8 Tips Agar Kulkas Tidak Ada Bunga Es, Makin Rapi dan Indah Dipandang

Reporter : Arifina
Kamis, 16 Maret 2023 18:07
8 Tips Agar Kulkas Tidak Ada Bunga Es, Makin Rapi dan Indah Dipandang
Bye bye bunga es, kulkas makin indah dipandang deh!

Bunga es pada kulkas adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Selain membuat kulkas terlihat kotor dan tidak sedap dipandang, bunga es juga dapat mengganggu kinerja kulkas sehingga mempengaruhi efisiensi pendinginan dan membuat konsumsi listrik meningkat.

Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan pencegahan agar kulkas tidak terdapat bunga es. Berikut beberapa tips agar kulkas tidak ada bunga es yang dirangkum diadona.id dari berbagai sumber. Apa saja?

1 dari 8 halaman

Jangan Buka Pintu Kulkas Terlalu Sering

Tips Agar Kulkas Tidak Ada Bunga Es © Diadona

Setiap kali pintu kulkas dibuka, udara panas akan masuk ke dalam dan menyebabkan suhu di dalam kulkas meningkat. Kondisi ini justru akan menyebabkan pembentukan embun pada dinding dalam kulkas dan akhirnya menjadi bunga es.

Oleh karena itu, hindari membuka pintu kulkas terlalu sering dan pastikan untuk menutupnya dengan rapat setiap kali selesai mengambil barang ya! Hal ini juga berlaku untuk pintu freezer ya!

2 dari 8 halaman

Hindari Memasukkan Makanan atau Minuman Panas

Tips Agar Kulkas Tidak Ada Bunga Es © Diadona

Makanan panas  yang  dimasukkan ke dalam kulkas ternyata juga menjadi salah satu pemicu munculnya bunga es lho! Karenanya, hindari meletakkan makanan ataupun minuman yang terlalu panas di dalamnya.

Hal itu karena, makanan atau minuman panas dapat membuat suhu dalam kulkas akan meningkat. Karenanya, jika kita memiliki makanan atau minuman panas biarkan dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas ya!

3 dari 8 halaman

Jangan Menaruh Makanan Terlalu Dekat Dinding Kulkas

Tips Agar Kulkas Tidak Ada Bunga Es © Diadona

Menempatkan makanan terlalu dekat dengan dinding kulkas dapat menghalangi sirkulasi udara. Sehingga, hal tersebut menyebabkan suhu di dalam kulkas tidak merata.

Jika makanan terlalu mepet pada dinding kulkas maka akan memicu terbentuknya bunga es. Jadi, pastikan untuk menempatkan makanan dengan jarak yang cukup dari dinding kulkas.

4 dari 8 halaman

Perhatikan Suhu Kulkas

Tips Agar Kulkas Tidak Ada Bunga Es © Diadona

Suhu di dalam freezer kulkas juga berpengaruh pada pembentukan bunga es. Mengatur suhu di luar maupun di dalam kulkas sangat penting untuk mencegah terbentuknya bunga es.

Untuk mencegah terbentuknya bunga es pada freezer, maka kamu harus pastikan suhunya di bawah 0 derajat Celsius. Namun, jangan terlalu dingin dan sesuaikan dengan kebutuhan. Lupa mengatur suhu lemari es merupakan salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan saat menggunakan kulkas.

5 dari 8 halaman

Pastikan Isi Freezer Tak Terlalu Padat

Tips Agar Kulkas Tidak Ada Bunga Es © Diadona

Menjaga isi freezer agar tidak terlalu padat bisa menjadi salah satu tips agar tidak ada bunga es pada kulkas lho! Dengan memberi cukup ruang di dalamnya, sirkulasi udara akan berjarlan dengan baik.

Terlalu banyak makanan yang disimpan dalam freezer dan menumpuk dapat mengurangi kemampuan kulkas untuk mendinginkan makanan. Hal ini juga memicu terbentuknya bunga es kembali.

Jadi sering deh periksa isi kulkasmu dan buang bahan yang sudah terlalu lama disimpan di dalam kulkas.

6 dari 8 halaman

Rutin Periksa Gasket (Segel Pintu) Kulkas

Tips Agar Kulkas Tidak Ada Bunga Es © Diadona

Gasket (segel pintu) kulkas yang rusak sangat memungkinkan udara dari luar masuk. Sehingga, menjadikan udara dingin dari kulkas akan mudah keluar.

Jika begitu, maka justru memungkinkan cepat terbentuknya bunga es dalam kulkas lho! Sehingga, rutin memeriksa gasket akan membuat kondisi kulkas lebih terjaga.

7 dari 8 halaman

Pastikan Engsel Pintu Kulkas Tidak Kendur

Tips Agar Kulkas Tidak Ada Bunga Es © Diadona

Engsel pintu kulkas harus rutin diperiksa. Sebab, jika kondisinya kendur dapat menyebabkan pintu tidak menutup rapat. Hal ini akhirnya meningkatkan kelembapan di dalam kulkas dan memudahkan terbentuknya bunga es.

Jika pintu atau sekrup di engselnya terasa goyang, segera ambil obeng dan kencangkan dengan memutar searah jarum jam. Kencangkan hingga sekrup tidak bisa diputar lagi.

8 dari 8 halaman

Bersihkan Kulkas Secara Teratur

Tips Agar Kulkas Tidak Ada Bunga Es © Diadona

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan kulkas secara teratur. Kulkas yang kotor dapat menghambat sirkulasi udara di dalam kulkas dan memicu terbentuknya bunga es.

Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan kulkas secara teratur dengan menggunakan sabun atau pembersih khusus kulkas.

Itulah beberapa tips agar kulkas tidak ada bunga es yang dapat dilakukan di rumah. Dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat, kamu dapat menjaga kulkas tetap bersih, sehat, dan efisien dalam mengkonsumsi listrik. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar