkin agar Moms mengeringkannya dengan kain pel. Tak hanya itu, lakukan coating berkala pada material batu alam ini untuk memberikan perlindungan tambahan pada lantai.

3 dari 5 halaman

3. Parket Kayu

Lantai Rumah © Diadona

Ketika Moms ingin membuat nuansa hangat dan homey, maka pilihan yang sangat tepat adalah denagn menggunakan bahan material lantai oarket kayu ini. Sama halnya dengan material batu alam, parket kayu juga rentan terhadap genangan air.

Air akan membuat matrerial parket kayu mudah rapuh, sehingga kalau tidak segera dibersihkan saat terkena noda atau air akan membuat lantai cepat menagalami kerusakan. Saat mengepel lantai, pastikan Moms menggunakan kain pel yang lembap dan tidak terlalu basah.

Lantai parket juga rentan terhadap permukaan yang tajam karena mudah tergores. Oleh karena itu, baiknya Moms memberikan karet pelindung tambahan pada semua perabot dan hindari memindahkan perabot dengan cara diseret atau didorong, melainkan diangkat, untuk menghindari lantai rumah tergores dan rusak.

4 dari 5 halaman

4. Vinyl

Lantai Vinyl © Diadona

Walau material vinyl memiliki tampilam hampir serupa dengan parket, vinyl diketahui memiliki daya tahan lebih bak dari air. Namun, Moms juga harus menghindari material lantai ini dari genangan air karena lem yang digunakan sebagai perekat pada permukaan lantai dapat rusak. Material lantai rumah ini juga serupa dengan parket, yaitu lemah terhadap permukaan tajam sehingga karet pelindung untuk furniture rumah.

5 dari 5 halaman

5. Karpet

Karpet Lantai © Diadona

Lantai rumah dari karpet memang sangat rentan terhadap bakteri dan jamur. Oleh karen itu, selalu pastikan karpet dalam keadaan kering dengan membersihkannya menggunakan vacum cleaner secara rutin.

Walau rumit, perawatan rutin terhadap lantai rumah sebenarnya adalah hal sederhana yang tak bisa danggap remah. Dengan perawatan yang baik dan benar, material lantai rumah tentu akan jadi lebih awet dan keindahannya tetap terjaga untuk menunjang tampilan interior rumah. Semoga menginspirasi ya Moms.

Beri Komentar