Suka Lupa, Sebenarnya Berapa Lama Makanan Bisa Disimpan di Kulkas atau Freezer?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 29 November 2022 08:03
Suka Lupa, Sebenarnya Berapa Lama Makanan Bisa Disimpan di Kulkas atau Freezer?
Buat ibu-ibu dan anak kos perlu tahu nih!

Membeli banyak stok bahan makanan sekaligus dipilih banyak orang untuk menghemat waktu dan tenaga saat menyiapkan makanan di rumah. Di sisi lain, ada beberapa jenis makanan yang tidak bisa disimpan dalam waktu lama seperti daging dan sayuran.

Kulkas pun jadi solusi untuk menyimpan bahan-bahan tersebut. Namun, meski suhu dinginnya bisa memperpanjang usia makanan, tetap ada batas waktu simpan yang aman untuk menyimpan daging dan sayur di kulkas. Terlalu lama disimpan, tidak hanya tekstur dan rasanya yang berubah, nutrisinya juga bisa hilang.

Lantas, berapa lama daging dan sayur boleh disimpan di dalam kulkas agar nutrisi dan kesegarannya tetap terjaga?

1 dari 5 halaman

Sayuran hijau

Ilustrasi Menyimpan Makanan di KulkasIlustrasi Menyimpan Makanan di Kulkas © shutterstock.com

Berbeda dengan daging, sayuran punya masa simpan yang jauh lebih lama dan sebaiknya tidak disimpan di dalam freezer. Sayuran hijau utuh dan masih terdapat bonggolnya bisa bertahan 5-7 hari, sedangkan sayur yang sudah dipotong-potong bisa bertahan kesegarannya selama 3-4 hari.

Tipsnya, simpan sayuran hijau di dalam wadah kedap udara berlapis paper towel untuk menyerap air yang dapat mempercepat pembusukan. Sebaiknya bersihkan juga sayuran dari kotoran seperti sisa tanah atau hewan-hewan kecil yang mungkin ada sehingga sayur tidak cepat layu.

2 dari 5 halaman

Daging segar

Ilustrasi Menyimpan Makanan di KulkasIlustrasi Menyimpan Makanan di Kulkas © shutterstock.com

Kesegaran daging merah seperti daging sapi dapat bertahan kurang lebih 3-5 hari di dalam kulkas, dengan catatan disimpan di dalam wadah tertutup agar tidak terkontaminasi makanan lain. Sedangkan bila disimpan di dalam freezer, daging bisa bertahan jauh lebih lama hingga maksimal 12 bulan.

Sebab semakin kecil potongan daging, semakin tinggi juga potensi terpapar bakteri. Sehingga daging cincang atau giling hanya bisa bertahan 1-2 hari di dalam kulkas, dan maksimal 3-4 bulan saat disimpan dalam keadaan beku.

3 dari 5 halaman

Bumbu dan rempah

Berbagai bumbu dan rempah biasanya hanya dipakai dalam jumlah sedikit sehingga seringkali sudah membusuk sebelum dihabiskan. Apalagi bumbu dan rempah segar seperti bawang, cabai, daun bawang, hingga seledri.

Bawang utuh dengan kulit biasanya tidak perlu disimpan di kulkas, namun bawang cincang sebaiknya disimpan di lemari pendingin untuk mempertahankan kerenyahannya. Disimpan di wadah kedap udara, bawang cincang bisa disimpan hingga 3-4 minggu.

Sedangkan untuk rempah segar seperti dedaunan aromatik bisa disimpan di dalam kulkas hingga 2 minggu. Namun bila ingin aromanya tetap kuat, kamu bisa menyiasatinya dengan merendam cacahan daun aromatik di dalam minyak zaitun kemudian bekukan di dalam freezer. Rempah beku ini bisa bertahan 6 bulan.

4 dari 5 halaman

Susu dan telur

Ilustrasi Menyimpan Makanan di KulkasIlustrasi Menyimpan Makanan di Kulkas © shutterstock.com

Telur mentah dapat disimpan dengan aman selama 3 hingga 5 minggu sejak ditempatkan di lemari es. Dan telur rebus, menurut USDA, dapat disimpan selama seminggu. Kamu harus menyimpan telur dan produk susu pada suhu sekitar 4 derajat Celsius atau sedikit di bawahnya. Produk susu bervariasi dalam berapa lama mereka bertahan, dan itu tergantung pada jenis produk.

Seluruh angka di atas tidak harus menjadi patokan mutlak. Walaupun sayur dapat tahan hingga berhari-hari di dalam kulkas, jangan gunakan sayur yang sudah tampak layu, menghitam, atau memiliki bagian yang membusuk. Stay healthy ya guys!

Beri Komentar