7 Kesalahan Paling Sering Dilakukan Saat Menggunakan Kulkas

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 27 Januari 2021 12:00
7 Kesalahan Paling Sering Dilakukan Saat Menggunakan Kulkas
Patut diperhatikan ya Moms!

Kulkas menjadi salah satu barang elektronik rumah tangga yang kini wajib ada dalam hunian. Hal ini terjadi lantaran kulkas dinilai memiliki fungsi praktis untuk menyimpan aneka makanan agar bisa awet, pembuatan batu es, hingga mendinginkan air.

Kendati demikian, tahu gak Moms bahwa ternyata kita sering kali salah saat menggunakan kulkas ini di rumah. Yap, hal ini mungkin memang tidak kita sadari. Namun ternyata, jika dibiarkan begitu saja bisa berakibat fatal lho. Melansir dari Rumah.com, berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan kulkas.

1 dari 7 halaman

Menaruh Kulkas Dekat dengan Kompor

Hal ini umumnya dilakukan biar Moms mudah mengambil bahan makanan ketika memasak. Namun, alangkah lebih baik jika kulkas diletakkan minimal tiga meter dari kompor.

Selain itu, jangan meletakkan rice cooker dan microwave terlalu berdekatan dengan kulkas, apalagi sampai meletakkan kedua benda tersebut di bagian atas kulkas. Bukan tanpa sebab, hal ini akan membuat kulkas jadi membutuhkan energi listrik lebih banyak akibat adanya peningkatan suhu di dekatnya.

2 dari 7 halaman

Menempel Kulkas Pada Dinding

Ilustrasi Kulkas © Diadona

Sebaiknbya ada jarak sekitar 20 cm antara kulkas dengan dinding. Hal ini bermanfaat untuk sirkulasi udara tetap lancar karena kulkas akan melepaskan produksi panasnya.

Bila kulkas terlalu menempel pada dinding, bagian belakang kulkas akan menjadi cepat panas sehingga kulkas akan memakan energi listrik lebih besar. Saat sirkulasi udara pada kulkas lancar tentu akan membuatnya lebih awet.

3 dari 7 halaman

Mencampur Sayuran dan Buah dalam Rak yang Sama

Baiknya pisahkan buah dan sayur saat disimpan. Ada beberapa jenis buah yang sifatnya melepaskan gas, yaitu avokad, pisang, plum, pir, dan peach. Gas yang dilepaskan berisiko membuat sayuran mengalami pembusukan lebih cepat, akibatnya sayuran pun lebih cepat layu.

4 dari 7 halaman

Isi Kulkas Terlalu Penuh

Ilustrasi kulkas dan isinya © Diadona

Kulkas yang penuh sesak akan susah mengeluarkan udara dingin yang berfungsi menjaga makanan tetap awet dan mencegah bakteri muncul pada makanan. Alhasil, suhu dingin ini akan terganggu, sehingga kulkas tak dapat mengawetkan makanan secara efektif, akibatnya makanan akan dengan mudah dihinggapi jamur dan bakteri.

5 dari 7 halaman

Tidak Memerhatikan Suhu

Ilustrasi Kulkas © Diadona

Biasakan mengatur suhu kulkas antara 0-4 derajat Celcius. Di atas suhu tersebut, bakteri dan mikroba lainnya yang merugikan akan mudah muncul di makanan atau bahkan dinding kulkas. Selain itu, biasakan untuk tidak membuka pintu kulkas terlalu lama, karena berisiko meningkatkan temperaturnya.

6 dari 7 halaman

Menyimpan Daging Mentah di dalam Freezer

Freezer sebenarnya difungsikan untuk menyimpan makanan matang yang akan dikonsumsi dalam waktu lama. Misal, Moms ingin menyimpan ayam yang sudah diungkep atau rendang lebih lama.

Sementara itu, jika daging mentah disimpan dalam freezer atau rak paling atas, tetesan airnya akan mengkontaminasi makanan lain yang ada di bawahnya. Jadi, simpan daging dalam plastik, tutup rapat lalu letakkan di rak paling bawah. Jika Moms ingin menyimpannya dalam freezer, pastikan Moms menggunakan kulkas dua pintu, ya.

7 dari 7 halaman

Tidak Menyimpan Makanan Sesuai Tempatnya

Ilustrasi Kulkas © Diadona

Siapa bilang telur harus diletakkan di pintu kulkas? Kondisi ini malah membuat telur cepat busuk karena area pintu lumayan tinggi suhunya. Simpan telur dalam karton pembungkus lalu masukkan ke bagian paling dingin.

Sementara mentega dan keju boleh diletakkan di bagian pintu karena tak terlalu membutuhkan temperatur dingin. Simpan sayuran dan buah dalam rak paling atas agar tetap segar, ya.

Nah, itulah tadi beberapa kesalaha dalam menggunakan kulkas yang tanpa kita sadari ternyata bisa berakibat fatal. Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar