11 Cara Menata Bunga di Teras Rumah dengan Mudah, Terlihat Indah dan Estetik Banget!

Reporter : Arifina
Kamis, 23 Februari 2023 15:07
11 Cara Menata Bunga di Teras Rumah dengan Mudah, Terlihat Indah dan Estetik Banget!
Di antara cara menata bunga di teras rumah di antaranya memperhatikan jenis bunga, buat pengelompokan, gunakan tanaman merambat dan pastikan taman tetap rapi

Bagi kamu yang hobi mendekor rumah, bagian teras menjadi salah satu yang tak terlewatkan. Biar semakin terlihat indah, estetik, dan lebih menarik,  biasanya kebanyakan orang akan menghias teras rumah dengan cara menata aneka bunga.

Namun, penataan bunga di teras rumah ini memang membutuhkan tips yang tepat agar sedap di pandang mata. Jika salah pemilihan bunga atau pot yang akan digunakan saja, justru membuat suasana terasmu menjadi kurang menarik.

1 dari 12 halaman

Bagian teras rumah adalah salah satu hal penting dalam memberikan kesan pertama untuk tamu yang datang. Tentu saja, kamu ingin menciptakan suasana yang cantik dan seindah mungkin bukan?

Nah, biar nggak bingung, berikut diadona.id rangkumkan 11 cara menata bunga di teras rumah dengan mudah dan estetik dilansir dari berbagai sumber. Simak yuk!

2 dari 12 halaman

Pilih Pot Bunga yang Tepat

Cara menata bunga di teras rumah agar estetik © Diadona

Pot bunga menjadi salah satu yang harus dipilih dengan benar untuk menentukan keindahan teras anda, lho! pilihlah yang sesuai dengan gaya rumahmu dan letakkan di tempat yang strategis.

Kamu bisa menggunakan berbagai jenis pot untuk menyesuaikan dengan bunga yang akan ditanam ya!

3 dari 12 halaman

Pilih Bunga

Cara menata bunga di teras rumah © Diadona

Pot sudah didapatkan, tentu saja kamu juga harus memilih jenis bunga yang ingin kamu tata di teras rumah. Pilihlah bunga yang sesuai dengan kondisi cuaca di daerahmu serta cahaya yang tersedia.

Pilih jenis tanaman outdoor yang tahan panas bila terasmu menerima cahaya matahari dalam waktu lama. Sebaliknya, pastikan kamu menata tanaman yang tidak tahan panas di teras yang teduh.

Nggak harus mewah, pemilihan bunga sederhana yang memberi nuansa warna cntik juga bisa dipilih kok. Pastikan saja bunganya sesuai dengan warna rumahmu agar serasi dan sedap dipandang.

4 dari 12 halaman

Tentukan Tatanan Bunga

Cara menata bunga di teras rumah agar estetik © Diadona

Buatlah konsep sederhana untuk meletakkan tatanan bunga yang kamu siapkan. Ini akan mempermudah kamu menyesuaikan dengan kondisi teras rumahmu.

Kamu bisa membuat rancangan seperti mode acak, sejajar, atau campuran keduanya. Biasanya, dengan penataan tersebut akan menghindarkan suasana teras dengan kesan monoton, lho!

5 dari 12 halaman

Buat Pengelompokan Bunga

cara menata bunga di teras rumah © Diadona

Jika kamu penyuka tanaman, tentu saja aneka bunga akan siap menghiasi teras rumhamu. Nah, biar tak terkesan menumpuk, kamu perlu membuat pengelompokan jenis bunga ya.

Dengan begitu suasana terasmu akan terlihat lebih rapi dan tidak berantakan. Untuk itu, kamu bisa nih misalnya membuat satu jenis bunga yang sama lalu letakkan di bagian sudut kanan, begitupula yang lain di sudut-sudt lainnya sesuai jenisntya dengan melihat kondisi terasmu ya!

6 dari 12 halaman

Gunakan Tanaman Rambat

Cara menata bunga di teras rumah agar estetik © Diadona

Jika ingin variasi lain, kamu bisa  menata bunga di teras rumah menggunakan  jenis tanaman rambat. Pilih saja yang bisa memunculkan bunga cantik seperti kembang sepatu atau bunga melati.

Tanaman rambat ini bisa menjadikan suasana terasmu lebih adem dan mampu menutupi dinding teras. Dengan begitu, rumahmu juga akan memberikan kesan hijau yang sejuk.

7 dari 12 halaman

Kombinasikan Bunga dan Tanaman

cara menata bunga di teras rumah dengan tanaman merambat © Diadona

Menata teras rumah tak sekedar menaruh bunga saja di pot. Tapi, kamu juga bisa mengkombinasikan beberapa jenis bunga dan tanaman dengan adanya rak. Ini untuk memberikan kesan lebih hidup pada teras rumahmu.

Anda juga bisa mengatur pentaan rak bunga dengan susunan yang sejajar agar terlihat lebih rapi.

8 dari 12 halaman

Gunakan Aksesoris

Cara menata bunga di teras rumah agar estetik © Diadona

Untuk kamu yang menyukai keestetikan, sepertinya pot dan bunga saja rasanya tidak cukup untuk membuat teras lebih indah ya! Maka kamu juga bisa nih memilih aksesoris penunjangnya.

Seperti, patung atau hiasan dinding untuk memberikan kesan lebih artistik pada teras rumahmu. Selin itu, pengaplikasian konsep ini jug akan menambah nuansa rumahmu terlihat akan sangt menarik.

9 dari 12 halaman

Perhatikan Pencahayaan

cara menata bunga di teras rumah dengan memperhatikan pencahayaan © Diadona

Menanam bunga di teras ini memang susah-susah gampang. Jika salah penempatan, bunga yang awalnya bagus justru akan rusak.

Karenanya, kamu juga perlu nih memastikan pencahayaan di teras rumahmu dengan tepat. Sehingga, bunga dan tanaman yang kamu siapkan dapat tumbuh subur dan indah dipandang.

10 dari 12 halaman

Jaga Kerapihan

 

Tetap jaga kerapia saat menata teras depan rumah © Diadona

Ingin teras rumahmu terlihat astetik dan indah? Tentunya kamu perlu menjaga kerapihannya.

Dengan teratur menata, dan membersihkan area teras akan menjadikan lebih tertata. Rutinlah memotong daun dan cabang yang tidak perlu agar terlihat lebih bersih dan indah.

11 dari 12 halaman

Terapkan Konsep Taman Vertikal

Cara menata bunga di teras rumah agar estetik © Diadona

Konsep taman vertikal juga bisa nih diterapkan untuk menata teras rumah agar lebih asri. Kamu dapat memanfaatkan area dinding teras depan rumah yang kosong, terutama pada rumah minimalis untuk dijadikan taman vertikal.

pilih satu jenis tanaman unggul tapi juga cukup menoinjol untuk membuat teras rumah lebih menarik. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk menata bunga di teras rumah yang memiliki lahan terbatas.

12 dari 12 halaman

Manfaatkan Bagian Atas Teras

Cara menata bunga di teras rumah agar estetik © Diadona

Ini bisa menjadi solusi praktis bagi kamu yang memiliki teras rumah tidak terlalu luas. Biar tetap mendapatkan kesan yang asri, kamu bisa lho memanfaatkan bagian atas teras dengan menata bunga-bunga.

Misalnya, membuat metode penataan bunga yang menggantung.Gunakan pot gantung untuk memaksimalkan area teras minimalis. Selain mendapat kesan yang esteik dan asri, metode ini juga cukup menghemat tempat di bagian teras depan rumah deh!

Beri Komentar