10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin tapi Lampu Menyala untuk Jenis Satu atau Dua Pintu

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 24 Agustus 2020 22:41
10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin tapi Lampu Menyala untuk Jenis Satu atau Dua Pintu
Coba deh deteksi sendiri penyebab kulkas tidak dingin berikut. Tapi kalau nggak berhasil, segera hubungi teknisi yah

Hal-hal kecil nan sepele yang tidak sadar kamu lakukan, ternyata bisa jadi penyebab kulkas tidak dingin. Misalnya nih, tidak menutup pintu kulkas dengan rapat, saluran listrik yang bermasalah, hingga pengaturan suhu.

Pada kulkas satu pintu, bunga es adalah salah satu penyebab kulkas tidak dingin yang sering kali terjadi. Bunga es yang sudah terlalu tebal sampai menutupi bagian lubang angin membuat suhu kulkas susah naik. Karena, lubang angin punya peran untuk mendinginkan udara di dalam kulkas.

Solusinya mudah aja, yaitu dengan menghilangkan bunga es dengan cara-cara yang sesuai. Tapi kebanyakan, penyebab kulkas tidak dingin nggak cuman itu doang. Ada kerusakan pada komponen kulkas yang nggak bisa kamu tangani sendiri, alias kudu memanggil teknisi. Yuk simak ulasan yang udah Diadona kumpulkan dari berbagai sumber, berikut:

1 dari 3 halaman

Penyebab Kulkas Dua Pintu Tidak Dingin

Penyebab Kulkas Tidak Dingin © Diadona

Kebocoran freon atau penyumbatan di jaringan pipa freon kemungkinan adalah penyebab kulkas dua pintu tidak dingin. Kalau sudah masuk dalam masalah itu, sepertinya kamu harus memanggil teknisi deh. Jangan sekali-kali berusaha memperbaikinya sendiri ya, karena bisa saja malah berakibat fatal.

Bagian atas kulkas terasa dingin sementara bagian atas tidak, adalah masalah yang sering terjadi pada kulkas. Penyebab kulkas tidak dingin ini kemungkinan karena kinerja antara defros ke nofros tidak berjalan stabil sehingga terjadi pembekuan pada evaporator. Ada kemungkinan juga adanya kerusakan pada beberapa alat, antara lain:

Menyimpan Makanan Panas

Dalam menyimpan makanan di dalam kulkas, hal yang terpenting untuk diperhatikan adalah suhu makanan. Jangan sampai meletakkan makanan yang masih panas ya!

Hal itu bakalan bisa mengakibatkan suhu di dalam kulkas jadi naik karena interaksi dengan panas dalam makanan.

Berdekatan dengan Peralatan Panas

Samah prinsipnya dengan panas dari makanan, panas dari peralatan lain dis ekitar kulkas bisa jadi penyebab kulkas tidak dingin. Cobe deh cek, barangkali kamu meletakkan kulkas teralu dekat dengan kompor atau alat lainnya.

2 dari 3 halaman

Penyebab Kulkas Tidak Dingin © Diadona

Pintu Kulkas Rusak

Pintu kulkas memiliki karet yang berfungsi biar kulkas menutup dengan sempurna. Tujuannya, biar udara dingin dalam kulkas nggak menerobos keluar, berinterkasi dengan udara bebas yang membuat suhu di kulkas jadi nggak dingin lagi.

Kalau karet pintu kulkasmu sudah muali rusak, coba deh segera lakukan perbaikan. Siapa itu itulah penyebab kulkas tidak dingin.

Kipas Evaporator Rusak

Di dalam kulkas ada kipas yang berfungsi untuk mengalirkan udara dingin dari freezer ke kompartemen lainnya. Nah, kalau kipas berhenti bekerja, udara dingin jadi nggak mengalir. Inilah penyebab kulkas tidak dingin. Karena itulah mengapa freezer tetap dingin tapi bagian rak makanan bersuhu tinggi.

Kipas Kondensor Rusak

Kulask memiliki alat berupa kipas kondensor yang memaksa udara panas buat keluar dari lemari es. Kalau kipas ini rusak, udara panas jadi nggak bisa keluar dari dan tetap berada di dalam lemari es. Makanya, suhu di dalam kulkas bisa naik dan kulkas jadi nggak dingin.

Kerusakan kipas kondensor bisa karena motor kipasnya atau bilah kipas yang nggak lagi berfungsi dengan baik.

Kompresor Rusak

Dalam suatu mesin pendingin, kompresor layaknya jantung pada siklus pendinginan. Kalau jantung punya fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, kompresor berfungsi untuk mengalirkan udara dingin ke kulkas.

Kalau kompresor mati atau nggak berfungsi, ini bisa jadi penyebab kulkas tidak dingin karena siklus pendinginan bahkan nggak dimulai.

Kerusakan pada Sistem Deforst

Semua lemari es punya sistem pencairan yang mengontrol siklus pendinginan dan pencairan, mengalihkan kulkas dari mode pendingin ke mode deforst.

Nah, kalau sistem ini rusak, maka kulkas bakalan terus berada di mode pendingin. Embun bakalan membeku secara berlebihan trus menumpuk di koil evaporator. Nah kalau sistem berhenti di mode deforst, maka embun akan mencair trus nggak kembali ke siklus pendinginan. Artinya, inilah yang jadi penyebab kulkas tidak dingin.

Jumlah Refrigeran Tidak Cukup

Kalau kompresor adalah jantung kulkas, maka refrigeran adalah aliran darah pada siklus pendinginan. Kebocoran refrigeran atau jumlahnya nggak sesuai dalam batas ambangg bawah, akan jadi penyebab kulkas tidak dingin.

Kumparan Kondensor Terhambat Kotoran

Koil kondensor yang penuh kotorna membuat udara panas nggak bisa mengalir keluar dengan baik. Panas ini baklan terus ada di dalam kulkas trus mengurangi pendinginan.

Termistor Rusak

Termistor adalah sensor yang berfungsi untuk mengontrol suhu udara di dalam lemari es. Termasuk mengontrol kapan waktu dimulai dan diberhentikannya siklus pendinginan.

Termistor yang rusak bisa jadi penyebab kulkas tidak dingin atau malah dingin terus menerus lho.

3 dari 3 halaman

Penyebab Kulkas Tidak Dingin tapi Lampu Menyala

Penyebab Kulkas Tidak Dingin © Diadona

Kamu mungkin salahs atu dari orang-orang yang sering menggunakan lampu menyala kulkas sebagai indikator keberadan aliran listrik. Ya nggak sih?

Dari situlah akhirnya banyak orang menghubungkan antara suhu pada kulkas dengan nyala lampu. Misalnya nih, kok bisa ya lampu kulkas menyala tapi kulkas tidak dingin?

Padahal, kulkas yang nggak dingin itu nggak ada kaitannya dengan suhu dingin pada kulkas lho. Lampu hanya berfungsi untuk menerangi kulkas aja, misalnya pas kamu mengendap malam-malam mau nyolong camilan.

Nyala lampu pada kulkas berkaitan dengan aliran listrik dan posisi pintu kulkas. Lampu kulkas menyala ketika pintu dibuka, karena pintu kulkas berfungsi sebagai saklar yang mematikan lampu, ketika kulkas ditutup.

Penyebab kulkas tidak dingin bisa karena banyak sekali faktor mendetail kayak yang udah Diadona jelaskan di awal. Kalo pengecekan sederhana sudah kamu lakukan tapi kulkas tetap nggak berfungsi secara optimal, nggak ada salahnya untuk memanggil teknisi guna memperbaiki kulkas kamu secara profesional.

Beri Komentar