12 Tips Ruang Tamu Nampak Luas, Bikin Nyaman dan Tentunya Estetik Banget!

Reporter : Arifina
Senin, 27 Februari 2023 13:07
12 Tips Ruang Tamu Nampak Luas, Bikin Nyaman dan Tentunya Estetik Banget!
Menata ruang tamu biar nampak luas ada tips dan triknya, lho! Makin betah bersantai deh!

Membuat ruang tamu nampak luas memang susah-susah gampang. Hal ini pun seakan menjadi tantangan tersendiri, terutama jika kamu memiliki ruang tamu yang terbatas ukurannya.

Jika salah dalam mengonsep dekorasi, ruang tamu kecil yang kamu miliki akan terlihat menumpuk, penuh dan tidak nyaman digunakan. Padahal, rungan tamu menjadi salah satu tempat yang penting dalam sebuah rumah.

1 dari 9 halaman

Ruang tamu harus dibuat senyaman mungkin tak hanya untuk keluarga, melainkan untuk menyambut para tamu yang bakal mengunjungi rumahmu. Karenanya, jika memiliki ruang tamu yang tidak terlalu luas, kamu harus pintar-pintar dalam melakukan penataan ya!

Ada beberapa tips yang diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber yang dapat membantu membuat ruang tamu kecil terlihat lebih luas. Dengan penataan yang tepat, ruangan sempitmu justru terlihat estetik, lega, dan nyaman banget.

2 dari 9 halaman

Tips Ruang Tamu Nampak Luas dan Estetik

1. Pilih Furnitur yang Tepat

Tips ruang tamu nampak luas dan estetik © Diadona

Penggunaan furnitur menjadi hal penting untuk membuat ruang tamu nampak luas. Tapi, pilihlan jenis furnitur yang tidak terlalu besar dan berat untuk ukuran ruangan yang akan kamu dekorasi.

Misalnya, kamu bisa membuat dekorasi ruang tamu dengan menambahkan lemari yang dapat digunakan juga sebagai meja. Selain itu, kamu juga bisa memilih jenis lemari yang memiliki banyak laci untuk menyimpan buku atau majalah.

Jika ingin memasang TV di ruang tamu, pilihlah yang dapat dipasang di dinding untuk menghemat ruang ya! Pemilihan perabotan seperti ini akan membuat ruangan lebih indah dan tentunya hemat ruang, praktis, dan memiliki banyak tempat penyimpanan.

3 dari 9 halaman

2. Gunakan Cermin

Tips ruang tamu nampak luas dan estetik © Diadona

Cermin dapat membantu menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar, lho! Tempatkan cermin di dinding atau di sudut ruang tamu yang strategis.

Selain menambah keindahan dekorasi, cermin juga membuat ruang tamu kamu lebih estetik. Hiasan ini akan membuat siapapun makin nyaman di ruangan yang kamu siapkan.

3. Pilih Warna-Warna Cerah

Mendekorasi rumng tamu yang kecil, maka kamu perlu bermain dengan warna. Dalam hal ini, pergunakan warna-warna cerah seperti putih atau beige.

Tak mencolok, tapi kedua warna cerah ini dapat membantu menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar dan lebih terang. Penggunaan warna-warna cerah pada dinding, perabotan dan aksesoris dalam ruang tamu akan membuat suasana juga makin cerah.

4 dari 9 halaman

4. Hindari Perabotan Terlalu Banyak

Tips ruang tamu nampak luas dan estetik © Diadona

Krena ruangan yang tak luas, maka kamu perlu memnimalisir perabotan yang akan ditaruh di ruang tamu. Jangan terlalu banyak memasukkan perabotan ke ruang tamu kamu ya!

Gunakan beberapa perabotan yang memang penting dan strategis saja. Hal ini dapat membantu memberikan lebih banyak ruang untuk bergerak dan memberikan ilusi ruang yang lebih besar.

5. Pastikan Pencahayaan Tepat

Pencahayaan yang tepat dapat membuat ruang tamu terlihat lebih luas. Gunakan pencahayaan yang alami sebanyak mungkin dengan membuka jendela dan pintu yang ada.

Gunakan pula pencahayaan buatan seperti lampu gantung atau lampu meja. Selain untuk pencahayaan, metode ini sekaligus aksesoris cantik untuk ruang tamu kamu nih!

5 dari 9 halaman

6. Jangan Biarkan Ruangan Berantakan

Tips ruang tamu nampak luas dan estetik © Diadona

Pastikan pula untuk menjaga kebersihan dan keteraturan ruangan tamu Anda. Jangan biarkan benda-benda yang tidak perlu berserakan di ruangan tamu.

Sebab, hal ini dapat membuat ruang tamu terlihat lebih kecil dan berantakan. Suasana ruangan yang bersih dan rapi, justru akan menambah kesan ruang tamu kamu terlihat luas, lho!

7. Pilih Sofa Multifungsi

Hal yang paling utama untuk ruang tamu salah satunya pemilihn sofa. Kamu bisa nih memanfaatkan model sofa multofungsi untuk memghemat ruangan.

Misalnya, kamu bisa memilih sofa yang dapat dilipat dan berfungsi sebagai tempat tidur.

6 dari 9 halaman

8. Manfaatkan Tanaman Hidup Sebagai Dekorasi

Tips ruang tamu nampak luas dan estetik © Diadona

Untuk memperindah ruang tamu yang kecil, kamu juga bisa menempatkan beberapa pot tanaman indoor di dalamnya. Tanaman hidup dapat memberikan sentuhan hijau yang menyegarkan dan menciptakan suasana yang nyaman di ruang tamu.

Terutama jika ruangan memiliki konsep minimalis dan polos, menambahkan pot tanaman dapat membuat ruangan terasa lebih segar.

Tidak perlu memilih tanaman hias yang besar dan mahal, tanaman sederhana seperti kaktus, lidah buaya, atau maranta Bali dalam pot kecil sudah cukup.

Pastikan juga untuk memilih ukuran pot yang sesuai dengan ukuran ruang tamu yang kecil.

7 dari 9 halaman

9. Lukisan Dinding

Tips ruang tamu nampak luas dan estetik © Diadona

Ini juga bisa menjadikan ruang tamu nampak luas, lho! Tambahkan beberapa hiasan seperti lukisan, karya seni, atau kolase foto yang indah di dinding ruang tamu yang kecil, terutama jika plafon cukup tinggi.

Tidak perlu memilih hiasan yang terlalu mahal, ada banyak dekorasi seni yang murah dan bisa menjadi hiasan yang indah di ruang tamu yang kecil.

10. Manfaatkan Jendela Kaca dengan Pemandangan Taman

Menghadirkan akses ke taman di area ruang tamu dapat memberikan sirkulasi udara yang baik dan sejuk untuk interior. Kehadiran furnitur minimalis di area ini juga dapat membantu memaksimalkan kesan luas pada rumah yang dibangun di atas lahan terbatas.

8 dari 9 halaman

11. Manfaatkan Penggunaan Rak Dinding

Tips ruang tamu nampak luas dan estetik © Diadona

Daripada menambah lemari untuk menempatkan buku atau barang lainnya, kamu dapat memaksimalkan area dinding dengan memasang rak dinding Dengan begitu, ruang tamu kamu akan tampak lebih rapi tanpa adanya barang yang berserakan.

Namun, dalam memilih rak dinding untuk ruangan sempit, sebaiknya pilihlah rak dengan gaya minimalis. Kamu juga dapat memilih rak dinding dengan desain modern dengan struktur yang kuat agar dapat memberikan estetika untuk ruanganmu.

9 dari 9 halaman

12. Buat Konsep Ruang Tamu Terbuka

Tips ruang tamu nampak luas dan estetik © Diadona

Jika memungkinkan untuk membuat ruang tamu terbuka, ini akan mengesankan suasana nyaman dan lebih segar. Ruang terbuka meski kecil akan menambah suasana estetika dan terlihat lebih luas.

Terlalu banyak ruangan dan sekat akan membuat rumah terasa lebih sempit, sehingga konsep terbuka dapat menjadi solusi yang tepat.

Namun, jika kamu masih ingin membatasi ruangan satu dengan yang lain, cukup gunakan perabot sebagai pembatas. Misalnya, gunakan sofa atau rak sebagai pembatas antara dapur dan ruang tamu.

So, itu tadi beberapa tips untuk membuat ruang tamu nampak luas. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar